Kapasitas Oli Mesin Mobil Terios dan Tipe Oli Terbaik

Jaldayat.com – Anda pemilik mobil Daihatsu Terios? Ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kinerja mobil agar tetap prima, salah satunya adalah ganti oli secara berkala. Namun, tahukah Anda berapa kapasitas oli mesin mobil Terios yang paling tepat?

Volume oli yang dibutuhkan oleh mesin mobil sangat beragam tergantung pabrikan, tipe, dan spesifikasi mesin. Agar tidak melakukan kesalahan dalam pengisian, simak pembahasan lengkap seputar oli mesin Daihatsu Terios berikut ini.

Mengapa Perlu Memperhatikan Pilihan Oli Mesin?

Oli mesin ibarat darah bagi mobil Anda. Oli berperan melumasi komponen-komponen penyusun mesin agar tidak saling bergesekan dan menimbulkan panas berlebih. Tentu saja kualitas, tingkat kekentalan, dan volume oli sangat menentukan performa mesin.

Mengingat setiap kendaraan dibekali dengan spesifikasi mesin yang berbeda, dibutuhkan jenis oli yang berbeda pula. Sebelum melakukan penggantian, pastikan Anda sudah mencari informasi mengenai tipe oli yang direkomendasikan untuk mobil Anda.

Saat ini tersedia beragam pilihan oli di pasaran. Anda bisa menentukan jenis oli yang dibutuhkan misalnya dalam hal grade, tingkat kekentalan, atau fitur lain. Tipe oli standar Daihatsu Terios adalah yang memiliki grade 5W-30.

Penggunaan oli yang tidak tepat bisa mempengaruhi kinerja mesin kendaraan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih oli dengan grade yang sesuai. Daihatsu termasuk salah satu pabrikan mobil yang juga mengeluarkan produk oli untuk kebutuhan kendaraan produksi mereka.

Baca Juga:  Alasan Kenapa Harus Memilih Mobil Diesel

Bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh menggunakan produk selain yang diluncurkan oleh Daihatsu. Hanya saja Anda perlu lebih selektif dalam menentukan pilihan agar mendapatkan oli mesin yang sesuai.

Kapasitas Oli Mesin Mobil Terios

Kapasitas Oli Mesin Mobil Terios

Salah satu kesalahan umum yang kerap terjadi saat penggantian oli adalah jumlah takaran yang kurang pas, terutama jika proses penggantian oli dilakukan di rumah atau bengkel yang tidak profesional. Untuk menghindari hal seperti ini, dibutuhkan pengetahuan tentang kapasitas oli mesin untuk mobil.

Setiap mobil mempunyai kapasitas oli yang berbeda. Untuk Daihatsu Terios, kapasitas oli mesin yang diperlukan adalah sekitar 3,7 liter termasuk oli filter. Namun untuk lebih tepatnya, Anda bisa membaca buku manual yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Hindari mengganti oli dengan kapasitas yang tidak sesuai. Pasalnya, hal ini justru akan berdampak buruk pada kinerja mesin. Selain membuat kerja mesin lebih berat, kapasitas oli yang lebih banyak dari seharusnya bisa menyebabkan kerusakan.

Waktu Ideal Penggantian Oli Mesin Terios

Seiring digunakan, oli akan semakin kotor karena menyaring kotoran yang menempel pada mesin. Jika dibiarkan dalam waktu lama, konsistensi oli akan semakin mengental bahkan bisa dipenuhi dengan endapan lumpur.

Karena alasan tersebut, Anda perlu melakukan penggantian oli secara berkala. Waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin Terios Anda adalah setiap 10.000 km atau sekitar 6 bulan, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Baca Juga:  Tips Membersihkan Jamur pada Kaca Mobil

Mengganti oli melebihi waktu ideal sangat tidak disarankan. Sebaliknya, mengganti oli sebelum masa tempuh juga tidak membawa dampak baik bagi kendaraan Anda. Hal ini dikarenakan mengganti oli terlalu sering justru bisa mempengaruhi konsistensi dari oli mesin tersebut.

Namun apabila sering berkendara di medan yang sulit atau di jalanan yang macet, Anda mungkin perlu melakukan penggantian lebih cepat. Agar tidak terlambat, lakukan pengecekan secara rutin terhadap oli mesin Anda. Gunakan tongkat pengukur dan periksa kondisi oli yang tersisa.

Bagaimana Jika Kapasitas Oli Tidak Sesuai Rekomendasi?

Bagaimana Jika Kapasitas Oli Tidak Sesuai Rekomendasi

Kapasitas oli mesin mobil Terios sesuai dengan rekomendasi pabrik adalah sekitar 3,7 termasuk filter. Namun, terkadang terjadi kesalahan dalam pengukuran sehingga volume oli yang digunakan bisa beli banyak atau lebih sedikit. Apakah hal ini akan berdampak buruk bagi mesin?

1. Oli Terlalu Banyak

Penggantian oli dengan kapasitas yang tidak sesuai rekomendasi mungkin berakibat buruk bagi kinerja mesin. Apabila oli yang digunakan terlalu banyak, maka oli tersebut akan menghambat kerja poros engkol yang membuat performa mesin menurun.

Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin masa pakai mesin mobil Anda akan berkurang secara drastis. Hindari pemikiran bahwa semakin banyak oli yang digunakan maka akan semakin bagus dan awet. Faktanya, hal ini justru akan menimbulkan kerusakan.

2. Oli Terlalu Sedikit

Sebaliknya, mengganti oli dengan volume yang terlalu sedikit juga tidak disarankan. Pasalnya level oli yang terlalu rendah akan menimbulkan gesekan berlebih pada mesin sehingga cepat panas. Dengan daya lumas yang tidak optimal, komponen mesin bisa jadi cepat rusak.

Baca Juga:  Cara Modifikasi Ringan Mobil dengan Budget Rendah

Selain itu, oli mungkin akan habis tanpa Anda sadari, apalagi jika Anda bukan termasuk orang yang rajin mengecek level oli dengan tongkat pengukur. Hal ini justru akan memperburuk kondisi mesin dan memperpendek masa pakai kendaraan Anda.

3. Oli Tidak Sesuai Spesifikasi

Anda bisa menemukan beragam produk oli di pasaran. Berbagai jenis oli tersebut menawarkan sejumlah keunggulan mulai dari tahan panas, tahan gesekan, dan lain sebagainya. Namun, ada baiknya jika Anda tidak mudah tertarik dengan narasi-narasi tersebut karena tidak sedikit yang berlebihan.

Sebaiknya gunakan jenis oli mesin yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan mobil. Untuk Daihatsu Terios, Anda bisa menggunakan oli mesin yang diluncurkan oleh pabrikan Daihatsu. Penggunaan oli ini dianggap lebih aman karena sudah disesuaikan dengan spesifikasi mesin keluaran pabrik tersebut.

Mengganti oli mesin merupakan bagian dari perawatan rutin mobil. Ketika melakukan penggantian, selalu perhatikan kapasitas oli mesin mobil Terios Anda. Jika Anda ragu untuk mengganti sendiri di rumah, segera kunjungi bengkel terpercaya ketika masa tempuh oli sudah terpenuhi.

Baca Juga:

error: