7 Kelebihan dan Kekurangan Oli SPX 1 Terbaru 2024

Superior Protection Expert 1 (SPX 1) adalah oli yang dipasarkan oleh Astra Honda Motor (AHM). Oli ini tidak terbuat dari bahan baku full sintetik, berbeda dengan pelumas lain yang biasanya dari mineral atau semi sintetik. Meskipun demikian, terdapat banyak kelebihan dan kekurangan oli SPX 1.

Setiap kendaraan bermotor harus selalu dirawat agar bisa digunakan dengan nyaman serta tahan lama. Salah satu bentuk perawatan motor adalah dengan melakukan penggantian oli secara rutin. Tujuan mengganti oli adalah untuk menjaga kondisi mesin agar tetap bisa bekerja dengan maksimal.

Saat kendaraan dinyalakan, komponen-komponen yang ada di dalam mesin akan bergerak dan bergesekan antar satu sama lain. Nah, agar komponen tersebut tidak mengalami kerusakan dibutuhkan pelumas berupa oli. Selain itu, oli juga dapat meminimalisir bunyi gesekan antara komponen mesin.

Kelebihan dan Kekurangan Oli SPX 1

Kelebihan Oli SPX 1

Mengingat banyaknya jenis oli yang diperjualbelikan di pasaran, maka pemilik kendaraan harus bisa memilih yang terbaik. Pemilihan jenis oli harus didasarkan pada kualitas pelumas tersebut dengan spesifikasi mesin kendaraan. Setelah itu, pertimbangkan keunggulan dan kelemahan dari oli pilihan.

A. Kelebihan Oli SPX 1

Motor yang menggunakan oli SPX 1 memiliki beberapa keunggulan, terutama pada bagian mesin. Pengendara bisa merasakan secara langsung bagaimana performa kendaraan jika menggunakan pelumas ini. Tidak hanya, beberapa kelebihan lain dari SPX 1 adalah sebagai berikut.

Baca Juga:  5 Kelebihan dan Kekurangan Oli Castrol Terbaru 2024

1. Memenuhi Standar Internasional

Oli SPX 1 telah memenuhi standarisasi internasional yaitu Japan Automobile Standard Organitation (JASO) MA. Sertifikasi tersebut dapat membuktikan bahwa SPX 1 telah melalui pengujian yang ketat dan terbukti berkualitas. Jadi, tidak perlu khawatir akan berpengaruh buruk terhadap mesin.

Standarisasi Jepang yang telah dipenuhi oli ini juga meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menjadikannya sebagai pelumas kendaraan bermotor. Anda tidak perlu ragu apakah oli tersebut aman untuk motor atau tidak karena telah diformulasikan dengan sebaik mungkin.

2. Suara Gesekan Komponen Mesin Lebih Halus

Bahan baku yang digunakan untuk membuat oli SPX 1 adalah full sintetis. Oleh karena itu, gesekan yang terjadi antara komponen di dalam mesin akan terdengar jauh lebih halus. Suara gesekan tersebut akan membuat pengendara menjadi lebih nyaman karena tidak merasa terganggu.

Apalagi, jika sedang berada di perjalanan dengan suara mesin yang berisik, tentu berpotensi ikut mengganggu orang lain. Nah, dengan menggunakan oli SPX 2, hal tersebut dapat dihindari sekaligus membuat setiap pengalaman perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

3. Tekanan Stabil Pada Suhu Tinggi

Kelebihan oli SPX 1 lainnya adalah memiliki tekanan yang stabil pada suhu atau temperatur yang tinggi. Artinya, mesin akan tetap bekerja dengan baik saat suhunya tinggi, termasuk saat kondisi operasional yang berat. Maka tidak heran, jika oli ini banyak digunakan pada motor sport.

Seperti yang diketahui bahwa motor sport adalah kendaraan yang umumnya beroperasi dengan kecepatan tinggi. Dalam hal ini, kinerja mesinnya pun akan lebih berat dari kendaraan bermotor biasa. Akan tetapi, dengan bantuan pelumas SPX 1, performa mesinnya akan tetap stabil.

Baca Juga:  Kapasitas Oli Mesin Mobil Kijang Kapsul dan Tips Awet

4. Meningkatkan Performa Mesin

Oli yang baik adalah yang tidak hanya melindungi mesin, tetapi juga meningkatkan performanya. Hal yang sama yang ditawarkan oleh SPX 1 kepada para penggunanya. Pelumas ini dapat bekerja secara maksimal untuk melindungi setiap komponen yang ada di bagian dalam mesin.

Jika komponen-komponen tersebut selalu terjaga, maka akan menunjang performa kendaraan menjadi lebih baik. Jadi, meskipun usia kendaraan sudah tidak baru lagi, tetapi jika mesinnya tetap dalam kondisi bagus, maka akan tetap bisa beroperasi dengan lancar tanpa kendala.

5. Harga Terjangkau

Oli SPX 2 memiliki harga yang terjangkau sehingga bisa didapatkan dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Harga oli terbagi menjadi 3 jenis, tergantung volumenya. Untuk kemasan 0,8 L diperjualbelikan hanya dengan harga Rp68.000.

Harga oli SPX 1 kemasan satu liter adalah Rp76.000 sedangkan ukuran 1,2 liter Rp88.500. Pilihan ukuran kemasan tersebut memungkinkan pemilik kendaraan untuk membeli pelumas sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jadi, tidak perlu bingung oli akan berlebih atau berkurang.

B. Kekurangan Oli SPX 1

Kekurangan Oli SPX 1

Sebelum memasang pada kendaraan, pemilik kendaraan harus mengetahui dengan baik apa saja kelebihan dan kekurangan oli SPX 1. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kekeliruan penggunaan jenis oli yang berpotensi merusak mesin motor. Untuk kekurangan SPX 1, diantaranya:

1. Hanya Untuk Motor Kopling

Oli SPX 1 memang menawarkan banyak keunggulan pada kendaraan bermotor. Akan tetapi, tidak semua jenis motor akan cocok dengan jenis oli ini. Berdasarkan rekomendasi, SPX 1 cocok untuk kendaraan yang menggunakan kopling basah, kopling semi otomatis, hingga kopling manual.

Baca Juga:  8 Kelebihan dan Kekurangan Oli Idemitsu 2T 2024

Contoh kendaraannya yaitu CBR 150, Sonic 150, Supra GTR, Supra X 125, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana efek penggunaan oli ini pada kendaraan non kopling? SPX 1 tetap akan memberikan perlindungan pada komponen mesin, tetapi kinerjanya tidak akan maksimal.

2. Kemasan Mirip Dengan SPX 2

Desain kemasan antara oli SPX 1 dan SPX 2 secara sekilas terlihat mirip. Bagian body kemasan dibuat dengan warna oranye dengan model yang hampir serupa. Perbedaannya hanya terletak pada bagian label nama oli dengan warna penutupnya.

SPX 1 memiliki penutup berwarna merah sedangkan SPX 2 berwarna merah. Kemiripan kemasan ini seringkali menjadi kendala bagi konsumen karena keliru dalam membeli jenis oli. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati saat akan membeli oli SPX supaya tidak salah pilih.

Konsumen yang memahami apa saja kelebihan dan kekurangan oli SPX 1 pasti akan lebih memilih pelumas ini dari yang lain. Apalagi, harganya yang murah dengan standarisasi internasional yang tentu saja keamanan dan kualitasnya sudah terjamin.

Harga Oli SPX 1

  • Kisaran harga Oli SPX 1 Rp 63.000 – Rp 158.000

Baca Juga:

error: