Tips Membeli Honda Accord CP2 Bekas

Tips Membeli Honda Accord CP2 Bekas – Honda Accord generasi ke delapan ini pertama kali di perkenalkan oleh PT. Honda Prospect Motor pada Maret 2008. Penampilannya berbeda total dengan pendahulunya.

Satu hal pasti, Accord generasi ke-8 ini adalah mobil yang sangat besar. Dengan panjang 4.935 mm, lebar 1.845 mm dan tinggi 1.476 mm, Accord lebih panjang 110 mm dibanding pesaing abadinya Toyota Camry.

Besarnya ukuran ini membuat kelegaan kabin praktis tiada bandingannya. All New Accord hadir dalam tiga varian, 2.4 VTi, 2.4 VTi-L dan 3.5 VTi-L. Untuk varian 2.4, dipersenjatai mesin 2.354 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan hingga 180 HP di 6.500 rpm. Sementara torsi disemburkan sebesar 222 Nm pada 4.300 rpm.

Untuk varian 3.5, Honda menanamkan mesin V6 SOHC dengan kapasitas 3.471 cc. Teknologi VCM (Variable Cilinder Management) yang disertakan mampu membuat mesin ini menjadi efisien namun tetap bertenaga.

Dalam kondisi tertentu, sistem akan menon-aktifkan tiga silinder untuk menghemat konsumsi BBM. Tenaga yang dihasilkan pun cukup besar, mencapai 275 HP pada 6.200 rpm sementara torsinya mencapai 342 Nm pada 4.000 rpm.

Sejarah Honda Accord CP

2008 : PT. Honda Prospect Motor meluncurkan Honda Accord generasi ke-8. Bodinya yang besar membuat mobil ini semakin lega. All-New Accord hadir dalam tiga varian, 2.4 VTi, 2.4 VTi-L dan 3.5 VTi-L

2011 : Accord mengalami peremajaan. Honda mengubah desain gril dan bumper depan cukup serius. Hasilnya wajah Accord kini terlihat lebih berkelas dan segar. Di interior, bahan baru lebih berkualitas dijejalkan pada jok dan trim. Mesin pada Accord facelift ini masih sama dengan model sebelumnya.

Tips Membeli Honda Accord CP2 Bekas

Tips Membeli Honda Accord CP2 Bekas : Fitur

Accord memiliki banyak fitur elektronik canggih untuk ukuran kelas Big Sedan. Pastikan fitur-fitur ini masih berfungsi dengan baik karena mayoritas berbentuk elektris.

Tips Membeli Honda Accord CP2 Bekas : Kaki-kaki

Honda yang selalu mengedepankan handling, membuat sistem suspensi perlu mendapatkan perhatian. Banyaknya link lantaran mengadopsi suspensi double wishbone, otomatis rentan terhadap kerusakan. Indikasi kerusakan adalah suara gemeretak saat melewati jalan bergelombang.

Tips Membeli Honda Accord CP2 Bekas : Interior

Lihatlah apakah jok kulitnya masih dalam keadaan baik. Periksa terutama di bagian pengemudi. Tinggalkan Accord yang memiliki keadaan interior buruk, karena masih banyak yang kondisi interior prima di pasaran.

Tips Membeli Honda Accord CP2 Bekas : Pompa Power Steering

Honda Accord merupakan mobil yang nyaman. Tapi pompa power steeringnya suka mengalami kerusakan. Sealnya suka bocor. Biasanya akan timbul bunyi karena adanya kebocoran tersebut.

Tips Membeli Honda Accord CP2 Bekas : Suspensi

Suspensi Honda Accord lebih sedikit keras dibandingkan pesaingnya. Hal ini karena karakter sport yang kental dengan Honda. Lakukan uji jalan untuk memastikan karakter suspensinya tak bermasalah dengan Anda.

Tips Membeli Honda Accord CP2 Bekas : Service Record

Accord cukup mudah dirawat di bengkel mana saja, makanya ada pemilik yang melakukan servis di bengkel non-resmi. Tapi ketika Anda hendak membeli bekas, sebaiknya pastikan pemilik sebelumnya melakukan perawatan teratur di bengkel resmi. Garansi pun tak gugur, dan Anda bisa yakin atas kualitas pengerjaannya.

Tips Memilih Honda Accord CP2 Bekas

Jika ingin meminang Honda Accord dalam keadaan bekas, perhatikan pompa power steering-nya. Silnya biasanya sudah aus sehingga menyebabkan kebocoran oli. Hal ini akan menyebabkan timbulnya bunyi di power steering.

Perhatikan juga sistem pengeremannya. Permukaan piringan rem sering mengalami keausan tidak merata. Efeknya, Anda akan merasakan getaran saat mobil di rem, meski sistem rem ABS belum bekerja. Bila dibiarkan, tentu akan merusak bagian suspensi lantaran vibrasi yang dihasilkan. Segera perbaiki sebelum mengenai komponen suspensi lainnya.

Lebih aman, mobil incaran dapat dibawa ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh agar kondisinya siap pakai.

Dari 2 tipe mesin yang tersedia, varian mesin 2.400 cc memang paling laris. Kemewahannya cukup baik dan mesin mampu memberi kontribusi terhadap kehematan konsumsi BBM dibandingkan versi 3.500 cc-nya. Tapi bila Anda berani sedikit mengeluarkan uang lebih, Jaldayat sangat merekomendasi varian 3.5 VTi-L, karena mesin dan fiturnya luar biasa. Saya prediksi, tipe ini dimasa depan bisa menjadi collector’s item. Baca juga :

Rekomendasi Sedan Jerman Mewah Bekas 

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!