Cara Mengganti Aki Mobil Injeksi Yang Benar

Cara Mengganti Aki Mobil Injeksi Yang Benar – Ritual mengganti aki seringkali dianggap sebelah mata oleh sebagian orang. Bisa jadi karena prosesnya yang begitu simpel, atau akibat ketidaktahuan prosedur yang benar. Umumnya orang hanya mengenal langkah-langkah penggantian, yaitu mengendurkan baut di kedua kutub aki, melepas kabel dan selanjutnya mengganti aki dengan yang baru. Selesai.

Padahal perlu dketahui bahwa mobil-mobil modern sekarang dilengkapi berbagai teknologi full elektronik yang kerjanya diatur Electronic Control Unit (ECU). Aki merupakan penampung cadangan listrik untuk menjalankan sistem-sistem yang ada di mobil.

Mobil-mobil injeksi keluaran baru, terutama di atas 2007, dan mobil Eropa di atas tahun 2000 butuh penanganan khusus saat penggantian aki. Langkah ini perlu untuk mencegah komponen mobil kehilangan daya listrik saat proses penggantian.

Bila prosedur ini diabaikan, kemungkinan gangguan pada ECU kian terbuka. Artinya, cara konvensional dalam penggantian aki sudah tidak memadai lagi.

Keluhan hilangnya memori audio, jam, power window macet, hingga gangguan ECU menjadi konsekuensinya. Nah, sebelum problem-problem tersebut terjadi, sebaiknya Anda memastikan penggantian aki di bengkel resmi, atau sentra aki yang memahami dengan tepat kebutuhan mobil Anda.

Baca juga :

Mitos Kelistrikan Mobil Eropa

Cara Tepat Merawat Mobil

Cara Mengganti Aki Mobil Injeksi Yang Benar

Cara Mengganti Aki Mobil Injeksi : Bantuan aki charger

Beberapa langkah dan Cara Mengganti Aki Mobil Injeksi perlu dilakukan untuk mobil-mobil modern dalam menangani ritual penggantian aki. Terutama mobil lansiran anyar, dan Eropa produksi tahun 2000 ke atas.

Langkah ini untuk memastikan pasokan tenaga tetap terjaga. Daya listrik yang disuplai ke instrumen di kendaraan tetap terjaga. Sehingga gangguan kelistrikan di mobil bisa diminimalkan. Pastikan gejala aki kurang setrum atau soak sudah dideteksi sejak dini. Cara ini untuk meminimalkan gangguan komponen kelistrikan lain.

  • Starter mobil dan mesin dalam kondisi on.
  • Persiapkan baterry charger dan aki baru untuk membantu proses penggantian.
  • Selanjutnya, kaitkan kabel baterry charger pada ujung kabel kepala aki untuk memastikan daya listrik tetap terjaga.
  • Kendurkan baut pada kedua kepala aki (kutub) dan copot dari tempatnya.
  • Ganti dengan aki baru dengan spesifikasi mobil yang bersangkutan.
  • Pastikan terpasang dengan benar
  • Lepaskan kabel baterry charger setelah ritual ganti selesai.

Alternatif:

Cara Mengganti Aki Mobil Injeksi : Ganti aki saat mesin hidup

Idealnya, penggantian aki dilakukan di bengkel resmi atau sentra aki yang memiliki alat-alat penunjang. Bagaimana bila penggantian aki terpaksa harus dilakukan di tempat yang memiliki alat memadai?

Sebagai langkah alternatif, Anda bisa melakukan cara ini.
1. Pastikan mesin dalam kondisi on.
2. Kendurkan baut kedua kepala aki dan copot dari tempatnya.
3. Siapkan aki baru sesuai spesifikasi mobil.
4. Pasangkan kembali aki dengan benar.

Cara Mengganti Aki Mobil Injeksi : Setting ulang ECU

Konsekuensi ganti aki tidak sesuai prosedur dapat berakibat terganggunya berbagai komponen seperti sistem audio, digital clock, atau ECU yang ditandai dengan tidak normalnya fungsi instrumen hingga power window. Bila sudah demikian, langkah mereset ulang perlu dilakukan. Dan bengkel resmilah menjadi sandaran utama. Untuk audio, pada manual book terdapat nomor VIN untuk mengembalikan fungsinya. Jangan dilupakan nomor tersebut saat audio tereset ulang.

Demikian beberapa poin penting mengenai Cara Mengganti Aki Mobil Injeksi Yang Benar yang wajib Anda ketahui sesuai buku pedoman mobil. Baca juga:

Rekomendasi Mobil Keluarga 100 Jutaan Terbaik

Incoming search terms:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!