10 Kelebihan dan Kekurangan Oli SPX 2 Terbaru 2024

Pada kendaraan, oli berfungsi sebagai pelumas yang dapat mencegah terjadinya keausan dan kerusakan pada komponen motor. Nah, oli yang digunakan pada motor terdiri dari banyak jenis dan merek. Akan tetapi, artikel ini secara khusus akan membahas kelebihan dan kekurangan oli SPX 2.

Oli yang berkualitas bagus akan membuat performa kendaraan menjadi lebih bagus pula. Sebaliknya, pelumas yang berkualitas kurang juga akan membuat performa kendaraan menjadi kurang maksimal. Namun, pemilihan oli juga harus memperhatikan apakah cocok dengan jenis kendaraan atau tidak.

Kesalahan dalam memilih oli akan berdampak pada mesin maupun komponen lain dalam motor. Hal inilah yang menyebabkan pemilik kendaraan disarankan untuk mengganti oli di bengkel. Selain dikerjakan oleh profesional, proses penggantian pelumas juga dapat lebih cepat dan aman.

Kelebihan dan Kekurangan Oli SPX 2

Oli SPX 2

Umumnya, oli memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Oleh karena itu, pemilik kendaraan penting untuk memahami apa saja yang ditawarkan dari oli tersebut sehingga layak untuk digunakan. Selain itu, Anda juga harus memahami apa saja risiko atau kekurangan dari pelumas tersebut.

A. Kelebihan Oli SPX 2

Sebagai pelumas, manfaat SPX 2 cukup banyak untuk motor. Oli ini sudah cukup populer karena kemampuannya mengurangi gesekan yang terjadi pada setiap komponen mesin. Selain itu, SPX 2 juga masih memiliki banyak keunggulan lainnya seperti yang dijelaskan dalam uraian berikut ini.

Baca Juga:  Jarak Tempuh Oli Shell Helix HX5 untuk Mobil 2024

1. Menjaga Komponen Mesin

Oli SPX 2 memiliki sifat detergent dan dispersant yang baik sehingga dapat menjaga kebersihan mesin. Sifatnya tersebut akan membantu untuk menghilangkan endapan, partikel kecil, maupun kotoran lainnya yang berpotensi untuk mengganggu kinerja mesin motor.

Jika mesin kendaraan selalu bersih, maka dapat berfungsi dengan baik atau lebih optimal. Selain itu, kebersihan mesin yang terjaga cenderung akan lebih awet untuk digunakan. Dengan kata lain, risiko mesin motor akan cepat rusak menjadi lebih kecil.

2. Memberikan Perlindungan Pada Komponen Mesin

Kelebihan kedua yang dimiliki oleh oli SPX 2 adalah mampu melindungi komponen mesin dengan baik. Jenis oli ini dibuat dengan formula khusus yang dapat melindungi semua komponen yang ada di dalam mesin dari aus maupun kerusakan, termasuk dari gesekan, abrasi, hingga karat.

3. Meningkatkan Performa Mesin

Penggunaan oli SPX 2 pada kendaraan akan menyebabkan pelumasan pada setiap komponen mesin menjadi lebih optimal. Hal ini kemudian akan mengurangi gesekan yang terjadi pada bagian mesin sekaligus meningkatkan kinerjanya secara bertahap.

Kinerja atau performa yang baik dari sebuah mesin akan menghasilkan daya yang lebih besar. Selain itu, respon mesin juga akan lebih cepat jika dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan oli atau pelumas jenis lain.

4. Membuat Suhu Mesin Menjadi Lebih Stabil

Suhu mesin yang tidak stabil dapat memicu terjadinya kerusakan pada bagian mesin. Sifat pendinginan yang dimiliki oleh oli SPX 2 akan mencegah terjadinya suhu berlebihan pada mesin. Dalam hal ini, oli tersebut berfungsi untuk menstabilkan atau mengatur suhu mesin dengan baik.

Baca Juga:  8 Kelebihan dan Kekurangan Oli Idemitsu 2T 2024

5. Meminimalisir Penggunaan Bahan Bakar

Viskositas oli SPX 2 tergolong bagus sehingga mampu mengurangi munculnya hambatan yang terjadi di dalam mesin. Alhasil, mesin tidak perlu bekerja lebih keras untuk tetap beroperasi. Adapun dampaknya adalah membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih hemat dan optimal.

6. Mesin Lebih Mudah Untuk Dinyalakan

Kendala yang umum ditemui pada kendaraan adalah sulit untuk di-starter. Hal tersebut tentu sangat mengganggu atau menyulitkan pengendara setiap kali akan menyalakan motor. Kondisi kendaraan yang sulit di-starter biasanya terjadi saat cuaca dingin atau terjadi kerusakan pada bagian tertentu.

Nah, dengan menggunakan oli SPX 2 akan membuat starter mesin motor menjadi jauh lebih mudah karena viskositasnya yang sesuai. Bahkan, dalam kondisi ekstrem sekalipun, motor tetap tidak akan mengalami kendala sulit dihidupkan lagi.

7. Memiliki Kinerja yang Konsisten

Kelebihan lain yang dimiliki oleh oli SPX 2 adalah memiliki kinerja yang konsisten. Hal ini disebabkan karena struktur molekul oli yang seragam sehingga berpengaruh pada kinerja mesin. Jadi, kondisi mesin cenderung tidak mengalami perubahan yang signifikan dalam kondisi apapun.

B. Kekurangan Oli SPX 2

Kekurangan Oli SPX 2

Untuk melengkapi informasi kelebihan dan kekurangan oli SPX 2, Anda tentu harus mengetahui apa saja kekurangan jika menggunakan pelumas tersebut. Meskipun semua keunggulan sudah dijelaskan semua, tetapi terdapat beberapa risiko jika menggunakan oli SPX 2, diantaranya:

1. Harga Relatif Mahal

Oleh karena kualitasnya yang bagus, maka tidak heran jika harga oli SPX 2 tergolong cukup tinggi dibandingkan dengan oli mesin konvensional yang lainnya. Harga yang tinggi juga disebabkan karena kualitas dan formula khusus yang digunakan saat memproduksi oli.

Baca Juga:  5 Kelebihan dan Kekurangan Oli Castrol Terbaru 2024

Akan tetapi, harga juga menjadi pertimbangan banyak orang untuk membeli oli SPX 2. Rata-rata harga oli ini di pasaran adalah Rp370.000, sementara oli jenis lain bisa didapatkan kurang dari seratus ribu.

2. Tidak Untuk Semua Jenis Motor

Meskipun tidak mempermasalahkan harga, faktanya tidak semua jenis motor bisa menggunakan oli SPX 2. Oleh karena itu, pemilik kendaraan harus mengecek terlebih dahulu apakah spesifikasi mesin motor yang dimiliki. Misalnya, oli SPX 2 untuk motor Honda Matic.

3. Harus Lebih Sering Diganti

Perlindungan maksimal yang bisa diberikan oli SPX 2 pada mesin memang memberikan pengaruh yang sangat bagus. Sayangnya, beberapa varian dari oli ini harus diganti lebih sering dibandingkan dengan oli pada umumnya.

Informasi terkait kelebihan dan kekurangan oli SPX 2 akan membantu pemilik kendaraan untuk menentukan pelumas terbaik yang bisa digunakan. Namun, sebelum itu, pastikan mesin kendaraan Anda memiliki spesifikasi yang cocok dengan oli yang bisa berfungsi dengan maksimal.

Harga Oli SPX 2

  • Kisaran harga Oli SPX 2 Rp 62.000 – Rp 135.000

Baca Juga:

error: