7 Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic G 2024

Pelumas atau oli adalah pelumas yang dapat digunakan untuk kendaraan secara umum maupun khusus pada merek atau jenis tertentu. Sebagai contoh, kelebihan dan kekurangan oli Enduro Matic G yang hanya bisa digunakan pada motor matic, tetapi tidak bisa untuk motor lain.

Enduro Matic G merupakan salah satu jenis pelumas yang dipasarkan oleh Pertamina. Sesuai dengan namanya, pelumas ini diformulasikan khusus untuk motor matic dan terbatas pada beberapa tipe saja. Jadi, Anda tidak bisa langsung menggunakannya tanpa mengetahui spesifikasinya dengan jelas.

Kesalahan dalam memilih pelumas dapat berakibat fatal karena akan membuat kinerja mesin menjadi terganggu. Tidak hanya itu, motor Anda dapat mengalami kerusakan jika oli yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasinya. Jika terjadi demikian, maka akan menimbulkan kerugian yang besar.

Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic G

Agar tepat dalam memilih pelumas yang pas untuk motor matic, Anda harus mencari banyak referensi terlebih dahulu. Sebenarnya, jika tidak handal dalam masalah ini, bisa mempercayakannya langsung pada bengkel. Akan tetapi, memiliki pengetahuan sendiri tentang oli tentu akan lebih baik.

A. Kelebihan Oli Enduro Matic G

Kelebihan Oli Enduro Matic G

Saat mencari informasi terhadap produk apapun, hal pertama yang akan menjadi fokus Anda adalah kelebihannya. Mengapa demikian? Karena kelebihan dapat menggambarkan manfaat apa saja yang bisa diperoleh setelah menggunakannya. Nah, keunggulan oli Enduro Matic G yaitu sebagai berikut.

Baca Juga:  5 Kelebihan dan Kekurangan Oli Castrol Terbaru 2024

1. Bermutu Tinggi

Oli Enduro Matic G dikenal memiliki mutu yang tinggi. Pelumas ini telah memenuhi standar Jepang untuk motor empat langkah matic, yaitu mutu JASO MB. Selain itu, Enduro Matic G juga telah memenuhi tingkat performa API SL sehingga kualitasnya bisa diandalkan untuk mesin.

Standar internasional yang dipenuhi oleh pelumas ini juga membuat masyarakat menjadi lebih tertarik untuk menggunakannya. Telah teruji dan memenuhi standar berarti tingkat keamanan oli tergolong bagus. Dengan begitu, para konsumen akan percaya untuk memilih Enduro Matic G

2. Cocok Untuk Berbagai Merek Motor

Jika dibandingkan dengan oli jenis lain, Enduro Matic G memiliki penggunaan yang lebih luas karena cocok dengan lebih banyak merek motor. Oli ini direkomendasikan untuk berbagai merek motor matic terkemuka, seperti Kanzen, Honda, Yamaha, Suzuki, dan masih banyak lagi.

Formulasi yang digunakan untuk membuat oli Enduro Matic G telah disesuaikan dengan berbagai jenis kendaraan sehingga penggunaannya tidak terlalu terbatas. Alhasil, konsumen tidak perlu terlalu bingung untuk mempertimbangkan apakah akan menggunakan Enduro Matic G atau tidak.

3. Memiliki Viskositas yang Tinggi

Oli Enduro Matic G memiliki viskositas yang tinggi jika dibandingkan dengan pelumas yang sejenis. Viskositas tersebut membuat temperatur mesin akan tetapi terjaga, meskipun berada pada kondisi jalan yang statis atau macet. Dengan begitu, mesin akan terhindar dari panas berlebih (overheating).

Penggunaan Oli Enduro Matic G akan sangat pas untuk kondisi jalan di Indonesia yang cenderung tidak ideal, mulai dari jalan berlubang hingga macet yang panjang. Apalagi, di daerah pedesaan yang kondisi jalannya masih kurang baik, seperti berlubang, berbatu, dan tidak rata.

Baca Juga:  6 Kelebihan dan Kekurangan Oli X Ten Terbaru 2024

4. Masa Penggunaan Lama

Kelebihan oli Enduro Matic G lainnya yaitu masa penggunaan yang lama. Hal ini disebabkan karena pelumas tersebut memiliki ketahanan yang tinggi terhadap oksidasi maupun degradasi yang ditimbulkan oleh mesin yang panas. Alhasil, daya tahan mesin pun akan lebih lama.

Tidak hanya itu, pemilik kendaraan juga tidak perlu sering-sering untuk mengganti oli yang membuat pengeluaran menjadi lebih boros. Masa penggunaan Enduro Matic G untuk mesin tergolong cukup lama sehingga tidak akan menyita waktu yang banyak untuk mengganti oli terus menerus.

5. Memiliki Kekentalan yang Rendah Pada Suhu Dingin

Membahas kelebihan dan kekurangan oli Enduro Matic G memang harus secara lengkap. Dengan begitu, konsumen akan mengetahui banyak hal terkait pelumas ini, termasuk memiliki kekentalan rendah pada suhu dingin. Dengan begitu, oli mampu melindungi mesin sejak dinyalakan.

Perlindungan yang diberikan Enduro Matic G dapat mencegah terjadinya keausan saat mesin pertama kali dinyalakan. Seperti yang diketahui, terdapat banyak kendala yang seringkali muncul saat start-up sepeda motor matic, yang tentu saja akan menyulitkan pada pengendara.

B. Kekurangan Oli Enduro Matic G

Kekurangan Oli Enduro Matic G

Setiap memproduksi sebuah produk, produsen selalu membuat formulasi terbaik dan melewati berbagai pengujian. Akan tetapi, produk tersebut tetap tidak akan sempurna dan pasti memiliki kekurangan. Nah, khusus untuk oli Enduro Matic G, adapun kekurangannya yaitu:

1. Hanya Cocok Untuk Motor Matic

Sesuai dengan namanya, Enduro Matic G hanya bisa digunakan untuk motor matic. Hal inilah yang menjadi kekurangan pelumas ini karena tidak cocok untuk kendaraan non-matic. Meskipun telah direkomendasikan untuk berbagai merek, tetapi tetap tidak bisa untuk motor manual.

Baca Juga:  12 Kelebihan dan Kekurangan Oli Pikoli Terbaru 2024

Penggunaan Enduro Matic G untuk pada kendaraan roda dua dengan transmisi manual dapat membuat performa mesin menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, konsumen harus memahami hal tersebut dengan baik bahwa jenis pelumas ini terbatas hanya untuk motor matic saja.

2. Kurang Andal Pada Suhu Ekstrem

Seperti yang diketahui, macam-macam oli Enduro yang diperjualbelikan di pasaran cukup banyak. Khusus untuk Enduro Matic G, pelumas ini lebih cocok dengan temperatur atau suhu yang relatif rendah. Akan tetapi, jika suhu mesin tinggi, maka pengguna harus melakukan perawatan tambahan.

Perawatan tersebut dapat berupa pengecekan atau penggantian oli yang lebih sering. Tujuannya adalah agar pelumas dapat bekerja dengan maksimal dan memberikan dampak yang bagus terhadap kendaraan.

Memahami kelebihan dan kekurangan oli Enduro Matic G dengan baik akan membantu pengguna untuk melakukan perawatan mesin kendaraan bermotor dengan maksimal. Dengan begitu, performa kendaraan akan terjaga dan lebih nyaman untuk digunakan.

Harga Oli Enduro Matic G

  • Kisaran harga Oli Enduro Rp 39.000 – Rp 60.000

Baca Juga:

error: