Tips Membeli Toyota Corolla Altis Gen 1 Bekas

Tips Membeli Toyota Corolla Altis Gen 1 Bekas Pada permulaan tahun 2001, produsen Toyota kembali merilis sedan kelas menengah yang merupakan generasi ke-9 dari turunan keluarga Corolla yang dinamai dengan Toyota Altis. Toyota Altis merupakan penerus dari Toyota New Corolla, mobil ini digadang-gadang sebagai sosok petarung untuk melawan kompetitornya Honda Civic.

Toyota Altis menggendong mesin sebesar 1.800 cc yang telah disisipkan teknologi VVT-i yang terkenal irit bahan bakar. Sebagai pembuka era millenium, Toyota Altis merubah segala bentuk eksterior yang sebelumnya mungil menjadi lebih besar dan berbobot, serta di bagian interior yang lebih mewah dari generasi sebelumnya.

Meskipun secara kesuluruhan tampilan luar Toyota Altis terlihat lebih besar, namun siapa sangka mesin berkapasitas 1.800 cc mampu mengeluarkan tenaga sebesar 140hp. Mobil ini dihadirkan dalam dua tipe yaitu tipe J dan tipe G.

Tahun 2008, Corolla Altis Gen 1 dipensiunkan lalu digantikan oleh Altis Gen 2 dengan pembaruan di seluruh sektor. Secara keseluruhan, Altis ini tampak lebih mewah karena desainnya yang lebih modern dan sangat mirip dengan Toyota Camry.

Baca juga : Tips Membeli Toyota Corolla Altis Gen 2 Bekas.

Back to the topic, berikut ini adalah sedikit penjelasan mengenai Tips Membeli Toyota Corolla Altis Gen 1 Bekas yang dijual di Indonesia.

Tips Membeli Toyota Corolla Altis Gen 1 Bekas

Exterior

Pastikan kondisi body mobil dengan teliti, hindari membeli mobil bekas tabrakan. Mobil yang telah mengalami tabrakan sebelumnya dapat diketahui dengan melihat sasis mobil masih center atau agak bengkok.

Interior

Bagian ini tidak kalah penting, karena interior yang kacau dan tidak bagus lagi dapat mengurangi kenyamanan saat mobil digunakan. Periksa dashboard, panel instrumen, tombol-tombol serta bagian yang berhubungan dengan kelistrikan lainnya. Apakah masih berfungsi dengan baik ataupun harus dilakukan perbaikan.

Mesin

Mobil yang telah berumur lebih dari 10 tahun biasanya rentan terkena kerusakan khususnya pada bagian mesin. Beberapa komponen pada mesin seperti alternator memiliki umur yang pendek. Lakukan pengecekan secara detail, apakah sparepart yang digunakan asli atau aftermarket. Hindari membeli mobil yang mesinnya basah yang disebabkan adanya rembesan oli. Semuanya dapat dideteksi dari asap ataupun kotoran yang keluar melalui ujung knalpot. Yang perlu Anda ingat, biaya perbaikan pada bagian mesin cukup merogoh kocek. Pastikan juga oli yang digunakan sesuai atau tidak dengan mesin mobil.

Transmisi

Untuk Toyota Altis transmisi manual, bagian yang sering mengalami gangguan yaitu pada kopling yang terasa berat saat proses pergantian gigi.

Kelistrikan

Meskipun fitur elektrik pada mobil ini tidak rumit seperti kelistrikan mobil Eropa, namun tidak ada salahnya Anda untuk melakukan pengecekan terhadap jalur-jalur elektrik. Terutama aki dan sekring, terlebih jika mobil telah dilakukan modifikasi pada sistem audionya sehingga membutuhkan daya yang lebih tinggi dari biasanya.

Power Steering

Ini merupakan komponen yang paling sering rusak dari semua generasi Toyota Corolla. Bagian dari power steering seperti sil hingga as steering rack harus dicek secara teliti.

Kaki-kaki

Selain power steering, komponen lain yang paling sering terkena dampak dari penggunaan mobil sehari-hari yaitu pada bagian kaki-kaki khususnya bushing arm belakang dan as roda. Pengecekan bagian kaki-kaki dapat Anda serahkan pada mekanik bengkel yang sering menangani mobil sedan. Karena kenyamanan sedan sangat bergantung pada komponen ini.

Itulah sedikit Tips Membeli Toyota Corolla Altis Gen 1 Bekas , semoga dapat Anda jadikan referensi. Baca juga :

Pilihan Sedan Bekas 120 Jutaan

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!