Tips Membeli BMW E90 Bekas

Tips Membeli BMW E90 Bekas – BMW selalu dikenal sebagai mobil yang mengasyikkan dikemudikan, tak terkecuali Seri-3 dengan kode E90 ini. Sekarang Anda bisa mendapatkannya sebagai sedan bekas berharga terjangkau setelah generasi terbarunya, F30 hadir.

Memiliki mobil premium merupakan idaman banyak pecinta otomotif. Kualitas prima, detail memukau, serta teknologi tinggi selalu menggetarkan hati sebelum memutuskan membeli. Belum lagi gengsi dan kebanggaan yang bakal diberikan mobil ini.

Dengan harga cukup tinggi, pabrikan mobil premium memang bisa lebih leluasa memberi sesuatu yang berbeda bagi penggunanya. Dan BMW sudah menancapkan citra sebagai mobil yang asyik dikemudikan dengan pengendalian akurat.

Di antara seluruh jajaran produk BMW, Seri-3 selalu menjadi yang paling populer. Dimensinya cukup kompak untuk di kendarai sendiri dan mobil ini selalu yang terdepan dalam masalah kedinamisan berkendara dibanding rival sekelasnya.

Generasi terkini Seri-3 berkode E90 menyuguhkan kedinamisan jauh di atas pendahulunya. Dibanding generasi sebelumnya (E46), Seri-3 E90 lebih panjang 49 mm dan lebih lebar 78 mm. Jadi kalau sebelumnya ruang penumpang selalu dikritik dari Seri-3, generasi ini memperbaikinya cukup signifikan. Dengan penambahan kadar aluminium di bodi dan mesin, bobot E90 tak terpaut jauh dari pendahulunya.

Salah satu lompatan teknologi di E90 adalah penerapan run flat tyre (RFT). Ban ini memungkinkan Anda melaju 150 km dengan kecepatan maksimum 80 km/jam walaupun tanpa angin sama sekali di dalamnya. Alhasil Anda tak memerlukan ban serep yang memakan volume bagasi.

Sejarah BMW E90 di Indonesia

2005 : Setelah 5 tahun beredar di Indonesia, BMW Seri-3 E46 digantikan model baru total berkode E90. Bentuk bodinya jauh berbeda. Kalau sebelumnya cenderung mengurva, Seri-3 terbaru ini lebih ke arah garis tegas dengan potongan lampu depan tak lazim. Walau banyak yang menilai tak lebih cantik dari model sebelumnya, tak bisa dipungkiri Seri-3 E90 memiliki penampilan lebih modern.

Seperti pendahulunya, mobil ini tetap memiliki 3 varian saat pertama kali diluncurkan yaitu 320i bertenaga 150 Hp, 325i bertenaga 204 Hp, serta 330i bertenaga 231 Hp. Khusus 330i, PT BMW Indonesia memasukkannya dalam jumlah terbatas dengan harga hampir 2 kali lipat 320i.

2009 : Dilakukan penyegaran dalam bentuk facelift ke Seri-3. Hampir semua komponen eksterior dirancang ulang untuk memberi kesan modern lebih jauh lagi. Bumper depan, bumper belakang, lampu, kap mesin sampai bagasi diubah. Lampu belakang juga kembali pada bentuk ‘L‘ khas BMW.

Di dalam, sistem iDrive dibuat lebih canggih namun makin simpel dalam pengoperasiannya. Juga hadir layar LCD beresolusi tinggi yang membuat interior terasa futuristis. Sementara itu varian mesin masih sama, namun khusus 330i hanya bisa dibeli melalui pemesanan terlebih dulu. Dalam revisi ini BMW juga membuat bantingan suspensi Seri-3 lebih lembut serta setir lebih enteng dibanding sebelumnya.

Tips Membeli BMW E90 Bekas

Tips Membeli BMW E90 Bekas : Transmisi

BMW E90 dikenal sebagai salah satu Seri-3 yang gagal dan memiliki penyakit paling banyak dibandingkan generasi-generasi Seri-3 yang pernah ada hingga generasi sekarang, F30 muncul. Penyakit BMW E90 paling kronis adalah mechatronic rusak dimana transmisi canggihnya terasa kasar ketika difungsikan atau yang lebih parah, mobil sama sekali tidak bergerak.

Penyakit ini biasanya mengidap semua model prefacelift yang masih menggunakan transmisi ZF 6 percepatan. Biaya perbaikannya bisa memakan dana hingga 30 jutaan. Untuk itu, kalau memang dana belum memungkinkan untuk mengambil varian facelift atau LCI, Saya lebih merekomendasikan E46 yang digadang-gadang sebagai Seri-3 terbaik khususnya untuk tipe 330i.

Tips Membeli BMW E90 Bekas : Instrumen

Seiring usia pemakaian, kadang bisa terjadi malfungsi di beberapa sistem mobil. Cara paling mudah mengeceknya adalah memantau apakah ada lampu peringatan menyala. Periksa juga pesan di sistem on-board computer yang akan memberitahu Anda ada masalah apa dengan mobil. Bila ditemukan suatu yang mencurigakan, ada baiknya dibawa ke bengkel resmi BMW untuk diadakan pengecekan menyeluruh.

Tips Membeli BMW E90 Bekas : Service Record

BMW menyediakan servis inklusif untuk semua produknya termasuk Seri-3. Jadi semestinya dalam 5 tahun pertama dilakukan perawatan di bengkel resmi. Namun ada baiknya mengecek apakah setelah masa itu tetap dilakukan perawatan reguler di bengkel resmi. Ini krusial karena BMW membutuhkan perlakuan khusus supaya kualitas dan daya tahannya terjamin.

Tips Membeli BMW E90 Bekas : Ban

Karena tidak memiliki ban serep, sebaiknya Anda memperhatikan betul kondisi ban. Pastikan tetap menggunakan ban RFT dan dalam kondisi baik. Bila kondisi ban sudah kurang baik, gunakan ini untuk mengoreksi harga jual karena dibutuhkan dana cukup banyak untuk membeli ban RFT baru.

Tips Membeli BMW E90 Bekas : Kekerasan Suspensi

Karena diciptakan untuk kedinamisan tinggi dan juga dilengkapi ban anti-kempis yang keras, bantingan di BMW Seri-3 cukup kaku. Pastikan ini tak mengganggu kenyamanan berkendara Anda, dan lakukan tes di jalan untuk merasakannya.

Tips Membeli BMW E90 Bekas : Lapisan Dashboard

BMW memberi sentuhan lembut di interior untuk kemewahan. Tapi sayangnya bahan lembut ini tidak begitu tahan menghadapi panas serta goresan. Anda mesti memeriksa seluruh bagian interior terutama dasbor untuk menemukan cacat ini.

Tips Membeli BMW E90 Bekas : Jok Belakang

Kalau Anda tipe yang menggunakan jasa pengemudi, kenyamanan jok belakang harus menjadi pertimbangan. Sementara ruang kaki tersedia cukup, pastikan ketegakan sandaran jok belakang sesuai dengan selera Anda. Karena beberapa orang menilainya terlalu tegak. BMW sendiri mendesain seperti itu karena merupakan posisi duduk paling sehat.

Tips Memilih E90 Bekas

Selain mechatronic, yang mesti diwaspadai sebelum membeli BMW E90 adalah komponen elektrikal karena mereka tidak terdeteksi mata. Cara- satu-satunya adalah memeriksa sistem elektronik mobil di alat pemindai khusus. Biasanya bengkel resmi atau spesialis memiliki alat bernama GT1 tersebut.

Untuk kaki-kaki, masalah yang dijumpai mirip Seri-3 E46, dan cenderung minor. Paling bila ada bunyi-bunyian tidak wajar, mungkin sebatas karet bushing atau ball joint. Tapi kondisi kaki-kaki juga tergantung jalan yang sering dilalui pemilik sebelumnya. Bila kebanyakan di jalan halus tentu usianya lebih panjang.

Bila Anda mementingkan performa, Saya lebih merekomendasikan varian 325i facelift. Mesin bertenaga di atas 200 Hp-nya bisa melesatkan Anda dari 0-100 km/jam di bawah 8 detik. Selain itu deruman khas 6 silinder terasa merdu di kuping. Harga jual bekasnya juga lebih terkoreksi dibanding 320i.

Tapi kalau Anda lebih memprioritaskan pada biaya operasional rendah serta kemudahan menjual kembali, jelas 320i merupakan pilihan masuk akal. Apalagi ini memang varian Seri-3 paling populer dalam hal penjualan. Selengkapnya dapat Anda baca pada Keunggulan dan Kelemahan BMW 320i.

Demikian beberapa panduan dan tips membeli BMW Seri-3 E90 Bekas. Semoga bermanfaat. Baca juga Tips membeli BMW Seri-3 E46 Bekas.

Incoming search terms:

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!