Tips Membeli Toyota Corolla Altis Gen 2 Bekas

Tips Membeli Toyota Corolla Altis Gen 2 Bekas – Nama Corolla di dunia otomotif sangat melegenda. Sedan kompak produksi Toyota ini terus berevolusi dari masa ke masa mengikuti perkembangan zaman. Tidak heran bila eksistensinya sanggup berlanjut ke 11 generasi hingga artikel ini diturunkan.

Setelah 48 tahun sejak kemunculannya pertama di tahun 1966, Corolla generasi 10 semakin mewah dan naik kelas. Cukup banyak beberapa penggemar sedan kompak ini yang dulu memilikinya kini berganti dengan merek dan model lain. Alasannya, harga yang dibanderol tidak lagi terjangkau.

Untuk itu, Toyota menyediakan Toyota Vios Gen 2 untuk memenuhi permintaan konsumen sedan dengan harga di bawah Rp 200 juta. Sementara Corolla Altis harga barunya saat sudah itu lebih dari Rp 300 juta.

Di generasi kesepuluh ini Toyota mengubah karakternya menjadi lebih mewah dan hampir mendekati sedan mewah mereka sesungguhnya, Camry Gen 2. Meskipun dari sisi dimensi, fitur dan tentunya mesin masih berbeda jauh.

Diawal kemunculannya tahun 2008, PT Toyota Astra Motor sebagai Agen Pemegang Merek meluncurkan Grand New Corolla Altis atau dikenal sebagai Altis Gen 2 de­ngan tampilan baru. Meskipun mesin yang diusung masih sama dengan generasi kesembilan atau Altis Gen 1.

Baca juga :

Keunggulan dan Kelemahan Altis Gen 2

Komparasi Altis Gen 2 vs Civic FB

Baru pada 2010 Toyota meluncurkan facelift Grand New Corolla Altis dengan mesin baru yang lebih bertenaga. Diklaimnya mesin 2ZR-FE 1.800 cc terbaru dengan dual VVT-i ini memiliki tenaga 151 HP pada 6.400 rpm.

Sejarah Toyota Corolla Altis Gen 2 di Indonesia

2008 : Toyota merilis Corolla Altis generasi 10 pada tahun 2008 dengan tiga tipe : 1.8 V A/T, 1.8 G A/T, dan 1.8 J M/T. Meskipun secara tampilan terlihat sangat berbeda dibanding generasi kesembilan, namun mesin yang digunakan sama yaitu 1ZZ-FE 1.800 cc VVT-i 16 Valve.

2009 : Selang satu tahun berikutnya, Toyota meluncurkan tipe V yang telah menggunakan mesin baru, 3ZR-FE 2.000 cc. Tenaga lebih besar serta perbedaan yang signifikan dengan generasi sebelumnya diharapkan bisa meningkatkan penjualan Toyota Corolla Altis di Indonesia.

2010 : Ajang Indonesia International Motor Show dijadikan momen Toyota memperkenalkan facelift Corolla generasi ke-10. Seluruh model hadir dengan bumper, grill dan lampu belakang baru. Perubahan besar juga terjadi pada tipe 1.8 E dan 1.8 G yang telah mendapatkan dapur pacu baru 2ZR-FE Dual VVT-i. Tidak hanya mesin tapi sistem transmisi juga diubah pada tipe 1.8 E menggunakan manual 6 percepatan dan tipe 1.8 G menggunakan otomatis CVT dengan mode 5-speed.

Tips Membeli Toyota Corolla Altis Gen 2 Bekas

Tips Membeli Toyota Corolla Altis Gen 2 Bekas : Mesin

Ada dua tipe mesin berbeda antara Corolla Altis produksi 2008 dan 2010. Pemakaian bahan bakar bensin oktan di bawah 90 bisa berakibat fatal pada jangka panjang. Beberapa bagian seperti alternator dan kompresor AC mempunyai umur pakai. Banyaknya spare parts aftermarket juga menuntut kejelian Anda untuk mengecek kualitasnya, khawatir tampak baru namun tidak memiliki kualitas yang bagus.

Tips Membeli Toyota Corolla Altis Gen 2 Bekas : Transmisi

Bagi Anda yang mengincar Corolla Altis bertransmisi manual, sering ditemukan kopling terasa berat saat pergantian gigi. Hal ini diakibatkan master koling bawah yang sudah kotor karena adanya oli yang menempel. Pengujian jalan menjadi hal penting sambil merasakan kopling apakah masih terasa nyaman atau tidak.

Tips Membeli Toyota Corolla Altis Gen 2 Bekas : Accu / Baterai

Corolla Altis mempunyai cukup banyak fitur elektronik yang membutuhkan daya. Tidak heran bila umur baterai Altis rata-rata lebih pendek dibanding mobil sedan pada umumnya. Ada bagusnya Anda melepas Accu dan mengecek daya dan kinerja penyuplai daya listrik tersebut ke bengkel terdekat.

Tips Membeli Toyota Corolla Altis Gen 2 Bekas : Kualitas BBM

Khusus untuk mesin baru, Corolla Altis dianjurkan meminum bahan bakar beroktan di atas 90. Tapi banyaknya konsumen yang tidak mengerti dengan performa mesin dan efek jangka panjang, memaksakan mobil memakai bensin dengan oktan di bawah 90 atau bahan bakar bersubsidi.

Tips Membeli Toyota Corolla Altis Gen 2 Bekas : Handling

Corolla Altis generasi kesepuluh sudah menggunakan power steering elektris sehingga membuat kemudi terasa lebih ringan. Disatu sisi ini hal positif untuk kemudahan saat parkir. Tetapi berdampak negatif saat di kecepatan tinggi. Respon kemudi terasa menjadi lebih sensitif ketimbang model hidroulis.

Tips Memilih Toyota Corolla Altis Bekas

Bila membeli Grand New Corolla Altis yang produksi tahun 2013 ke bawah, ada baiknya perhatikan bagian mesin. Beberapa parts sering mengalami getas dan harus segera diganti. Kalaupun terlihat masih bagus, cek kualitasnya karena banyak produk aftermarket yang kualitasnya sangat jauh dengan genuine parts.

Bagi pembeli transmisi manual, lakukan uji jalan alias test drive untuk merasakan apakah perpindahan gigi mulus atau normal. Beberapa kejadian sudah terasa berat karena umur dan pemakaian yang lama. Kaki-kaki juga diperhatikan saat test drive apakah masih terasa nyaman atau tidak melewati jalan bergelombang.

Tipe V atau tipe tertinggi dari Corolla Altis yang Saya rekomendasikan untuk Anda miliki. Fitur yang berlimpah membuat mobil ini nyaman dan aman untuk dikendarai. Tipe ini juga mempunyai performa lebih besar karena pemakaian mesin berbeda dari tipe lainnya, 3ZR-FE 2.000 cc. Apalagi Altis generasi terbaru tidak lagi menyediakan pilihan mesin ini.

Demikian beberapa panduan mengenai Tips Membeli Toyota Corolla Altis Gen 2 Bekas. Semoga membantu. Baca juga :

Pilihan Sedan Jerman Bekas Terbaik

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!