Perbedaan CDI Moric dan 5TL Pada Sepeda Motor


Jaldayat.com – Sebuah kendaraan terdiri dari berbagai komponen yang membuatnya dapat beroperasi dengan baik. Salah satu komponen penting dalam kendaraan yaitu Capasitor Discharge Ignition (CDI). Nah, dalam artikel ini akan dibahas secara khusus perbedaan CDI Moric dan 5TL pada kendaraan bermotor.

Umumnya, CDI alat yang berperan untuk menghasilkan pembakaran sempurna pada mesin, baik pada mobil maupun motor. Pembakaran tersebut terjadi karena adanya percikan api yang dihasilkan dari busi melalui CDI. Bentuk alat ini tergolong simpel sehingga tidak akan mengambil banyak ruang.

Apalagi pada kendaraan bermotor yang bentuknya lebih praktis, meskipun ukuran CDI sangat kecil tetapi bisa berfungsi secara maksimal. Namun, jenis CDI juga bermacam-macam, sehingga penting bagi pemilik kendaraan untuk mengenal dan mampu membedakannya antara satu sama lain.

Perbedaan CDI Moric dan 5TL

Untuk mengetahui perbedaan antara CDI Moric dengan 5TL dapat dilihat dengan mudah pada Yamaha Fino Thailand. Jenis CDI yang digunakan akan mempengaruhi kinerja atau performa kendaraan. Bagi Anda yang masih belum memahami perbedaan antara kedua CDI tersebut, perhatikan uraian berikut.

CDI Moric

Meskipun CDI Moric identik digunakan pada Yamaha Fino Thailand, tetapi alat ini juga bisa dipasang pada kendaraan bermotor lain. Jadi, penggunaannya tidak terbatas pada satu jenis kendaraan saja, melainkan kendaraan lain yang sejenis. Adapun karakteristik dari CDI Moric 5VV, diantaranya:

Baca Juga:  Kekurangan Kaca Film Gelap, Jangan Asal Pasang!

1. Tidak Terbatas (No Limit)

CDI Moric tidak memiliki batasan atau limit. Oleh karena itu, komponen kendaraan ini memungkinkan mesin untuk mencapai putaran yang jauh lebih tinggi tanpa adanya pembatasan elektronik. Dengan begitu, motor Anda dapat beroperasi dengan performa yang maksimal.

2. Adaptasi Secara Otomatis

Keunggulan yang dimiliki oleh CDI Moric 5VV adalah dapat beradaptasi secara otomatis. Komponen ini dapat menyesuaikan antara kondisi mesin dengan karburator setelah keduanya diatur. Artinya, Anda tidak perlu repot untuk mengatur CDI kembali agar pas dengan karburator atau kondisi mesin.

3. Pengaturan Tanpa Laptop

Melakukan pengaturan atau setting pada CDI Moric 5VV juga tidak membutuhkan laptop. Hal inilah yang menjadi kelebihan CDI Moric karena pemasangannya tergolong mudah. Jadi, Anda akan terhindar dari masalah pengaturan yang rumit atau mencari perangkat lain seperti laptop.

4. Kurva Timing Rata

CDI Moric 5VV memiliki kurva timing yang rata, sehingga respon pengapian yang dihasilkan akan stabil sepanjang rentang putaran mesin. Dengan begitu, performa kendaraan saat beroperasi juga akan stabil dan meminimalisir munculnya masalah pada mesin atau komponen penting lainnya.

5. Pas Untuk Drag Bike

Para pecinta sepeda motor tentu tidak asing lagi dengan ajang kejuaraan drag bike. Kompetisi tersebut dikenal sebagai lomba mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi dalam sebuah lintasan tertutup. Nah, CDI Moric dirancang khusus untuk ajang drag bike.

Umumnya, kejuaraan yang kendaraannya menggunakan komponen ini adalah kelas matic hingga FFA (Free for All). Para pemilik kendaraan biasanya memiliki kebebasan untuk melakukan berbagai modifikasi terhadap sepeda motornya masing-masing, termasuk menggunakan CDI Moric.

Baca Juga:  Mobil Hilang di Area Parkir, Siapa yang Tanggung Jawab?

6. Kode CDI

Capasitor Discharge Ignition atau CDI Moric diproduksi di Thailand yang kompatibel dengan sepeda motor Yamaha Fino serta beberapa model lainnya. Kode produksinya adalah 5VV Moric dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan saat dipasang di sepeda motor tertentu.

7. Harga

Sebagai salah satu komponen yang penting dalam kendaraan, CDI tentu dibuat dalam berbagai jenis, ukuran, maupun harga. Khusus untuk CDI Moric 5VV, diperjualbelikan di pasaran dengan kisaran harga Rp550.000 per buah. Harga tersebut tentu sebanding dengan kualitas CDI Moric.

CDI 5TL

CDI 5TL

Untuk memahami perbedaan CDI Moric dan 5TL, Anda harus mengetahui karakteristik keduanya. Setelah uraian tentang CDI Moric 5VV diatas, selanjutnya akan dibahas tentang 5TL yang kualitasnya tidak kalah bagus pada sepeda motor. Adapun keunggulan dari CDI 5TL dijelaskan pada uraian berikut.

1. Tidak Terbatas

Sama halnya dengan CDI Moric 5VV, 5TL juga tidak memiliki pembatasan. Hal ini akan memungkinkan mesin untuk melakukan perputaran tanpa dibatasi. Perputaran tidak terbatas tersebut menyebabkan kendaraan menjadi lebih bertenaga untuk melaju dengan kencang.

2. Performanya Meningkat

Sepeda motor yang menggunakan CDI 5TL akan meningkatkan performa kendaraan. Mesin yang telah dibore-up atau ditune-up akan mengalami peningkatan torsi maupun power. Oleh karena itu, performanya akan sangat cocok saat digunakan dalam ajang kejuaraan balap motor.

Peningkatan performa tersebut diketahui setelah melakukan pengujian Dynojet. Adapun hasilnya yaitu power dan torsi yang ada pada CDI Yamaha Fino Thailand lebih tinggi dibandingkan dengan CDI Mio Soul. Dengan kata lain, jenis CDI yang digunakan benar-benar mempengaruhi performa.

3. Kode CDI

Jika kode CDI Fino Thailand adalah Moric 5VV-00 9ZB, maka CDI Mio standar kodenya yaitu 5TL 10 8 4 N. namun, untuk memasang CDI pada sepeda motor Mio Sporty dan Fino dibutuhkan penyesuaian soket kabel. Tujuannya agar lampu motor tersebut bisa menyatu dengan sein.

Baca Juga:  9 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic Terbaru 2024

Secara umum, penyesuaian kabel soket cukup mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, jika kurang paham otomotif, bisa membawa ke bengkel atau orang yang lebih berpengalaman. Sementara itu, untuk Mio lama dan Soul, CDI bisa langsung dipasang tanpa menyesuaikan kabel soket.

Harga CDI Moric dan 5TL

Harga CDI 5TL di pasaran umumnya cukup bervariasi. Jika Anda membeli komponen atau alat ini dalam kondisi baru dan original, maka harganya mulai dari Rp450.000. Harganya dapat lebih tinggi maupun lebih rendah tergantung pada kualitas dan kondisi CDI 5TL.

Merek CDI Harga
CDI Mio New Moric Rp45.000 – Rp54.000
CDI Mio Smile Moric Rp60.000 – Rp200.000
CDI Jupiter Z Mio Lama 5TL Rp600.000 – Rp662.000
CDI ECU Mio Lama 5TL Rp443.000 – Rp471.000

Orang yang gemar melakukan modifikasi kendaraan, tentu tidak asing lagi dengan CDI. Komponen ini mempengaruhi performa sepeda motor karena berkaitan dengan sistem pengapian kendaraan. Perbedaan CDI Moric dan 5TL akan membuat kinerja kendaraan menjadi lebih bertenaga.

Baca Juga:

error: