Fungsi Tombol Security pada Mobil Avanza dan Cara Kerja

Jaldayat.com – Mobil Toyota Avanza keluaran beberapa tahun terakhir telah dibekali dengan sejumlah fitur keamanan yang salah satunya adalah tombol security. Secara umum, fungsi tombol security pada mobil Avanza terbaru adalah untuk memastikan keamanan kendaraan.

Maraknya pencurian mobil tentunya menjadi kekhawatiran tersendiri. Tidak heran jika pabrikan mobil terus berinovasi untuk meningkatkan sistem keamanan kendaraan sehingga mengurangi risiko pencurian. Simak penjelasan lengkap seputar tombol security mobil Avanza berikut ini.

Apa Itu Tombol Security?

Bagi Anda yang penasaran dengan fungsi tombol security pada mobil Avanza manual, ada baiknya jika Anda mempelajari terlebih dahulu tentang apa itu tombol security.

Tombol security atau tombol keamanan pada mobil Avanza biasanya terletak pada bagian dashboard. Sesuai dengan namanya, kehadiran tombol ini diharapkan mampu meningkatkan keamanan mobil sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika harus meninggalkan kendaraan tanpa pengawasan.

Fitur keamanan ini tidak hanya digunakan oleh mobil Avanza. Sebagian besar mobil keluaran terbaru dibekali dengan fitur yang satu ini sebagai upaya untuk mencegah tindak pencurian mobil. Hanya dengan menekan tombol, mobil Anda akan terlindungi dengan baik.

Tombol security berbeda dengan fitur immobilizer yang juga mulai banyak ditemukan pada berbagai jenis mobil. Immobilizer mampu mendeteksi gelombang radio yang ada pada lubang kunci mobil. Apabila gelombang yang diterima tidak sesuai, maka mobil tidak akan menyeala.

Baca Juga:  9 Kelebihan dan Kekurangan Ban Michelin Pilot Street

Ini Fungsi Tombol Security pada Mobil Avanza

Tombol Security pada Mobil Avanza

Tombol security adalah salah satu fitur keamanan yang bisa Anda temukan pada mobil Avanza keluaran baru. Fungsi utama dari fitur ini adalah untuk mengaktifkan dan menonaktifkan sistem keamanan yang disebut juga sebagai sistem immobilizer.

Singkatnya, tombol keamanan adalah tombol yang bisa difungsikan untuk mengontrol kapan Anda ingin menyalakan atau mematikan keamanan mobil. Apabila sistem immobilizer telah diaktifkan, maka mobil tidak dapat diakses oleh orang lain karena lubang kunci akan mendeteksi kunci yang cocok.

Namun jika fitur ini dinonaktifkan, sistem immobilizer menjadi tidak aktif sehingga mobil bisa diakses dengan mudah. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa tombol security telah diaktifkan sebelum meninggalkan kendaraan, terutama dalam waktu lama.

Cara Kerja Tombol Security

Sebenarnya cara kerja tombol keamanan dan sistem immobilizer pada mobil Avanza cukup sederhana. Sistem ini menggunakan sebuah chip yang diletakkan pada kunci mobil dan gelombang radio yang dipasang pada lubang kunci.

Apabila gelombang radio tidak sesuai, maka mobil tidak akan menyala meskipun dipaksa. Bahkan ketika Anda menggunakan kunci mobil lain dengan tipe yang sama, mesin tetap tidak menyala. Inilah alasan mengapa immobilizer digadang-gadang sebagai salah satu fitur paling aman untuk mencegah pencurian.

Manfaat Tombol Security pada Mobil Avanza

Manfaat Tombol Security pada Mobil Avanza

Tombol security pada mobil Avanza tentunya memegang peranan yang sangat penting dalam hal keamanan. Ada sederet manfaat yang ditawarkan oleh fitur ini, antara lain:

1. Meminimalisir Risiko Pencurian

Manfaat utama yang ditawarkan oleh fitur tombol security adalah untuk meminimalisir risiko pencurian. Sistem keamanan yang dirancang sedemikian rupa membuat pencuri berpikir ratusan kali sebelum menjadikan mobil Anda target curian.

Baca Juga:  Tips Memilih Amplifier yang Bagus dan Berkualitas

Pasalnya, sistem immobilizer yang diusung memang sangat sulit untuk dibobol terutama oleh maling kelas bawah. Selain itu, akan dibutuhkan waktu yang lama untuk berhasil mengambil alih kendaraan sehingga pelaku mungkin kehabisan waktu.

2. Memberikan Proteksi Ekstra pada Kendaraan

Kendaraan roda empat umumnya telah dibekali dengan beragam fitur keamanan. Kehadiran tombol security dan sistem immobilizer memberikan perlindungan ekstra pada kendaraan. Mengingat kondisi keamanan yang kurang baik, tentunya fitur ini menjadi angin segar bagi pemilik mobil.

Pastikan Anda menekan tombol untuk mengaktifkan sistem keamanan sebelum meninggalkan mobil. Tanpa diaktifkan, sistem ini tidak dapat bekerja secara maksimal untuk melindungi kendaraan Anda.

3. Memberikan Rasa Tenang

Fungsi tombol security pada mobil Avanza adalah untuk menjamin keamanan kendaraan Anda. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan adalah Anda akan merasa lebih tenang ketika meninggalkan mobil di tempat parkir maupun di pinggir jalan.

Sistem keamanan yang sangat canggih menyulitkan pelaku untuk mencuri mobil. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika harus bepergian dan meninggalkan mobil bahkan dalam waktu yang relatif lama.

4. Menambah Nilai Jual

Manfaat lain yang bisa Anda peroleh dengan sistem ini adalah nilai jual yang semakin tinggi. Fitur keamanan ini menawarkan tingkat perlindungan yang cukup tinggi dari pencurian dan belum banyak dimiliki oleh kendaraan lain.

Apabila Anda memiliki mobil Avanza yang telah dilengkapi dengan fitur ini, maka hal tersebut bisa menjadi nilai tambah untuk meningkatkan harga jual.

Baca Juga:  Pilihan Velg JDM Terbaik untuk Modifikasi 2024

Cara Menggunakan Tombol Security Avanza

Lantas, bagaimana cara menggunakan tombol security pada mobil Toyota Avanza? Cukup mudah. Untuk mengaktifkan tombol, Anda hanya perlu menekan tombol tersebut satu kali. Apabila tombol sudah aktif, maka lampu indikator yang terdapat pada dasbor akan menyala.

Ini menandakan bahwa mobil Anda akan terlindungi dengan sistem immobilizer yang canggih. Apabila Anda ingin mematikan tombol tersebut, Anda hanya perlu menekan tombol satu kali lagi. Setelah tombol ditekan, lampu indikator pada dasbor akan mati.

Sebelum meninggalkan kendaraan tanpa pengawasan, pastikan Anda sudah mengaktifkan sistem keamanan dengan menekan tombol. Kelalaian Anda mungkin berakibat fatal karena akan memudahkan penjahat untuk mengambil dan mencuri mobil tersebut.

Pada dasarnya fungsi tombol security pada mobil Avanza adalah untuk mengaktifkan sistem keamanan yang dinamakan immobilizer. Sistem keamanan ini membuat mobil tidak akan menyala apabila tidak menggunakan kunci yang sesuai sehingga mengurangi risiko pencurian.

Baca Juga:

error: