Kelebihan dan Kekurangan Toyota Etios Valco

Review Spesifikasi Toyota Etios Valco – Small hatchback atau city car kian digemari. Murah, ringkas, kabin lapang, dan irit BBM, menjadi poin penting sehingga mobil ini cukup digemari oleh mereka yang tinggal di wilayah perkotaan yang sering dilanda macet.

Pada tahun 2013, Toyota pun meluncurkan Etios Valco sebagai produk unggulan baru untuk menduduki kasta di bawah Toyota Yaris yang berada dalam segmen hatchback medium size. Mobil ini diperkenalkan melalui tipe J, E, dan G yang disusul oleh varian TOM’S 2 tahun kemudian.

Toyota Etios Valco terlihat menawan dengan desain yang rapih, meski terkesan sederhana. Etios Valco juga memiliki desain yang sepertinya akan mudah diterima oleh lebih banyak konsumen di Indonesia.

Tak melupakan prinsip Toyota yang selalu merilis mobil dengan desain ‘berselera sejuta umat’, seperti Avanza, Innova, atau Rush, kini pun Etios Valco diracik berparas familiar, ketimbang hadir sebagai mobil yang benar-benar berpenampilan baru (baca: kurang familiar).

Sepintas Etios Valco memang mirip saudara tuanya (Yaris), terutama dari belakang dan samping. Ini wajar karena setiap manufaktur pasti memiliki bahasa desain yang menjadi ‘visual identity’. Namun, menurut Saya, paras Etios Valco lebih bagus ketimbang Yaris Bakpao.

Namun data di lapangan bercerita lain. Penjualan Etios Valco hanya berjaya pada tahun pertama dan perlahan turun setiap tahunnya. Hal ini disebabkan oleh adanya Toyota Agya, kembaran dari Daihatsu Ayla, di segmen city car LCGC yang dijual lebih murah, lebih irit, dan fiturnya hampir mendekati. Sehingga nama Etios Valco pun mulai tergerus.

Keadaan diperparah ketika Agya dijual melalui varian 1.2 liter dengan menggunakan mesin Dual VVTi yang dinilai lebih ekonomis dan lebih advance dalam mengurangi getaran. Maka dari itu, Toyota pun mengambil langkah untuk mempensiunkan Toyota Etios Valco pada akhir tahun 2017 silam.

Sejak diluncurkan pada tahun 2013, Toyota Etios mendapatkan perlawanan hebat dari beberapa kompetitornya seperti Honda Brio CBU, Nissan March, Suzuki Splash, Daihatsu Sirion, Hyundai Grand i10, Mitsubishi Mirage dan juga Kia Picanto.

Baca juga :

Keunggulan dan Kelemahan Toyota Etios Valco

Review Spesifikasi Toyota Etios Valco

Berikut beberapa informasi penting mengenai Review Spesifikasi Toyota Etios Valco di Indonesia yang beredar sejak tahun 2013 hingga akhir 2017.

Review Spesifikasi Toyota Etios Valco : Eksterior

Pada bagian luarnya, Etios Valco membawa desain yang cukup berbeda jauh dari produk Toyota lainnya. Sebagian menganggap proposional untuk sekelas city car dan ada sebagian besar lain mencibirnya karena dianggap jelek.

Mungkin inilah alasan mengapa para calon konsumen enggan memilih Etios Valco sebagai alat transportasi harian karena masih banyak kompetitor lain yang memiliki desain yang jauh lebih baik.

Untuk bagian depan, desain Etios Valco tampak agresif berkat penggunaan bumper lips dengan mengedepankan sudut tajam. Grill yang digunakan berupa garis-garis melengkung dengan karakter tegas yang membatasi kedua lampu utama. Sedangkan kedua lampu utamanya memiliki desain elegan yang disambung oleh garis body tegas mengarah ke bagian belakang.

Review Spesifikasi Toyota Etios Valco
Eksterior Toyota Etios Valco Tampak Depan

Untuk bagian samping, Etios Valco tampak hampir menyerupai Toyota Yaris versi Eropa yang tak masuk ke kawasan Asia. Mobil ini memiliki ukuran kaca samping yang jauh lebih besar dari Agya sehingga visibilitas ke arah luar menjadi lebih baik. Namun sayang, garis potongan pintu depan tampak monoton, jauh dari kesan sporty.

Review Spesifikasi Toyota Etios Valco
Eksterior Toyota Etios Valco Tampak Samping

Beralih ke bagian belakang, mungkin disinilah mengapa Etios Valco dianggap jelek. Ia menggunakan kaca belakang dengan garis lurus pada bagian bawah. Ditambah lagi oleh desain stoplamp nyeleneh yang jauh dari kesan modern layaknya mobil jaman sekarang.

Review Spesifikasi Toyota Etios Valco
Eksterior Toyota Etios Valco Tampak Belakang

Review Spesifikasi Toyota Etios Valco : Interior

Beranjak ke dalam kabin, Anda akan disambut oleh nuansa mistis karena seluruh komponen menggunakan warna hitam gelap tanpa adanya aksen warna lain kecuali silver pada setir. Desain dashboardnya juga jelek.

Yang menjadi nilai lebih untuk interior Etios hanya ada pada bagian setir karena sudah dilengkapi oleh audio switch control, dan itupun hanya ada pada tipe G. Sementara tipe di bawahnya tidak memiliki fitur tersebut dan desain setirnya pun tampak monoton.

Namun sayang, head unit bawaan belum mendukung AUX dan USB. Beberapa fitur lainnya yang ikut melengkapi Etios Valco adalah Dual Airbag, ABS plus EPS dan lagi-lagi hanya ada pada tipe G dan TOM’S. Lalu bagaimana dengan dashboardnya? Dapat Anda sendiri pada foto berikut ini. Silakan berikan pendapat sendiri.

Review Spesifikasi Toyota Etios Valco
Interior Toyota Etios Valco Tampak Dashboard

Untuk daya tampung, akomodasi, dan kelegaan kabin, memang tak bisa dipungkiri Etios sangat lapang. Bisa dikatakan, kabin Etios memiliki space terbesar di kelasnya dengan tempat penyimpanan yang melimpah. Sekilas tampak seperti Yaris model lama.

Review Spesifikasi Toyota Etios Valco
Interior Kabin Penumpang Belakang Toyota Etios Valco

Sedangkan kapasitas bagasi hampir menyerupai Honda Jazz GD3, sedikit lebih besar dari adiknya. Bisa dikatakan, inilah satu-satunya poin keunggulan Etios Valco dibandingkan Toyota Agya.

Review Spesifikasi Toyota Etios Valco
Interior Toyota Etios Valco Tampak Bagasi

Review Spesifikasi Toyota Etios Valco : Performa Mesin

Di balik kap mesin, Etios dianugrahi oleh dapur pacu 4 silinder 16 katup DOHC tanpa VVTi berkapasitas 1.2 liter (1.200cc) dengan kode 3NR-FE. Sayangnya, mesin ini masih kalah irit dibandingkan mesin Agya 1.2 yang berkode 3NR-VE dengan dual VVTi. Mesin milik Etios Valco sendiri mampu memuntahkan tenaga maksimum sebesar 80 HP pada putaran 5.600 RPM dan torsi puncak sebesar 104 Nm pada 3.100 RPM.

Tenaga dan torsi yang cukup untuk sebuah mobil kutu yang penggunaannya lebih didasarkan sebagai tunggangan dalam kota. Karakter mesin yang agresif juga membuat pengemudi nyaman dalam kondisi stop and go.

Review Spesifikasi Toyota Etios Valco
Foto Mesin Toyota Etios Valco

Review Spesifikasi Toyota Etios Valco : Impresi dan Handling

Impresi awal ketika duduk di kursi pengemudi Etios Valco terasa cukup nyaman. Nyalakan kunci kontak lalu tes kopling sebelum melesat. Rasanya, kopling ini terasa terlalu ringan dan akan menyusahkan karena ketika jalan di putaran rendah karena kopling akan bergetar.

Selain itu, posisi kopling dan pedal rem juga terlalu dekat. Bagi pengguna yang berkaki besar harus ekstra berhati-hati dalam hal ini.

Dari segi performa, Etios Valco cukup memadai. Mobil ini tidak bisa dibilang lambat, walau belum juga boleh dikatakan cepat. Saya katakan ‘cukup memadai’ karena disesuaikan dengan peruntukannya, yakni mobil yang lebih banyak dipakai berkelana di dalam kota, atau ke kota-kota lain yang terdekat.

Dan perlu dicatat bahwa mobil ini memainkan putaran mesin menengah dan atas dengan baik. Putaran mesih masih terasa halus dan suaranya tidak menjadi kasar. Artinya, putaran 3.000—6.000 rpm memang merupakan “habitat” dari mesin Etios Valco.

Hal lain yang menjadi kekuatan pada sektor ini adalah hadirnya EPS (Electric Power Steering) yang dipadu dengan sistem keamanan ABS, EBD dan juga BA. Feedback setirnya benar-benar pas. Jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Hyundai i10 (bukan Grand i10) yang juga dibekali fitur serupa. Ayunan suspensi nya juga cukup lembut sehingga kenyamanan pengemudi dan penumpang akan tetap terjaga.

Spesifikasi Toyota Etios Valco

  • Mesin : 3NR-FE 1.2 liter (1.200cc).
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup DOHC.
  • Tenaga : 80 HP @5.600 RPM.
  • Torsi : 104 Nm @3.100 RPM.
  • Bore x stroke : 72.5 mm x 72.5 mm.
  • Rasio kompresi : 11.5:1.
  • Konsumsi BBM : 13-15 km/L (dalam kota) ; 17-22 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Manual 5 percepatan.
  • Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang torsion beam axle.
  • Rival : Honda Brio 1.2, Nissan March, Suzuki Splash, Daihatsu Sirion, Hyundai i20, Mitsubishi Mirage.
    Tahun Penjualan : 2013 – 2017.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Etios Valco

Berikut beberapa informasi penting mengenai Kelebihan dan Kekurangan Toyota Etios Valco di Indonesia yang dijual dari tahun 2013 hingga 2017.

Keunggulan Toyota Etios Valco

  • Toyota.
  • Sparepart mudah dan murah.
  • Model stylish.
  • Ruang kabin lega dan luas.
  • Jok lumayan empuk.
  • Feedback setir cukup bagus.
  • Relatif nyaman.
  • Kelengkapan fitur sesuai dengan harganya.
  • Tersedia fitur keselematan seperti ABS, EBD, BA dan airbag.

Kelemahan Toyota Etios Valco

  • Kabin kurang kedap.
  • Interior jelek.
  • Kualitas audio rendah.
  • Finishing interior sangat buruk.
  • Letak speedometer di tengah dashboard.
  • Kopling terlalu enteng.
  • Tidak ada pilihan transmisi otomatis.

Demikian beberapa informasi penting mengenai Kelebihan dan Kekurangan Toyota Etios Valco di Indonesia yang dijual dari tahun 2013 hingga 2017. Intinya, mobil jelek ini hanya layak dipinang bagi Anda yang mengedepankan jaringan 3S Toyota. Namun jika ingin tampil stylish, silakan pilih merk sebelah, karena kompetitor di kelas yang sama sudah cukup banyak. Baca juga:

Rekomendasi City Car di Bawah 100 Jutaan Terbaik

Incoming search terms:

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Etios Valco

Review Spesifikasi Toyota Etios Valco - Small hatchback atau city car kian digemari. Murah, ringkas, kabin lapang, dan irit BBM, menjadi poin penting sehin

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!