6 Kelebihan dan Kekurangan Oli X Ten Terbaru 2024

Oli X Ten merupakan oli yang diproduksi oleh PT Surganya Motor Indonesia. Pihak Perusahaan mengklaim bahwa oli ini sudah digunakan hingga 1,7 juta kendaraan bermotor. Nilai tersebut tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan oli X Ten yang berpengaruh pada performa kendaraan.

Meskipun oli tersebut dikenal sebagai oli motor, faktanya X Ten juga tersedia untuk digunakan pada kendaraan roda empat, khususnya mobil. Pembuatan oli mesin ini bertujuan untuk memenuhi keinginan konsumen akan oli mesin yang memiliki formulasi khusus dengan base oil terbaik yaitu Ester.

Formulasi yang digunakan dalam X Ten mampu membuat kinerja kendaraan menjadi lebih prima. Meskipun begitu, dibandingkan dengan oli motor lain, pelumas ini masih kurang populer. Oleh karena itu, artikel ini dapat memberikan informasi baru bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor.

Kelebihan dan Kekurangan Oli X Ten

Kelebihan dan Kekurangan Oli X Ten

Dalam menggunakan jenis oli apapun untuk kendaraan, Anda harus mengetahui spesifikasi mesin terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memastikan jika oli tersebut cocok dengan kendaraan yang dimiliki. Setelah itu, pertimbangkan keunggulan maupun kelemahan yang dimiliki oli tersebut.

A. Kelebihan Oli X Ten

Saat membahas tentang oli, hal pertama yang menjadi bahan pertimbangan untuk memilih pelumas tersebut adalah kelebihannya. Dalam hal ini, kelebihan berkaitan dengan dampak positif yang bisa diberikan oli X Ten terhadap kendaraan setelah digunakan dalam kurung waktu tertentu.

Baca Juga:  5 Kelebihan dan Kekurangan Oli Castrol Terbaru 2024

1. Memenuhi Standar Keamanan

Oli yang digunakan pada mesin kendaraan harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Standar tersebut menunjukkan kualitas serta keamanan produk untuk digunakan oleh Masyarakat Indonesia. Jika produk telah memenuhi SNI, kepercayaan masyarakat pun akan terbentuk.

Apalagi, penetapan label SNI dilakukan oleh lembaga yang berwenang sehingga tidak diragukan lagi kualitasnya. Nah, Oli X Ten telah lulus pengujian SNI dan dinyatakan memenuhi standar sehingga aman untuk kendaraan. Bahkan, mesin akan terlindungi secara maksimal.

2. Perlindungan yang Maksimal

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa oli X Ten memiliki lapisan Ester. Lapisan tersebut dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap gesekan serta sisa pembakaran oli yang ada di dalam mesin kendaraan. Dengan begitu, mesin akan tetap bersih, dingin, serta bertenaga.

Tidak hanya itu, lapisan Ester juga dapat membuat mesin menjadi lebih hemat dalam menggunakan bahan bakar. Alhasil, oli tidak hanya mampu menjaga kondisi mesin agar tetap awet, melainkan mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar selama kendaraan tersebut digunakan.

3. Durabilitas yang Tinggi

Kelebihan lain yang dimiliki oleh oli X Ten adalah memiliki durabilitas yang tinggi. Dalam hal ini, durabilitas adalah kemampuan lapisan untuk melindungi mesin sehingga menjadi lebih awet. Daya tahan oli ini diketahui cukup bagus, sehingga dapat menjaga kinerja mesin agar tetap optimal.

Bahkan, kinerja mesin tetap akan stabil pada interval yang jauh lebih panjang. Untuk kendaraan bermotor, oli dapat bertahan hingga menempuh jarak 5.000 km. Sementara itu, untuk kendaraan roda empat khususnya mobil bisa bertahan hingga jarak maksimal 15.000 km.

Kemampuan tersebut dapat membuktikan bahwa X Ten dapat menjaga performa kendaraan meskipun dalam jarak tempuh yang cukup jauh. Jika Anda termasuk orang yang sering berkendaraan jarak jauh, maka jenis oli ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk digunakan.

Baca Juga:  Kapasitas Oli Mesin Mobil Kijang Kapsul dan Tips Awet

4. Konsisten

Kendala yang seringkali dijumpai saat berkendara dalam jarak tempuh yang jauh adalah tarikan mesin yang cukup berat dan membuat tidak nyaman. Nah, jika menggunakan oli X Ten, tarikan kendaraan dijamin akan tetap ringan dan tetap konsisten meskipun dalam jarak yang jauh.

Bahkan, pengendara tetap akan merasa nyaman berada di atas kendaraan selama perjalanan. Anda tidak perlu khawatir kondisi mesin kendaraan akan berubah setelah digunakan dalam kurung waktu yang lama karena oli yang digunakan dapat membuat kinerjanya tetap konsisten.

B. Kekurangan Oli X Ten

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, oli X Ten juga memiliki kekurangan. Banyak orang yang masih kurang tertarik untuk menggunakan oli karena kekurangan yang dimilikinya. Jika Anda ingin mengetahui apa saja kekurangan oli tersebut, perhatikan uraian di bawah ini.

1. Kurang Populer

Meskipun jumlah penggunanya sudah tercatat 1,7 juta orang, nyatanya oli ini dinilai masih kurang populer dalam Masyarakat. Hal inilah yang juga menyebabkan mengapa X Ten masih tidak banyak digunakan, baik untuk kendaraan bermotor maupun mobil.

2. Harga yang Mahal

Meskipun jumlah penggunanya sudah tercatat 1,7 juta orang, nyatanya oli ini dinilai masih kurang populer dalam Masyarakat. Hal inilah yang juga menyebabkan mengapa X Ten masih tidak banyak digunakan, baik untuk kendaraan bermotor maupun mobil.

Oli ini dipatok dengan harga yang cukup tinggi di pasaran sehingga membuat sebagian orang menjadi kurang tertarik untuk membelinya. Namun, harga tersebut tentu sebanding dengan kualitas yang ditawarkan oli X Ten.

Baca Juga:  7 Kelebihan dan Kekurangan Oli SPX 1 Terbaru 2024

Bahkan, harga yang dianggap tinggi tersebut juga membuat banyak orang lebih memilih untuk membeli oli jenis lain dengan harga yang lebih terjangkau. Padahal, jika ditinjau dari kelebihan dan kekurangan oli X Ten, pelumas tersebut juga lebih unggul dari segi kualitas.

Harga Oli X Ten

Mengingat mereknya yang masih kurang populer dalam masyarakat, harga oli X Ten pun masih jarang diketahui. Meskipun, daftar harganya bisa didapatkan dengan mudah melalui internet atau toko, tetapi masih banyak orang yang bingung untuk mencarinya. Nah, daftar harga oli X Ten yaitu sebagai berikut.

  • X Ten 20W50 Motor Klasik : Rp39.500
  • X Ten 10W40 Bebek : Rp49.500
  • X Ten 10W40 Matic : Rp49.500
  • X Ten Double Ester Matic 10W30 : Rp90.000
  • X Ten Double Ester Matic 10W40 : Rp95.000
  • X Ten Double Ester Premium Sport 1 L : Rp105.000

Kelebihan dan kekurangan oli X Ten adalah hal yang harus diketahui sebelum membeli pelumas jenis ini. Tidak hanya itu, Anda juga harus bisa membedakan oli X Ten untuk motor matic, motor bebek, motor klasik, hingga mobil.

Baca Juga:

error: