6 Kelebihan dan Kekurangan Oli Samping Evalube Pro 2T

Hingga saat ini, motor 2T masih banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Untuk menjaga kondisi mesin tetap awet, dibutuhkan oli samping yang bagus, seperti Evalube Pro 2T. Sebelum menggunakan, pastikan mengetahui kelebihan dan kekurangan oli samping Evaluable Pro 2T.

Perlu diketahui bahwa oli samping dengan oli mesin memiliki fungsi yang berbeda. Jangan sampai Anda salah dalam memilih maupun menggunakan kedua jenis oli tersebut. Oli samping berfungsi untuk memberikan perlindungan pada komponen mesin agar terhindar dari karat maupun aus.

Oli ini juga mampu melumasi beberapa sparepart bagian dalam kendaraan. Agar mesin motor Anda dapat bertahan lama dan terhindar dari kerusakan, pastikan oli sampingnya sering diganti. Dengan begitu, setiap komponen yang ada didalamnya menjadi terlapisi oleh pelumas dengan baik.

Kelebihan dan Kekurangan Oli Samping Evalube Pro 2T

Kelebihan Oli Samping Evalube Pro 2T

Ada banyak pilihan merek oli samping untuk motor 2 tak. Akan tetapi, Evalube Pro 2T termasuk dalam daftar oli samping yang banyak digunakan karena manfaatnya yang bagus untuk mesin kendaraan. Untuk mengetahui detail lengkap tentang oli ini, pastikan untuk membaca artikel ini hingga selesai.

A. Kelebihan Oli Samping Evalube Pro 2T

Oli Evalube Pro 2T memang memiliki banyak keunggulan. Oli samping ini menawarkan perlindungan maksimal pada seluruh komponen mesin, termasuk saat beroperasi dengan suhu yang tinggi. Selain itu, masih banyak kelebihan lain yang dimiliki oli Evalube Pro 2T diantaranya sebagai berikut.

Baca Juga:  4 Kelebihan dan Kekurangan Oli Adnoc dan Harga

1. Membuat Tarikan Mesin Menjadi Lebih Kuat

Oli samping Evalube Pro 2T dapat membuat kinerja mesin menjadi lebih bagus. Hal tersebut dapat berdampak pada tarikan menjadi menjadi lebih maksimal. Tarikan yang kuat sangat dibutuhkan saat kendaraan mulai bergerak dari posisi diam atau saat melakukan overtaking.

Tidak hanya itu, meningkatkan tarikan mesin juga akan memudahkan pengendara untuk mendapatkan respon yang lebih baik dari sepeda motor. Dengan begitu, kenyamanan dalam berkendara juga akan meningkat dan terhindar dari kendala selama berada dalam perjalanan.

Apalagi, jika Anda sedang melalui jalan dengan medan yang cukup berat. Tarikan mesin yang kuat menjadi sangat dibutuhkan agar kendaraan tidak stuck di suatu tempat. Bahkan, dengan meningkatkan kecepatannya sedikit saja, motor Anda bisa melaju dengan jarak yang cukup jauh.

2. Mudah Bercampur Dengan Bahan Bakar

Oli samping Evalube Pro mudah bercampur dengan bahan bakar, khususnya dengan Pertamax atau Premium. Oleh karena itu, oli ini tergolong cukup fleksibel jika dibandingkan dengan jenis lain. Kemudahan untuk bercampur tersebut akan memudahkan pengguna untuk memilih bahan bakar.

Anda tidak perlu khawatir jika terjadi ketidakcocokan antara mesin dengan bahan bakar atau ada masalah karena campuran yang buruk. Pengguna hanya perlu memperhatikan kesesuaian antara mesin dengan bahan bakar yang digunakan karena oli sampingrya bisa bercampur dengan baik.

3. Memiliki Aroma yang Khas

Salah satu kendala yang sering kali ditemui saat akan mengganti oli samping adalah aromanya yang kurang sedap untuk dicium. Aroma tersebut juga seringkali tercium saat kendaraan sedang digunakan sehingga membuat suasana atau pengalaman berkendara menjadi kurang nyaman.

Baca Juga:  12 Kelebihan dan Kekurangan Oli Pikoli Terbaru 2024

Akan tetapi, hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan oli samping Evalube pro karena memiliki wangi yang khas. Aroma itu dapat menggambarkan bahwa oli samping yang digunakan berkualitas tinggi dan jika tercium baunya tidak akan mengganggu.

Bahkan, jika berkendara dalam jarak tempuh yang jauh pun, aroma oli samping tidak akan berubah menjadi bau yang kurang sedap. Tidak akan ada perubahan bau yang signifikan dari oli samping Evalube Pro 2T saat baru digunakan maupun yang sudah lama.

4. Memiliki Kadar Asap Gas Buang yang Sedikit

Kelebihan dan kekurangan oli samping evalube pro 2T lainnya adalah memiliki kadar asap gas buang yang sedikit. Seperti yang diketahui, asap kendaraan bermotor dapat menyebabkan terjadinya polusi udara yang berdampak buruk terhadap lingkungan sekitar.

Nah, dengan menggunakan Evalube Pro 2T, Anda dapat mengurangi terjadinya polusi karena kadar asap gas buangnya rendah. Selain itu, kadar tersebut juga menggambarkan bahwa proses pembakaran yang terjadi lebih bersih dan efisien dibandingkan dengan oli jenis lain.

B. Kekurangan Oli Samping Evalube Pro 2T

Kekurangan Oli Samping Evalube Pro 2T

Menggunakan Evalube Pro 2T memang memiliki banyak kelebihan. Akan tetapi, oli samping ini juga memiliki kelemahan yang bisa menjadi pertimbangan apakah sesuai dengan keinginan pengguna atau tidak. Beberapa kelemahan yang dimiliki oli samping Evalube Pro 2T yaitu:

1. Tidak Cocok Dengan Mesin 4T

Kendaraan 2T dan 4T memiliki kebutuhan oli yang berbeda. Namun, banyak pengguna yang seringkali tidak memperhatikan spesifikasi Evalube Pro 2T dan akhirnya menggunakannya pada mesin lain, termasuk yang 4T. Tindakan tersebut tentu akan berdampak buruk pada mesin Anda.

Baca Juga:  5 Kelebihan dan Kekurangan Oli Federal Matic 2024

Oli samping ini hanya bisa digunakan untuk mesin 2T sesuai dengan yang tertera pada bagian kemasan. Bahkan, untuk pelumasan roda gigi pun tidak akan cocok. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk memilih oli samping yang sesuai dengan spesifikasi jenis mesin yang dimiliki.

2. Performa Tergantung Jenis Mesin

Kekurangan jika menggunakan oli samping Evalube Pro 2T adalah performa yang dihasilkan cenderung berbeda-beda tergantung pada jenis mesin. Jadi, meskipun menggunakan jenis oli yang sama, tetapi jika jenis mesinnya berbeda, maka performanya pun bisa berbeda.

Mengingat banyaknya pecinta motor 2T di Indonesia, maka mengulas oli samping yang pas termasuk hal yang penting. Nah, kelebihan dan kekurangan oli samping evalube pro 2T yang dijelaskan di atas bisa membantu pemilik kendaraan untuk menjaga kondisi mesin agar tetap bertenaga.

Harga Oli Samping Evalube Pro 2T

Harga oli samping Evalube Pro 2T bisa bervariasi tergantung dari lokasi dan penjualnya. Biasanya, harga oli tersebut berkisar antara Rp 31.000 hingga Rp116.000 per botol, tergantung ukuran dan kualitasnya. Pastikan untuk memeriksa harga terbaru di toko-toko perlengkapan otomotif terdekat atau melalui platform online untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Baca Juga:

error: