Pilihan Mobil dengan Ground Clearance Tinggi

Pilihan Mobil dengan Ground Clearance Tinggi di Indonesia – Mobil dengan rancang bangun kaki-kaki lebih tinggi bisa dikatakan lebih menguntungkan. Untuk kebanyakan kondisi jalan seperti negara kita yang kerap tergenang air ataupun berlubang, mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) dan Double Cabin bisa dikatakan pilihan paling logis. Apalagi adanya polisi tidur yang suka menjadi kendala ketika memasuki di beberapa area cluster perumahan.

Dua jenis kendaraan tersebut tentu bukan kesukaan untuk beberapa orang. Namun, karena APM terus mempelajari permintaan pasar akan kendaraan, kondisi dan iklim Indonesia, sekarang pilihan menjadi lebih beragam. Sebut saja seperti MPV dan Crossover bisa jadi alternatif lain.

Saya menggolongkan mobil berkaki jenjang itu adalah mereka yang memiliki ground clearance tinggi minimal 170 mm. Sehingga juga lebih fleksibel untuk diajak untuk melintasi medan light off-road bila diperlukan demi kesenangan pribadi.

Pilihan Mobil dengan Ground Clearance Tinggi

Berikut beberapa informasi penting mengenai Pilihan Mobil dengan Ground Clearance Tinggi di Indonesia yang patut Anda jadikan sebagai target ke depannya.

Pilihan Mobil dengan Ground Clearance Tinggi
Pilihan Mobil dengan Ground Clearance Tinggi

Mitsubishi Pajero Exceed 4×4 A/T

Tahun : 2011 – 2013
Mesin : 2.477 cc 4-silinder turbodiesel, 136 HP
Ground clearance : 215 mm

Posisi pertama Mobil dengan Ground Clearance Tinggi tentunya diisi oleh SUV, yaitu Pajero Sport. Mitsubishi Pajero juga menjadi salah satu primadona di kelasnya. Berbodi besar membuat ia terlihat gagah dan tangguh untuk berbagai kondisi jalan di Inonesia. Apalagi Mitsubishi melengkapinya dengan varian penggerak 4×4 yang efektif untuk diajak ke medan off-road.

Antara pengendalian stabil dibarengi mesin bertenaga tentu membuat Mitsubishi Pajero asyik untuk dikendarai. Hanya saja dengan tubuh besar tanpa adanya sensor parkir agak merepotkan ketika ingin parkir mundur. Kemudian soal biaya perawatan untuk penggantian beberapa jenis suku cadang harus dibanderol dengan harga yang relatif cukup mahal.

Keunggulan Mitsubishi Pajero Exceed 4×4 A/T : Model gagah, tenaga mesin, fun to drive
Kelemhahan Mitsubishi Pajero Exceed 4×4 A/T : Biaya perawatan tergolong mahal, belum ada sensor parkir

Toyota Hilux D-Cab

Tahun : 2013
Mesin : 2.494 cc 4-silinder turbo diesel, 144 HP
Ground Clearance : 212 mm

Salah satu kendaraan yang paling pas diajak berpergian kemana saja jika Anda penyuka sebuah petualangan. Dengan daya jelajah cukup tinggi, Hilux bisa diandalkan ketika harus melintasi jalan off-road sekalipun. Ia sudah memiliki mode penggerak roda 4×4.

Tidak dipungkiri kalau model terbarunya memiliki desain yang modern, tapi generasi ini tetap terlihat gagah dan sporti berkat ber-ground clearance tinggi 212 mm serta hadirnya airscoope pada kap mesin Hilux.

Karakter suspensi Hilux yang terasa rigid saat melintas jalan aspal tidak bisa dibilang buruk. Hal itu justru memberikan nilai positif karena traksi lebih mumpuni saat berjalan di medan off-road. Ruang kabin cukup baik, selain itu posisi sandaran bangku baris kedua yang tidak terlalu tegak membuat posisi duduk penumpang lebih santai.

Keunggulan Toyota Hilux D-Cab : Daya jelajah, tenaga, model sporti
Kelemahan Toyota Hilux D-Cab : Bantingan suspensi, sudah berganti model

Mazda CX-5 Grand Touring

Tahun : 2012 – 2014
Mesin : 2.488 cc 4-silinder, 187 HP
Ground clearance : 215 mm

Pertama kali diluncurkan dengan mengusung Kodo Design, Mazda CX-5 cukup terlihat atraktif. Bukan hanya itu saja, daya tarik yang paling menonjol adalah pada teknologi mesin SKYACTIV. Selain bertenaga, dapur pacunya juga efesien dalam mengkonsumsi bahan bakar.

Soal fitur tergolong langkap, ia tak kalah canggih seperti kebanyakan mobil Eropa yang identik dengan itu. Sebut saja seperti sunroof, cruise control, kamera parkir, jok elektris dan climate control sudah tersedia. Kerja suspensi kakunya menjadikan SUV andalan Mazda ini menjadi fun to drive dengan pengendalian yang stabil dan presisi.

Keunggulan Mazda CX-5 Grand Touring : Konsumsi BBM, fitur, fun to drive
Kelemahan Mazda CX-5 Grand Touring: Bantingan suspensi, lampu DRL belum LED

Suzuki SX4 X-Over

Tahun : 2011 – 2013
Mesin: 1.490 cc 4-silinder, 109 HP
Ground Clearance : 175 mm

Memiliki dimensi tidak berbeda jauh dengan hatchback, SX-4 bisa dibilang paling pas untuk jalanan perkotaan dibandingkan kontestan lain kali ini. Ia lebih praktis mengambil celah saat macet. Tapi dengan keunggulan ground clearance lebih tinggi ketimbang hatchback, tentu ia bisa Anda andalkan ketika harus melibas jalan bermedan light off-road.

Salah satu yang sedikit menjadi ganjalan terdapat pada pilar A. Jangkauan pandangan ketika harus menikung ke kanan cukup terganggu. Namun hal postifnya posisi duduk mengemudi SX-4 cukup ergonomis. Lain dari itu di kemudi setir sudah dilengkapi tombol audio sebagai pengaturan perangkat hiburan agar lebih praktis dan aman.

Keunggulan Suzuki SX4 X-Over  : Dimensi kompak, fitur, posisi mengemudi ergonomis
Kelemahan Suzuki SX4 X-Over : Visibilitas, performa mesin

Daihatsu Xenia R Attivo

Tahun : 2012 – 2013
Mesin : 1.298 cc 4-silinder, 92 HP
Ground Clearance : 220 mm

Salah satu mobil yang paling banyak dicari pasar. Mampu mengakomodir penumpang hingga 7-orang masih menjadi alasan konsumen mengincar Xenia. Tidak hanya itu, ketersedian suku cadang yang mudah didapat serta jaringan servis yang luas menjadi nilai tambah dalam hal perawatan.

Sayang, meski dibuat dengan model yang hampir tidak bedanya dengan Toyota Avanza, Daihatsu tidak menambahkan varian mesin 1.5 liter yang lebih bertenaga. Namun, jika tidak menjadi persoalan, mesin 1.3 liternya cukup mumpuni dibarengi dengan konsumsi BBM yang termasuk efesien.

Karena populasi Daihatsu mudah ditemui dipasar mobil bekas tentu tidak sulit untuk mencari mobil ini di kondisi terbaik.

Keunggulan Daihatsu Xenia R Attivo : Populasi, konsumsi BBM, akomodasi
Kelemahan Daihatsu Xenia R Attivo : Tenaga mesin, tidak ada varian mesin 1.500 cc

Hyundai H-1 CRDi XG

Tahun : 2011 – 2013
Mesin : 2.497 cc 4-silinder turbo, 168 HP
Ground Clearance : 190 mm

Karena bertubuh besar dan panjang, H-1 memiliki ruang kabin yang lega hingga bangku baris paling belakang. Anda bisa duduk santai karena gerak kaki lebih leluasa. Sehingga perjalanan dengan jarak dan waktu yang cukup panjang menjadi tidak terasa cepat jenuh.

Berkonfigurasi tiga baris bangku penumpang, sedikitnya H-1 bisa menampung penumpang hingga sembilan orang termasuk sang pengemudi. Sehingga cocok bagi Anda yang memiliki anggota keluarga lebih dari lima orang dan suka melakukan mudik lebaran atau plesiran.

Bukan hanya itu saja, mesin dieselnya juga bertenaga dan bisa diandalkan ketika harus melewati jalan menanjak. Hanya saja citra Hyundai sebagai mobil Korea dimata konsumen Tanah Air belum terlalu kuat dibandingkan rivalnya.

Hyundai H-1 CRDi XG : Akomodasi, tenaga mesin, kepraktisan
Hyundai H-1 CRDi XG : Citra, limbung, pintu geser belum elektris

Nissan Juke

Tahun : 2011 – 2013
Mesin : 1.498 cc 4-silinder, 114 HP
Ground Clearance : 170 mm

Desain Nissan Juke memang bukan kesukaan banyak orang, tapi dengan kaki-kaki tinggi dipadukan pelek berukuran ring 17 inci membuat Crossover Nissan memiliki sisi sporti.

Ketika diajak berakselerasi perpindahan gigi Nissan Juke begitu halus karena sudah menggunakan teknologi CVT. Pengendalian yang mumpuni juga kian menambah rasa fun to drive ketika mengendarainya.

Kemudian perangkat hiburan yang mampu terkoneksi dengan internet lengkap dengan fitur browser, menjadi sarana yang cukup ampuh untuk mengusir rasa bosan datang.

Keunggulan Nissan Juke : Pengendalian, karakter mesin,perangkat hiburan
Kelemahan Nissan Juke : Bantingan suspensi, model, kabin terbatas

Jeep Wrangler Rubicon CRD

Tahun : 2011
Mesin : 2.777 cc 4-silinder turbodisel, 174 HP
Ground Clearance : 223 mm

Jeep Wrangler bisa dibilang model Jeep paling ikonik karena model headlamp bulatnya tetap dipertahankan hingga sekarang. Atap kanvas yang bisa dibuka pun makin memperkuat citranya sebagai mobil berdaya jelajah tinggi.

Tidak dirancang untuk perjalanan jauh dan kebanyakan dijadikan sebagai mobil hobi, rasanya wajar jika bangku baris keduanya kurang nyaman diduduki. Legroom baris kedua tidak terlalu lapang. Ketika mode penggerak empat roda aktif, Anda akan lebih percaya diri saat melintasi medan off-road. Mesin diesel yang dimilikinya bertenaga dan cukup halus ketika dihidupkan.

Keunggulan Jeep Wrangler Rubicon CRD : Kemampuan off-road, gengsi, tenaga besar
Kelemahan Jeep Wrangler Rubicon CRD : Konsumsi BBM, legroom baris kedua terbatas, harga

Demikian beberapa informasi penting mengenai Pilihan Mobil dengan Ground Clearance Tinggi di Indonesia yang patut Anda jadikan sebagai target ke depannya. Baca juga:

Rekomendasi Mobil Tinggi Anti Banjir Terbaik di Indonesia

Incoming search terms:

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!