Tips Membeli Nissan Evalia Bekas

Tips Membeli Nissan Evalia Bekas – Usai memperkenalkan Nissan Grand Livina di 2007, Evalia hadir untuk memenuhi kebutuhan pasar domestic terhadap mobil keluarga boxy. Unggul dalam hal akomodasi membuat Evalia cukup digemari. Apalagi ia dilengkapi pintu geser yang kian membuat akses keluar masuk kian membaik.

Tapi bila dibadingkan dengan kompetitornya, Nissan Evalia boleh dibilang agak telat, lantaran dua mobil sejenis seperti Daihatsu Luxio dan Suzuki APV telah lebih dahulu meluncur. Namun keterlambatan tersebut tidak dihiraukan dan Nissan tetap percaya diri.

Kebutuhan kabin yang luas dari publik menjadikan Evalia calon idola baru. Berkapasitas 7 penumpang, NMI mematok harga yang bersaing dengan kompetitornya. Jok serta legroom Evalia memang mempunyai keunggulan yang membuat penumpang nyaman.

Sisi kenyamanan tetap menjadi andalan Nissan dalam memperkenalkan Evalia. Meski suspensi belakang mengunakan leaf spring (per batang), namun kelembutan suspensinya dapat diandalkan. Penggunaan leaf spring ini sendiri pun bukan tanpa pertimbangan. Meminimalkan limbung yang terjadi, menjadi alasan Nissan menye­matkan jenis per ini.

Keunggulan lainnya hadir dari sandaran bangku barsi ketiga yang dapat diatur sudutnya hingga posisi cukup rebah. Lantai rata dan tingginya bangku membuat ruang penyimpanan di Evalia begitu fleksibel.

Pun begitu dengan mesin yang digunakan. Mesin berkode HR15-DE telah mengadopsi teknologi serupa dengan Nissan Juke dengan dual CVTC dan injector. Bedanya hanya pada pilihan transmisi yang digunakan, yakni manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Proses pelipatan bangku baris kedua yang sulit menjadi kendala untuk mengakses penumpang ke bangku baris ketiga. Pun begitu dengan ditiadakannya jendela normal di pintu geser. Plus penerapan pelek berdiameter 14 inci yang terlihat kurang proposianal dengan dimensi Evalia yang terlihat besar.

Baca juga :

Keunggulan dan Kelemahan Nissan Evalia

Nissan Evalia vs Luxio vs APV Arena

Sejarah Nissan Evalia

2012 : Nissan Evalia hadir dalam dua tipe; S dan XV. Telah mengandalkan mesin Juke berteknologi dual CVTC dan injector dengan pilihan transmisi manual dan otomatis 4 percepatan.

Poin utama di tipe termewah adalah kehadiran smart key yang telah dilengkapi immobilizer, jendela geser, monitor roof, rem ABS dan AC double blower. Sedangkan MID telah hadir di seluruh tipe. tapi di tipe termurah, Evalia masih menggunakan pelek besi 14 inci, minus power window, rem ABS dan wiper belakang.

2013 : PT Nissan Motor Indonesia merilis tipe SV yang memiliki value for money. Di model ini, rear wiper, AC double blower dan power window telah disematkan. Pilihan tranmsisi manual dan otomatis pun telah tersedia.

Tips Membeli Nissan Evalia Bekas

Tips Membeli Nissan Evalia Bekas : Mesin

Karakter mesin HR15-DE adalah lemah diputaran rendah. Bila mobil sering melewati kemacetan lalu lintas dan digunakan keluar kota, maka tumpukan karbon di ruang bakar akan mudah terjadi. Apalagi bila sering  mengkonsumsi bensin bersubsidi.

Pastikan mesin tidak mudah knocking saat berkendara di kondisi ‘stop and go’. Bila suara sering terdengar menandakan tumpukan karbon sudah cukup banyak di ruang bakar. Solusinya adalah menerapkan proses carbon clean yang membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Tips Membeli Nissan Evalia Bekas : Suspensi

Akomodasi lapang membuat mobil ini juga cocok sebagai mobil niaga. Apalagi dengan bobot kosong yang mencapai lebih dari 1,3 ton, tentu membuat kerja suspensi kian berat.

Periksa kondisi sokbreker terutama di bagian depan. Bila Anda merasakan ayunan berlebih, silahkan siapkan biaya untuk menggantinya agar kenyamanan berkendara akan kembali optimal.

Tips Membeli Nissan Evalia Bekas : Lantai

Banyak yang menjadikan mobil pribadi Evalia untuk berniaga atau mengangkut barang berat. Cek kondisi lantai kabin khususnya di bawah bangku baris ketiga, apakah masih dalam kondisi baik atau tidak? Cukup lipat jok baris ketiga dan Anda bisa melihat sendiri kondisinya.

Tips Membeli Nissan Evalia Bekas : Posisi Mengemudi

Desain bangku tinggi membuat pengemudi merasa mengendarai sebuah minibus. Bila hal itu bukan masalah, tentu Anda dapat langsung meminangnya.

Tips Membeli Nissan Evalia Bekas : Jendela di Pintu Geser

Satu yang menjadi kendala Nissan Evalia bagi konsumen Tanah Air adalah desain jendela pada pintu geser. Bentuknya yang tidak familier, membuat penumpang belakang cukup terganggu saat memerlukan jendela. Apalagi untuk tipe termurah, Nissan bahkan tidak menyediakan jendela geser.

Tips Membeli Nissan Evalia Bekas : Akses ke Bangku Baris Ketiga

Proses pelipatan bangku di baris kedua yang cukup sulit, membuat akses masuk penumpang ke bangku paling belakang cukup terganggu. Apalagi untuk melipat sandaran pun, Anda perlu menarik tali di sandaran dengan tenaga ekstra.

Tips Memilih Nissan Evalia Bekas

Permasalahan yang sering ditemukan pada Nissan Evalia adalah performa mesin yang kurang bertenaga. Khususnya untuk transmisi otomatis. Untuk di jalan bebas hambatan tidak ada masalah tapi ketika jalan menanjak pengemudi harus sering kick down.

Sementara itu, dari tiga tipe yang tersedia (S, SV dan XV), Jaldayat.com merekomendasikan tipe XV M/T. Dengan tenaga mesin terbatas, transmisi manual merupakan pilihan yang tepat.

Ditambah tipe termewah ini telah mengadopsi smart key yang dilengkapi immobilizer. Plus AC double blower di belakang yang sangat berguna saat muatan penuh di kondisi siang hari. Baca juga :

Pilihan Mobil Pintu Geser di Indonesia

Incoming search terms:

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!