Mobil Bekas Banjir, Layakkah Dibeli?

Bagaimana Mengetahui Mobil Bekas Banjir? – Dalam kondisi seperti sekarang, banyak sekali mobil-mobil menjadi korban banjir. Kerusakan pun hal yang tidak bisa dihindari akibat banjir. Pada akhirnya pemilik kendaraan menjualnya. Oleh karena itu, waspada beli mobil bekas korban banjir

Dalam kondisi seperti sekarang, banyak sekali mobil-mobil menjadi korban banjir. Kerusakan pun hal yang tidak bisa dihindari akibat banjir. Pada akhirnya pemilik kendaraan menjualnya. Oleh karena itu, waspada beli mobil bekas korban banjir.

Bagi Anda yang hendak mencari mobil bekas, tentunya waspada untuk mecari mobil bekas idaman. Mobil bekas yang pernah terkena banjir memang sulit diprediksi, pasalnya pemiliknya pasti telah membersihkannya dan memperbaikinya.

Ciri Mobil Bekas Banjir

Untuk cara mengetahui mobil bekas atau tidak, tergolong cukup sulit apalagi di mata orang awam. Salah satu contoh bagian lampu-lampu yang pernah terkena banjir, bagian dalamnya akan dipenuhi oleh lumpur. Jika sudah dibersihkan atau diganti akan sulit memprediksinya. Terutama jika mobil yang dijual sudah masuk ke dealer mobil bekas “pedagang nakal”.

Tak sedikit pedagang nakal di luar sana menjual mobil bekas banjir sebab keuntungan yang bisa diraup jauh lebih besar dari mobil bekas biasa. Sebab, mereka hanya perlu mengganti part dan menyamarkan tanda akibat banjir. Sementara bau dan aroma kabin mobil bekas banjir masih bisa diakali dengan cara membayawanya ke tukang detailing. Secara keseluruhan, mereka hanya mengeluarkan biaya maksimal 5  – 7 jutaan untuk menghilangkan bekas banjir.

Sementara harga mobil bekas biasa dengan mobil bekas banjir bisa mencapai belasan hingga puluhan juta. Tergantung harga mobil di pasaran. Semakin mewah tingkatannya, maka margin keuntungan akan semakin besar namun perbaikannya akan turut menyita banyak dana. Dan pastinya, pedagang-pedagang ini sangat lihai dalam memilih mobil bekas banjir dan hanya akan tertarik pada mobil yang kelistrikannya mudah diakali dan tidak rewel.

Tapi tenang, masih ada hal yang bisa Anda jadikan indikasi mobil tersebut bekas banjir atau tidak. Jika mobil yang akan Anda pinang pernah terkena banjir yang parah, pasti di bawah kursinya dihinggapi karat. Karena pada bagian itu berbahan besi dan sulit dibersihkan.

Selain itu Anda juga bisa memperkirakan melalui domisili pemilik atau alamat yang tertera di STNK. Coba ketahui apakah alamat tersebut adalah daerah rawan banjir.

Perbaikan Mobil Bekas Banjir

Seperti yang telah dijelaskan di atas, biaya rata-rata yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki mobil bekas banjir berkisar 5 hingga 7 jutaan. Namun ingat, itu hanya sebatas menghilangkan bekas banjir secara kasat mata saja. Belum lagi merambah ke perangkat elektronik seperti head unit, speedometer, bahkan ECU.

Jika part elektrik tersebut rusak, maka kerugian dan resiko beli mobil bekas banjir yang Anda hadapi akan jauh lebih besar. 15 juta pun rasanya belum cukup untuk membuat fungsi dari fitur elektrikal kembali normal. Apalagi untuk kasus kelistrikan mobil Eropa yang terkenal sangat kompleks dan hanya bisa ditangani oleh bengkel tertentu.

Itulah beberapa poin penting mengenai kerugian dan biaya perbaikan mobil bekas banjir. Baca juga:

Pilihan Mobil Bekas Harga Paling Jatuh

Incoming search terms:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!