Kapasitas Oli Transmisi Xenia 1300cc dan Jadwal Ganti Oli

Jaldayat.com – Oli transmisi merupakan oli yang digunakan untuk melapisi gear dan berbagai komponen lain pada mobil. Berbagai jenis mobil memiliki kapasitas oli yang berbeda. Jika Anda mempunyai kendaraan Xenia 1300cc, jangan ragu untuk mencari info seputar kapasitas oli transmisi Xenia 1300 cc.

Mengetahui volume oli yang dibutuhkan sangat penting untuk menjaga performa mesin dan menghindarkan kendaraan Anda dari risiko kerusakan. Jangan lewatkan pembahasan seputar kapasitas oli transmisi, cara penggantian, dan jadwal berikut ini.

Fungsi Oli Transmisi

Masyarakat awam, terutama yang baru memiliki mobil, mungkin belum mengetahui apa yang dimaksud dengan oli transmisi. Oli transmisi adalah jenis minyak pelumas yang berfungsi untuk melumasi gear dan komponen di sekitarnya. Tujuannya adalah untuk melindungi komponen dari keausan.

Oli transmisi bekerja dengan mengubah perbandingan dari gear ratio. Seperti yang diketahui, mobil mempunyai sistem transmisi yang terdiri dari berbagai komponen yang saling bergesekan. Oli ini berfungsi melumasi komponen tersebut agar terhindar dari keausan serta membuat mobil tetap stabil.

Berapa Kapasitas Oli Transmisi Xenia 1300cc?

Berapa Kapasitas Oli Transmisi Xenia 1300cc

Pada dasarnya setiap mobil mempunyai kebutuhan oli transmisi yang berbeda-beda mulai dari 1L tergantung pada jenis. Pabrik pembuat mobil juga pasti akan mencantumkan spesifikasi teknis yang juga memuat kapasitas oli transmisi untuk kendaraan tersebut.

Baca Juga:  Cara Memilih GPS Mobil yang Bagus dan Benar

Oli transmisi Xenia berapa liter? Kapasitas oli transmisi yang dibutuhkan oleh mobil Xenia 1300cc adalah sekitar 2,7L hingga 3L. Saat melakukan penggantian oli, pastikan kapasitas tersebut terpenuhi sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Apa yang terjadi jika volume oli transmisi yang diisikan kurang? Apabila oli yang digunakan saat pengisian kurang, maka hal ini akan berakibat oli lebih cepat habis dari yang seharusnya. Oleh sebab itu, Anda perlu segera melakukan pengisian ulang agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin.

Selain itu, pilih jenis oli transmisi yang sesuai dengan kendaraan Anda. Kesalahan dalam memilih oli bisa berakibat fatal karena dapat meningkatkan risiko kerusakan atau performa mesin yang tidak optimal.

Bagaimana Cara Mengganti Oli Transmisi Xenia?

Anda bisa mengunjungi bengkel profesional atau meminta bantuan petugas yang berpengalaman untuk melakukan penggantian oli transmisi Xenia 1300cc. Namun jika Anda penasaran dan ingin melakukannya sendiri di rumah, berikut ini beberapa langkah yang perlu diperhatikan:

  • Pastikan mobil berada di tempat datar dan aman. Pastikan juga rem dalam keadaan aktif untuk mencegah mobil bergeser di tengah proses penggantian.
  • Gunakan kunci yang sesuai untuk melepaskan baut penahan pada ruang oli transmisi di mobil Anda.
  • Buka penutup oli, kemudian biarkan oli transmisi yang lama mengalir keluar sepenuhnya.
  • Selanjutnya, pasang kembali baut penahan. Pastikan Anda mengencangkannya dengan benar.
  • Tuangkan oli transmisi yang baru ke ruang oli. Untuk mempermudah, Anda bisa menggunakan corong atau alat bantu lainnya.
  • Tunggu beberapa saat agar oli mengalir sempurna sebelum Anda mematikan mesin mobil.

Apabila Anda merasa tidak yakin untuk melakukannya sendiri, pastikan untuk mengunjungi bengkel mobil terdekat. Kesalahan dalam pengisian oli transmisi mungkin mengakibatkan kerusakan fatal pada mesin.

Baca Juga:  11 Kelebihan dan Kekurangan Oli Prima XP untuk Motor

Jadwal Penggantian Oli Transmisi

Mengetahui kapasitas oli transmisi Xenia 1300cc sangat penting untuk memastikan mobil Anda tidak kekurangan oli. Namun, memastikan oli diganti tepat waktu juga tidak kalah penting agar komponen mesin tetap dapat bekerja secara optimal.

Penggantian oli transmisi perlu dilakukan secara berkala. Untuk mobil Daihatsu Xenia 1300cc, Anda perlu melakukan penggantian oli transmisi setiap 2-3 tahun atau 40.000-60.000 km tergantung mana yang telah tercapai lebih dahulu.

Pastikan Anda mengikuti jadwal penggantian dengan baik. Seiring digunakan, kekentalan oli transmisi bisa berubah. Selain itu, jumlahnya juga akan terus berkurang. Apabila dibiarkan tidak diganti, maka hal ini akan meningkatkan risiko keausan yang akan memperpendek usia pakai mesin mobil Anda.

Ciri-ciri Oli Transmisi Harus Diganti

Ciri-ciri Oli Transmisi Harus Diganti

Pada beberapa kasus, oli transmisi mobil mungkin membutuhkan penggantian lebih cepat. Misalnya setelah mobil digunakan di jalanan macet atau menanjak dalam waktu lama, maka hal ini akan berpengaruh pada jadwal penggantian oli transmisi.

Lantas, bagaimana cara mengetahui mobil Anda membutuhkan penggantian oli transmisi? Berikut ini beberapa ciri-ciri yang perlu diketahui. Segera lakukan penggantian apabila Anda menemukan hal-hal di bawah ini meskipun kilometer atau tahun belum tercapai.

1. Muncul Suara Aneh

Tanda pertama yang bisa Anda kenali adalah muncul suara aneh dari transmisi ketika sedang berkendara. Suara yang muncul biasanya terdengar seperti dengungan. Hal ini disebabkan oleh gesekan antar gear yang tidak terlubrikasi dengan baik.

2. Oli Berwarna Kehitaman

Anda perlu sesekali mengecek warna oli transmisi untuk memastikan apakah oli sudah membutuhkan penggantian. Oli yang bagus biasanya berwarna kemerahan atau pink. Sedangkan oli yang menghitam menandakan oli tersebut sudah lama sehingga harus segera diganti.

Baca Juga:  9 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic Terbaru 2024

Yang menyebabkan oli berubah menjadi hitam adalah kotoran. Dengan banyaknya kotoran yang terkandung, oli tidak mampu melumasi komponen dengan baik.

3. Kesulitan Memasukkan Gigi

Salah satu tanda yang sering dilewatkan oleh banyak orang adalah kesulitan memasukkan gigi. Pasalnya hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti kampas kopling yang menipis dan oli transmisi butuh diganti. Cek kembali kapan terakhir kali Anda mengganti oli transmisi.

4. Transmisi Bergetar

Jika Anda merasakan getaran pada persneling ketika berada di posisi idle, maka ini bisa menjadi tanda bahwa oli transmisi perlu diganti. Getaran ini menimbulkan rasa tidak nyaman dan apabila dibiarkan, tentunya akan mempengaruhi usia pakai mesin.

Setelah mengetahui kapasitas oli transmisi Xenia 1300cc, Anda tidak perlu ragu jika ingin melakukan penggantian sendiri tanpa bantuan mekanik. Pastikan Anda mengisi oli transmisi secara berkala setiap 40.000 km atau 2 tahun untuk mencegah masalah.

Baca Juga:

error: