Pilihan Mobil Tinggi Anti Banjir Terbaik di Indonesia

Pilihan Mobil Tinggi Anti Banjir Terbaik di Indonesia – Suka atau tidak harus diakui kalau saluran pembuangan air di kota-kota besar Indonesia belum seluruhnya memadai. Di beberapa tempat, khususnya Jakarta, sangat mudah terjadi genangan air bila terkena hujan deras.

Tidak ada satupun pabrikan mobil yang merekomendasi kendaraannya untuk melibas banjir. Tapi ketika melaju di jalan perkotaan, kadang tak bisa dihindari kita harus menerjang genangan air. Semakin tinggi ground clearance mobil kita, maka risiko kerusakan yang terjadi akan semakin kecil.

Melihat saat ini cuaca tidak menentu, kami pun menyodorkan beberapa pilihan mobil bekas de­ngan ground clearance atau saluran masuk udara mesin tinggi. Tapi harap diingat, bila bisa dihindari sebaiknya jangan menerjang banjir. Apalagi kerusakan akibat menerjang banjir dengan sengaja tidak akan diganti oleh pihak asuransi.

Setidaknya mobil-mobil ini bisa lebih tangguh menghadapi banjir ketimbang mobil rendah.

Pilihan Mobil Tinggi Anti Banjir Terbaik di Indonesia

Berikut beberapa informasi menarik Pilihan Mobil Tinggi Anti Banjir Terbaik di Indonesia yang patut Anda pertimbangan sebagai sarana transportasi harian.

Pilihan Mobil Tinggi Anti Banjir Terbaik di Indonesia
Pilihan Mobil Tinggi Anti Banjir Terbaik di Indonesia

Toyota Fortuner 2.5 Diesel

Tahun :  2008 – 2011
Mesin : 2.494 cc 4 silinder, 102 HP

Posisi Mobil Tinggi Anti Banjir diisi oleh Fortuner Gen 1. SUV berbasis sama dengan Kijang Innova ini termasuk paling mahal di kelasnya. Wajar saja karena tampilannya memang begitu gagah dan pantas menjadi SUV kelas di atasnya, Sudah begitu, ketangguhannya hebat berkat ground clearance sangat tinggi. Mesin diesel yang diusungnya juga memberi konsumsi BBM irit dengan hanya diisi Solar biasa.

Meski kurang asyik diken­darai sendiri, Fortuner memiliki kabin cukup lega. Mobil ini layak dimiliki keluarga yang cukup mapan yang tak mementingkan performa. Itu karena tenaga dan torsi mesinnya terasa kurang cukup untuk bodi sebesar ini. Namun berita baiknya, saat bosan Anda akan sangat mudah menjual SUV populer ini.

Keunggulan Toyota Fortuner 2.5 Diesel : Kabin lega, tampilan gagah, kualitas, konsumsi BBM
Kelemahan Toyota Fortuner 2.5 Diesel : Interior kurang menarik, akselerasi lemah, harga tinggi

Toyota Kijang Innova Gen 1

Tahun : 2008 – 2009
Mesin : 1.998 cc 4 silinder, 136 HP

Kijang adalah legenda bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dan itu dicapainya bukan tanpa alasan. Terutama dari kemampuannya mengakomodasi penumpang dan barang. Innova mampu memberikan kabin lega bagi pengemudi dan penumpang.

Kenyamanannya pun jempolan berkat AC dingin dan suspensi yang empuk, meski dibayar oleh sedikit gejala limbung ketika bermanuver. Dan karena merupakan ‘hot item’, sangat mudah untuk merawat Kijang Innova atau menjualnya kembali.

Keunggulan Toyota Kijang Innova Gen 1 : Kelegaan interior, varian berlimpah, perawatan mudah, bantingan suspensi
Kelemahan Toyota Kijang Innova Gen 1 : Konsumsi BBM, performa, desain eksterior

Suzuki SX4 Crossover

Tahun : 2007 – 2010
Mesin : 1.490 cc 4 silinder, 100 HP

Soal fitur, Suzuki SX4 boleh berbangga hati. Ia dilengkapi ABS+EBD dan kantung udara. Kontrol audio juga sudah tersedia di lingkar kemudi. Pun begitu dengan modelnya yang terlihat menarik. Benar-benar sempurna menggabungkan karakter SUV dengan hatchback.

Tapi visibilitas mengemudi agak terganggu gara-gara pilar A yang tebal dan landai. Ini menjadi masalah ketika bermanuver. Bagasinya pun terbatas. Jadi kendala ketika ia dibawa bertualang yang membutuhkan banyak logistik.

Keunggulan Suzuki SX4 Crossover : Fitur, kepraktisan, kualitas interior, karakter suspensi
Kelemahan Suzuki SX4 Crossover : Desain pilar A, bangku belakang tegak, bagasi sempit

Ford Ranger TDCi D-Cab

Tahun:  2007 – 2009
Mesin : 2.499 cc 4 silinder, 109 HP

Ford Ranger merupakan penggebrak pasar D-Cab di Tanah Air. Citra merek Ford yang tinggi serta harga menarik membuatnya jadi pilihan eksekutif yang ingin tampil beda, sekaligus juga favorit para pengusaha untuk armada perkebunan atau pertambangan mereka.

Ada banyak varian yang bisa Anda pilih dari Ranger dan semuanya dibekali dengan mesin tangguh. Varian terlaris adalah bermesin 2.499 cc turbo diesel. Torsinya sudah cukup besar untuk membawa beban dan konsumsi BBM-nya berkisar 10,5 km/liter di rute kombinasi. Sedangkan untuk yang menginginkan tenaga lebih badak, tersedia juga varian bermesin 2.900 cc. Harga juga tidak terlalu mahal, namun mencarinya agak sulit karena unit ini tidak terjual banyak.

Keunggulan Ford Ranger TDCi D-Cab : Varian berlimpah, mesin kuat, mudah dijual lagi, banyak aksesoris
Kelemahan Ford Ranger TDCi D-Cab : Interior sederhana, daya angkut minim, fitur minim

Mitsubishi Strada Triton

Tahun : 2008
Mesin : 2.500 cc 4 si­linder, 136 HP

Dari hasil tes Saya, Strada Triton memiliki kemampuan off-road yang hebat, apalagi didukung ground clearance tinggi. Lantas, bentuknya yang modern menjadi nilai lebih bagi kebanggaan Anda membawanya sehari-hari. Di dalamnya nuansa modern terus berlanjut. Tersedia layar LCD digital di tengah dasbor yang menginformasikan data kendaraan layak­nya on-board computer. Posisi mengemudinya juga baik dan kualitas material lebih dari yang Anda harap dari sebuah D-Cab.

Sayang, meski tergolong nyaman, suspensi milik Strada Triton cenderung limbung. Dan ketika hendak melalui medan off-road, Anda mesti memindahkan tuas transfer secara manual, bukan dengan tombol elektronik seperti sebagian rivalnya.

Keunggulan Mitsubishi Strada Triton : Bentuk bodi modern, performa off-road, konsumsi BBM, posisi mengemudi
Kelemahan Mitsubishi Strada Triton : Agak limbung, tuas 4WD manual, ada KIR

Suzuki Neo Baleno

Tahun : 2008 – 2009
Mesin : 1.490 cc 4 silinder, 100 HP

Meski seperti SX4 yang diberi tambahan bagasi, namun yakinlah bahwa ia sebuah sedan sejati. Kelengkapan fitur seperti rem ABS dan kantung udara ada padanya. Namun keunggulannya berada di sektor audio. Paduan speaker dan tweeternya melantunkan kualitas audio yang di atas rata-rata.

Ground clearance 165 mm memang yang terendah disini, namun menjadi yang tertinggi di kelas sedan. Berarti, ia adalah sebuah sedan tangguh yang lebih andal melibas banjir. Sesuatu yang tidak dimiliki kompetitor sekelasnya.

Keunggulan Suzuki Neo Baleno : Kenyamanan sedan, fitur lengkap, kualitas audio, ground clearance
Kelemahan Suzuki Neo Baleno : Pilar A tebal, desain eksterior, tenaga minim

Daihatsu Terios Gen 1

Tahun : 2007 – 2010
Mesin: 1.495 cc 4 silinder, 109 HP

Soal tenaga mungkin ia tidak berlebihan, apalagi untuk menghela bodi besar plus 7 penumpang. Namun mesinnya mudah dirawat dan fiturnya cukup lengkap. Bagusnya, ia tidak dihargai semahal saudara kembarnya yang berbeda merek dan membuatnya menjadi cukup memiliki value for money.

Ground clearance tinggi tidak hanya memberikan kesan gagah, namun membuatnya perkasa di jalan semi off-road. Namun memang, material interior bukanlah yang terbaik bahkan terkesan biasa saja. Untuk di jalan tol, rasio gigi yang besar membuat putaran mesin berada di putaran tinggi. Namun untuk jalan perkotaan mobil ini cukup menyenangkan.

Keunggulan Daihatsu Terios : Perawatan mudah, value for money, model menarik
Kelemahan Daihatsu Terios : Material interior, kualitas bantingan, rasio gigi

Daihatsu Luxio

Tahun : 2008 – 2011
Mesin : 1.495 cc 4 silinder, 97 HP

Posisi Mobil Tinggi Anti Banjir di duduki oleh Luxio. Luxio unggul jauh diban­ding yang lain di soal kelegaan kabin. Dari baris depan hingga paling belakang dapat duduk nyaman tanpa berdesakan. Suspensinya juga lembut dan membuai seluruh penumpang. Sistem pintu geser membuat akses ke kabin sangat memadai.

Namun tampilan luarnya tidak begitu menggembirakan. Memang lebih mewah dibanding saudara kandungnya, Gran Max, namun bagi sebagian orang model boxy-tetap kurang manis.

Keunggulan Daihatsu Luxio : Kabin sangat lega, bantingan empuk, pintu geser, harga
Kelemahan Daihatsu Luxio : Tampilan, performa biasa saja, kebisingan mesin

Demikian beberapa informasi menarik Pilihan Mobil Tinggi Anti Banjir Terbaik di Indonesia yang patut Anda pertimbangan sebagai sarana transportasi harian bersama keluarga besar. Baca juga:

Rekomendasi SUV Tangguh di Bawah 150 Juta

Incoming search terms:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!