Tips Membeli Toyota Etios Valco Bekas

Tips Membeli Toyota Etios Valco Bekas – Kehadiran Etios Valco pada Maret tahun 2012 mengisi kekosongan Small Hatchback yang sebelumnya tidak disentuh oleh Toyota Indonesia. Diapit oleh Yaris dan Agya, Etios Valco mencoba untuk memberi opsi lain kepada konsumen.

PT. Toyota Astra Motor sebagai agen pemegang merek Toyota menghadirkan tiga varian yakni tipe J, G dan E. Penampilan eksteriornya boleh dikatan biasa saja, justru terlihat klasik, seperti lampu utama yang bulat besar. Bodinya pun terlihat besar untuk ukuran medium hathcback.

Tetapi untuk interiornya memang terasa spesial. Dasbornya terlihat rapih dan dinamis. Tata letak panelnya pun terlihat proporsional. Visibilitasnya juga terasa lapang karena letak instrumen yang berada di tengah (center fascia). Kesan elegan ditimbulkan dengan dominasi warna gelap di interior mulai dari dasbor hingga jok.

Kelebihan lainnya ialah suspensinya yang terasa empuk. Saya pernah mencobanya dan goncangannya terasa empuk didalam kabin. Busa jok yang tebal menambah kenyamanan dari Etios Valco.

Bermodalkan mesin 1.197 cc 4-silinder bertenaga 79 HP pada 5.600 rpm dan torsi 104 Nm pada 3.100 rpm cukup untuk membuat mobil ini berakselerasi. Sayangnya transmisi yang dihadirkan hanya tersedia manual dari semua varian tersebut.

Sejarah Toyota Etios Valco

2010 Debut dari Toyo­ta Etios terjadi pada tahun ini. Debutnya terjadi di India Auto Expo dengan pilihan konsep desain hatchback dan sedan. Saat itu Toyota mengklaim bahwa Etios konsep sedan akan dibekali meisn 1.500 cc bensin dan hatchback 1.200 cc bensin.

Baca Juga:  Perbandingan Mazda6 vs Toyota Camry vs Kia Optima

2012 Setelah India, To­yota meluncur­kan Etios di Brazil dan Afrika Selatan. Peluncuran tersebut semakin memper­jelas bahwa produk ini ditujukan untuk negara-negara berkembang. Tidak heran bila Indonesia menjadi negara berikutnya.

2013 PT Toyota As­tra Motor me­luncurkan Etios Valco denga tiga varian sekaligus. Tipe J sebagai yang termurah, E produk tengahnya dan G tipe teratas atau paling mahal. Kehadiran Etios Valco mengisi kelas diantara Yaris dan Agya.

2017 : Setelah setahun lebih terdengar kabar kurang mengenakkan, akhirnya Toyota memutuskan pemberhentian produksi karena target penjualan Etios Valco yang kalah banyak dibandingkan Yaris dan Agya.

Tips Membeli Toyota Etios Valco Bekas

Tips Membeli Toyota Etios Valco Bekas : Akselerasi

Bertenaga 79 HP pada 5.600 rpm dan torsi 104 Nm pada 3.100 rpm ternyata akselerasinya tidak terlalu baik. Saat jalanan menanjak terasa berat hingga harus menginjak pedal gas lebih dalam. Bahkan Agya yang berkapasitas lebih kecil cenderung lebih baik sebab bodinya lebih ringan. Ada baiknya Anda lakukan test drive di medan yang menanjak.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Toyota Soluna

Tips Membeli Toyota Etios Valco Bekas : Wiper Belakang

Seluruh varian Etios Valco dilengkapi wiper belakang. Tetapi kinerjanya ternyata tidak bagus karena belum berumur setahun sudah terdengar decit karet saat wiper diaktifkan. Pastikan Anda tidak perlu mengganti karet wiper

Tips Membeli Toyota Etios Valco Bekas : BBM

Pemakaian bahan bakar minyak dengan RON dibawah 92 mempunyai dampak pada kinerja mesin. Etios Valco telah mengadopsi teknologi modern sehingga Toyota Indonesia merekomendasikan untuk menggunakan bahan bakar tanpa timbal. Pastikan pemilik sebelumnya menggunakan BBM dengan RON minimal 90.

Tips Membeli Toyota Etios Valco Bekas : Eksterior

Diantara tiga hatchback yang dijual Toyota, Etios Valco salah satu hatchback yang mempunyai desain sederhana dan tidak terlalu menarik. Namun bagi Anda yang menyukai mobil bergaya klasik dengan lampu besar, bisa menjadi pilihan.

Tips Membeli Toyota Etios Valco Bekas : Service record

Meskipun rata-rata umur Etios Valco masih terbilang muda, tetapi tidak ada salahnya Anda cek catatan servis pemilik sebelumnya. Karena bila lalai melakukan servis rutin, ada kemungkinan kinerja mesin bermasalah dalam jangka panjang.

Tips Membeli Toyota Etios Valco Bekas : Transmisi

Bila tujuan Anda membeli mobil bekas untuk digunakan sehari-hari maka rasanya Etios Valco kurang cocok karena masih menggunakan transmisi manual. Namun bila untuk hobi modifikasi atau jalan-jalan di akhir pekan, mobil ini bisa jadi pilihan menarik.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Toyota Harrier Gen 2 XU30

Tips Memilih Toyota Etios Valco Bekas

Tiga tahun terakhir, populasi Etios Valco di pasar mobil bekas cenderung membludak. Salah satu keluhan pemilik mobil ini ialah tenaganya yang kurang ketika menanjak. Ini bisa disebabkan faktor pemakaian BBM yang tidak tepat. Namun bila pemilik sebelumnya konsisten menggunakan BBM dengan RON 92, ada kemungkinan akselerasi bisa lebih baik dan tidak perlu gas terlalu dalam. Selain itu keluhan kualitas wiper belakang yang cepat aus juga perlu diperhatikan oleh calon pembeli.

Diantara tiga varian yang tersedia, Jaldayat.com merekomendasikan Anda memilih tipe G. Tipe tertinggi ini mempunyai fitur yang paling lengkap khususnya untuk keamanan. Seperti fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan security system ciptaan Toyota. Meski perbedaan harganya mencapai Rp 10 juta dengan tipe E, tetapi cukup layak dimiliki. Baca juga :

Pilihan Hatchback Bekas Terbaik di Indonesia