7 Kelebihan dan Kekurangan Oli Pikoli Matic 2024


Jaldayat.com – Walaupun bukan bagian dari bodi motor, ternyata oli memiliki peran sangat penting dalam menentukan performa kendaraan bisa berjalan dengan baik atau tidak. Sudah tahu belum mengenai kelebihan dan kekurangan oli Pikoli matic? Seperti diketahui, Pikoli menjadi oli bagus incaran banyan rider sejati.

Merek oli Pikoli memang terdengar cukup asing, namun siapa sangka Pikoli memiliki perusahaan besar di Asia yang berhasil memproduksi oli sebanyak 3.200.000 ton per tahun. Selain digunakan sebagai oli motor matic, Anda juga bisa menggunakan jenis lain pada motor kopling, bebek, dan racing rider jalanan.

Kelebihan dan Kekurangan Oli Pikoli Matic

Oli Pikoli cukup disukai di kalangan rider jalanan karena mampu menempuh perjalanan hingga 1800 km, bahkan penggunaannya pada motor Suzuki Satria FU bisa mencapai 70.000 km. Bagi Anda yang ingin tahu lebih jauh mengenai merek Pikoli matic, bisa kenali kelebihannya dibandingkan oli merek lain.

Kelebihan Oli Pikoli Matic

Kelebihan Oli Pikoli Matic

1. Memiliki Level Viskositas Baik

Merek oli Pikoli matic memiliki spesifikasi SAE 5W-40 dan SAE 10 W-40 disesuaikan dengan iklim tropis Indonesia. Oli terbuat dari bahan sintetik dengan karakteristik mudah mengalir, memiliki kestabilan seimbang dalam suhu tinggi, dan tingkat oksidasinya sangat bagus dari segala sisi.

Dengan level viskositas baik, Anda bisa menggunakan Pikoli matic untuk semua jenis kendaraan matic yang ada di Indonesia. Beberapa kendaraan yang banyak menggunakan oli Pikoli matic seperti Honda Beat Karbu, Yamaha Nmax, Vario 125, Scooter Matic, Nmax Aerox, dan lainnya.

Baca Juga:  4 Kelebihan dan Kekurangan Oli Adnoc dan Harga

2. Karakteristik Encer dan Tidak Kental

Sesuai dengan penjelasannya sebelumnya, oli Pikoli matic terbuat dari bahan full sintetik yang memiliki karakteristik encer serta tidak kental. Karakteristik oli membuatnya mudah mengalir dalam melumasi setiap bagian mesin motor, sehingga performanya bisa berjalan dengan sempurna.

Terkadang ada oli dengan karakteristik pekat membuatnya sulit melumasi lapisan mesin, sehingga performa kendaraan kurang stabil saat digunakaan berjalan. Penting sekali memilih oli dengan ciri khas mudah mengalir dan kental, apalagi bagi kendaraan yang digunakan dengan rutinitas tinggi.

3. Pemakaian Lebih Awet

Apa kelebihan dan kekurangan oli Pikoli matic lainnya? Mari bahas kelebihannya yang mampu digunakan dalam jangka waktu lama dibandingkan merek lainnya. Kualitas oli Pikoli sudah terbukti sangat mumpuni, oleh sebab itu seringkali digunakan dalam kendaraan balapan motor.

Banyak penggunanya mengatakan, kualitas oli Pikoli matic memang sangat mumpuni karena membuat mesin motor memiliki performa lebih lama. Saat kendaraan digunakan berjalan, power bisa stabil sampai akhir walaupun sudah digunakan dalam jangka waktu cukup lama sekalipun.

4. Cocok Perjalanan Jauh

Tertarik menggunakan minyak Pikoli untuk kendaraan pribadi? Pastinya akan menjadi pilihan tepat bagi Anda yang suka melakukan perjalanan jauh. Sesuai dengan penjelasan di atas, Pikoli bisa membuat performa kendaraan tangguh untuk menempuh perjalanan hingga 1800 km.

Oli Pikoli matic juga memiliki kemampuan melapisi metal bagian komponen mesin kendaraan, sehingga performanya bisa berjalan sempurna. Karakteristiknya yang kental juga bisa membuat oli Pikoli mampu membersihkan endapan maupun kotoran secara optimal agar tidak mudah aus.

Baca Juga:  6 Kelebihan dan Kekurangan Oli Federal Racing 2024

Kekurangan Oli Pikoli Matic

Kekurangan Oli Pikoli Matic

Setelah membahas berbagai kelebihan yang dimiliki oli Pikoli, Anda juga perlu memahami kekurangan produk sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Ternyata dibalik kelebihan yang dimilikinya, oli Pikoli memiliki sejumlah kekurangan karena menggunakan bahan full sintetik.

1. Tidak Bisa Dicampur Oli Mineral

Sebenarnya tidak hanya oli merek Pikoli, namun produk lainnya dengan bahan utama sintetik tidak bisa dicampur bersamaan oli mineral. Selain oli mineral, Pikoli matic juga tidak bisa dicampur dengan bahan oli sintetik lain karena bisa membuat permukaannya mudah pekat memanas.

Tidak masalah mencampur oli berbeda merek, namun Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa spesifikasi yang dimiliki produk sama. Sedangkan oli sintetik dan oli mineral memiliki kandungan sangat berbeda, oleh sebab itu tetap tidak bisa dicampur karena bisa merusak mesin.

2. Kurang Cocok untuk Motor Manual

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan oli Pikoli matic, apakah Anda masih tertarik untuk menggunakannya? Namanya juga Pikoli matic, tentu cocok kendaraan matic. Akan tetapi, merek Pikoli terdiri atas beberapa jenis bisa digunakan kendaraan manual lainnya.

Pikoli matic kurang cocok digunakan kendaraan manual karena dikhawatirkan menimbulkan selip kopling. Pelumas Pikoli sudah dikhususkan sepeda matic, sehingga performanya lebih ringan dan efisien, kurang cocok dipakai kendaraan manual dengan spesifikasi lebih berat tentunya.

3.  Perlu Pergantian Rutin

Oli Pikoli matic memang mampu digunakan dalam jangka waktu lama, namun disesuaikan dengan penggunaan kendaraan. Jika Anda sering menggunakan kendaraan setiap harinya, maka perlu mengganti oli rutin tiap bulan untuk membuat performa kendaraan bisa tetap stabil sempurna.

Sepeda matic memiliki performa mesin halus dan ringan, oleh sebab itu mengganti oli secara rutin bisa memberikan perawatan optimal. Menurunnya performa mesin kendaraan matic biasanya ditandai dengan aus, power kasar, dan bisa membuat kendaraan mati saat sedang digunakan.

Baca Juga:  5 Kelebihan dan Kekurangan Oli Rotary R30 2024

Harga Terbaru Oli Pikoli Matic

Merek oli yang terbuat dari bahan full sintetik biasanya dibandrol dengan harga mahal, namun hal ini tidak berlaku bagi oli merek Pikoli. Bagaimana tidak? Dari awal produk diluncurkan, oli Pikoli sudah dibandrol dengan harga relatif terjangkau secara offline maupun online melalui marketplace.

Tipe Produk Harga Per Botol
Oli Pikoli Bekas Campuran Sintetis 0,8 L Rp45.700
Oli Pikoli Matic Gaenwa Synthetic Rp51.000
Oli Pikoli Matic 0,8 L Rp51.700
Oli Pikoli Motor 10W-30 0,8 L Rp54.000
Oli Matic Pikoli Synthetic Blend Rp55.000
Oli Pikoli Matic 0,8 L 10W-40 Rp56.000
Oli Matic Pikoli 4T 800 ml Rp58.000
Pikoli Matic 1 Liter Nmax Skuter Rp60.000
Pikoli Scooter Expert 1 liter Rp69.000
Oli Pikoli Matic SAE 10W-30 API SL Rp70.000

Oli Pikoli matic termasuk mesin motor sintetik yang banyak diminati oleh rider sejati karena berbagai nilai lebih yang dimiliki, namun produk juga memiliki kekurangan lho. Pastikan ketahui kelebihan dan kekurangan oli Pikoli matic sebelum memutuskan untuk menggunakannya dari pembahasan di atas.

Baca Juga:

error: