11 Kelebihan dan Kekurangan Oli Prima XP untuk Motor

Prima XP dikenal sebagai salah satu oli andalan yang diproduksi oleh Pertamina. Umumnya, oli ini dibuat untuk mobil, tetapi ternyata banyak pengguna sepeda motor yang juga menggunakannya. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan oli Prima XP untuk motor? Apakah worth it untuk digunakan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus membaca artikel ini secara keseluruhan. Dalam memproduksi oli ini, Pertamina sudah menjamin jika manfaatnya untuk kendaraan akan sangat bagus. Dengan jaminan tersebut, masyarakat pun banyak yang tertarik untuk menggunakan Prima XP.

Selain kualitasnya yang mampu bersaing dengan oli terbaik lainnya, kinerja Prima XP juga sudah dibuktikan oleh banyak pengguna. Mereka membeli dan menggunakan oli mesin ini pada kendaraan roda dua maupun roda empat yang memiliki spesifikasi mesin yang sesuai.

Kelebihan dan Kekurangan Oli Prima XP Untuk Motor

Keunggulan atau kelebihan yang dimiliki oli Prima XP membuat pengguna kendaraan selalu memilih pelumas ini. Akan tetapi, Anda juga harus mengetahui bahwa diantaranya semua keunggulan tersebut juga terdapat kelemahannya. Jadi, tidak hanya berfokus pada kelebihannya saja.

A. Kelebihan Oli Prima XP

Kelebihan Oli Prima XP

Menurut Pertamina, menggunakan oli Prima XP pada kendaraan memiliki banyak kelebihan. Selain membuat kondisi mesin menjadi lebih bagus, komponen yang ada di dalamnya pun bisa terlindungi dengan maksimal. Beberapa kelebihan dari oli Prima XP yang wajib diketahui, yaitu:

Baca Juga:  5 Kelebihan dan Kekurangan Oli Federal Matic 2024

1. Melindungi Mesin Secara Maksimal

Oli Prima XP dibuat dengan teknologi “Smart Shield. Teknologi ini mampu memberikan perlindungan yang optimal serta dapat membuat kinerja mesin menjadi lebih bagus. Smart Shield dirancang khusus untuk mengoptimalkan pelumasan dan mengurangi gesekan antar komponen mesin.

2. Memiliki Kekentalan Ganda yang Optimal

Berbeda dengan oli pada umumnya, Prima XP memiliki kekentalan yang ganda atau multi-grade. Oli ini dapat bekerja secara optimal dalam suhu apapun, baik tinggi maupun rendah. Jadi, mesin akan tetap terlindungi dan bisa bekerja dengan baik dalam berbagai kondisi operasional.

3. Didukung Sertifikasi yang Banyak

Keamanan sebuah oli atau pelumas adalah hal yang penting untuk diketahui sebelum akhirnya digunakan pada kendaraan. Untuk oli Prima XP motor, pelumas ini sudah melalui serangkaian pengujian dan dinyatakan memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan.

Beberapa sertifikasi yang dimiliki oleh oli Prima XP adalah CCMC (ACEA) GD/PD2, API Service Classification SJ/CD, sera VW 501.01/505.00. Dengan sertifikasi tersebut, konsumen akan lebih yakin jika Prima XP adalah pelumas yang aman dan cocok untuk berbagai jenis mesin.

4. Melindungi Mesin dari Endapan dan Degradasi

Fungsi oli sebagai pelumas mesin seringkali memicu terbentuknya endapan dan degradasi. Hal inilah yang menjadi fokus produksi Prima XP agar mampu memberikan perlindungan untuk mencegah terbentuknya endapan. Selain itu, oli ini juga tahan terhadap degradasi.

Kelebihan dan kekurangan oli Prima XP untuk motor ini dapat ditinjau dari tingkat penguapannya yang sangat kecil sehingga lebih hemat. Jadi, pelumas tersebut tidak hanya meningkatkan efisiensi mesin, tetapi juga dapat menjaga kebersihan serta memperpanjang usia penggunaannya.

Baca Juga:  5 Kelebihan dan Kekurangan Oli Castrol Terbaru 2024

5. Suara Mesin Menjadi Lebih Halus

Keunggulan lain dari oli Prima XP adalah mampu membuat suara mesin menjadi lebih halus. Tingkat kekentalan pelumas yang tinggi mampu melapisi semua komponen dengan baik sehingga meminimalisir terjadinya gesekan maupun suara yang timbul saat komponen bergerak.

6. Menjaga Stabilitas Mesin

Saat menghadapi kemacetan, kondisi mesin kendaraan seringkali menjadi tidak stabil. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan pelumas Prima XP. Oli ini dapat menjaga performa mesin agar tetap stabil meskipun berada di kondisi jalanan yang macet.

Kekentalan oli membuat pas untuk kondisi operasional yang berat, termasuk saat berada di kemacetan lalu lintas yang padat. Kemampuan Prima XP ini tentu sangat mendukung jika digunakan pada kendaraan yang setiap harinya beraktivitas di lalu lintas yang padat, seperti perkotaan.

7. Mencegah Terbentuknya Deposit

Menurut produsen, oli Prima XP dapat mencegah pembentukan deposit yang sering terjadi pada piston. Pelumas ini mampu menjaga kebersihan mesin secara keseluruhan sehingga dapat membantu memperpanjang umur mesin sekaligus meminimalisir akumulasi deposit.

8. Harga Relatif Terjangkau

Dengan segala kelebihan oli Prima XP untuk motor yang telah dijelaskan sebelumnya, harga dari pelumas ini ternyata cukup terjangkau. Anda bisa membelinya di pasaran dengan kisaran harga Rp40.000 per liter. Jadi, harga yang ekonomis tetapi kualitasnya mampu untuk bersaing.

B. Kekurangan Oli Prima XP

Kekurangan Oli Prima XP

Meskipun menggunakan oli Prima XP mendatangkan banyak keuntungan, tetapi pemilik kendaraan juga tidak bisa melewatkan kekurangannya. Faktanya, pelumas produksi pertamina ini diketahui kurang andal jika ditinjau dari sisi tertentu sesuai yang dijelaskan di bawah ini.

1. Dapat Membatalkan Garansi Mesin

Menggunakan oli Prima XP dapat membatalkan garansi mesin. Mengapa demikian? Karena pelumas ini tidak disarankan oleh produsen tertentu. Nah, jika penggunaannya tidak sesuai dengan rekomendasi pabrik dapat menimbulkan masalah pada performa maupun keandalan mesin.

Baca Juga:  6 Kelebihan dan Kekurangan Oli Federal Racing 2024

2. Menggunakan Mineral Murni

Harga yang murah dari Prima XP disebabkan karena bahan baku pelumas yang terbuat dari mineral murni. Sayangnya, kelemahan dari bahan baku tersebut adalah kinerja serta daya tahannya yang relatif rendah jika dibandingkan dengan oli semi sintetis dan oli sintetis.

3. Pelumasan Maksimal Hanya Pada RPM Tinggi

Berdasarkan review para pengguna, oli Prima XP dapat memberikan pelumasan yang maksimal saat mesin mencapai putaran yang tinggi atau RPM tinggi. Penyebabnya adalah karena viskositas akan tinggi pada suhu yang rendah sehingga aliran oli menjadi terpengaruh.

Beberapa kelebihan dan kekurangan oli prima XP untuk motor yang telah diuraikan akan menambah referensi konsumen terkait pelumas kendaraan. Selain teruji secara klinis, pelumas produksi pertamina ini juga terbuat dari mineral murni sehingga daya tahannya relatif rendah.

Harga Oli Prima XP

Harga Oli Prima XP untuk motor tergantung pada tempat Anda membelinya dan kapasitas kemasan yang Anda pilih. Berikut kisaran harganya per Mei 2024:

  • Oli Prima XP 1 liter: Rp 46.000 – Rp 94.000

Baca Juga:

error: