7 Kelebihan dan Kekurangan Oli Samping Castrol 2024


Jaldayat.com – Castrol merupakan salah satu produsen oli yang cukup terkenal di Indonesia. Bagi Anda yang mempunyai motor bermesin 2 tak dan berencana untuk membeli oli samping dengan merek ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan oli samping Castrol.

Mengusung nama besar Castrol yang telah berstandar internasional, tentunya kualitas produk oli samping yang dipasarkan tidak perlu diragukan lagi. Simak pembahasan lengkap berikut seputar fungsi, kelebihan, kekurangan, serta kisaran harga oli samping Castrol di pasaran.

Fungsi Oli Samping Castrol

Berbeda dengan oli biasa yang digunakan pada motor 4 tak, oli samping biasa digunakan pada motor dengan mesin 2 tak. Adapun fungsinya tidak jauh berbeda dengan oli biasa. Berikut ini beberapa fungsi dari oli samping:

1. Sebagai Pelumas

Fungsi yang paling utama dari oli samping adalah sebagai pelumas. Oli samping berperan untuk melumasi kepala silinder dan bagian silinder yang terdapat pada mesin motor 2 tak Anda. Tanpa pelumas, mesin tidak akan bekerja secara maksimal.

2. Menjaga Performa Mesin

Performa mesin motor Anda akan terjaga apabila mendapatkan pelumasan yang baik. Penggunaan oli samping sebagai pelumas berfungsi untuk menjaga performa mesin. Dengan begitu, motor Anda akan lebih awet bahkan hingga puluhan tahun.

Baca Juga:  12 Kelebihan dan Kekurangan Oli Pikoli Terbaru 2024

3. Mencegah Keausan

Fungsi oli samping yang selanjutnya adalah untuk mencegah keausan mesin, terutama pada bagian silinder. Oli akan melumasi bagian silinder sehingga meminimalisir gesekan antar bagian. Oleh sebab itu, mesin akan lebih awet dan tidak cepat aus.

4. Meningkatkan Performa

Tidak hanya menjaga performa mesin motor 2 tak, penggunaan oli samping juga bisa meningkatkan kemampuan mesin. Semakin bagus kualitas oli yang digunakan, maka performa mesin ditingkatkan. Oleh sebab itu, kenali kelebihan dan kekurangan oli sebelum Anda membeli.

Kelebihan Oli Samping Castrol

Kelebihan Oli Samping Castrol

Oli samping Castrol menjadi salah satu pilihan yang digemari oleh pemilik motor 2 tak. Jika Anda berminat untuk menggunakan oli Castrol, berikut ini sejumlah kelebihan yang bisa Anda rasakan.

1. Berkualitas Tinggi

Castrol dikenal sebagai produsen oli kelas dunia. Tidak heran jika produk oli samping yang ditawarkan hadir dengan kualitas juara. Diproduksi dengan teknologi canggih dengan bahan berkualitas, Castrol menghasilkan oli samping yang menawarkan pelumasan sempurna demi keawetan mesin Anda.

2. Melindungi Mesin

Kelebihan oli samping Castrol yang selanjutnya adalah mampu memberikan perlindungan ekstra terhadap mesin motor 2 tak Anda. Hal ini dikarenakan kekentalan oli samping Castrol yang sesuai standar sehingga mampu menciptakan lapisan pelindung yang mengurangi gesekan.

Dengan berkurangnya gesekan antar komponen, mesin menjadi lebih awet, tidak cepat panas, dan terhindar dari aus. Tentu saja hal ini memberikan keuntungan bagi Anda.

3. Membersihkan Mesin Secara Efektif

Selain melindungi dan melumasi komponen mesin, oli samping Castrol juga mampu membersihkan kendaraan dengan efektif. Selama penggunaan, oli tersebut dapat mengangkat kotoran yang menempel pada mesin sehingga memastikan kinerja mesin tersebut.

Baca Juga:  7 Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic G 2024

Ditambah lagi oli penggunaan oli ini juga bisa mencegah terjadinya endapan dalam mesin. Dengan demikian, oli akan tetap bersih.

4. Cocok untuk Berbagai Tipe Kendaraan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh oli samping Castrol adalah cocok digunakan untuk berbagai tipe kendaraan seperti sepeda motor, motor balap, hingga motor gede. Anda hanya perlu menemukan jenis oli samping dari Castrol yang sesuai dengan kendaraan tersebut.

Anda tidak perlu khawatir soal kompatibilitas. Pasalnya, oli ini aman untuk mesin bahkan bisa meningkatkan performa.

5. Tersedia Beragam Kemasan

Oli samping Castrol 2 tak tersedia dalam berbagai ukuran kemasan. Untuk kebutuhan pribadi, Anda dapat menemukan kemasan berukuran hingga 1 liter. Sedangkan untuk penggunaan kendaraan komersial atau bengkel, Anda bisa memilih oli dengan kemasan yang lebih besar.

Kelebihan dan kekurangan oli samping Castrol merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Setelah membahas seputar kelebihan produk ini, saatnya beralih ke kekurangan yang dimiliki.

Kekurangan Oli Samping Castrol

Kekurangan Oli Samping Castrol

Berikut ini beberapa kekurangan oli samping dari Castrol.

1. Emisi Gas Buang

Salah satu masalah yang jamak terjadi pada penggunaan oli samping adalah peningkatan emisi gas buang. Castrol sepertinya juga tidak terlepas dari permasalahan tersebut karena emisi gas yang dihasilkan cukup banyak. Hal ini semakin parah apabila oli samping tidak sesuai dengan mesin motor.

2. Risiko Kerusakan Mesin Jika Tidak Sesuai

Sebelum memutuskan untuk menggunakan oli samping Castrol, pastikan mesin kendaraan Anda sesuai. Pasalnya, penggunaan oli samping yang tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan pada mesin motor. Hal ini disebabkan karena pelumasan yang tidak optimal pada mesin.

Baca Juga:  7 Kelebihan dan Kekurangan Oli Pikoli Matic 2024

Tidak hanya itu, penggunaan oli yang tidak sesuai juga bisa berdampak pada konsumsi bahan bakar. Pelumasan yang tidak optimal bisa membuat mesin cepat aus dan rusak.

Harga Oli Samping Castrol

Berbicara mengenai harga, oli samping Castrol dibanderol dengan harga yang cukup variatif tergantung pada kemasan yang dibeli. Perhatikan tabel di bawah ini.

Tipe Ukuran Harga
Castrol 2T Activ Low Smoke 0.7 L Rp 27.000 – Rp 35.000
Castrol  Racing A747 1 L Rp 300.000 – Rp 400.000
Castril XR77 1 L Rp 500.000 – Rp 600.000

Kisaran harga tersebut mungkin berbeda dengan harga di pasaran. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti distributor dan lokasi Anda.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan oli samping Castrol sangat penting sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk ini. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa lebih mudah menentukan apakah oli Castrol ini adalah produk yang Anda butuhkan atau tidak.

Baca Juga:

error: