Komparasi Vios Gen 1 vs Honda City iDSI

Komparasi Vios Gen 1 vs Honda City iDSI – Seiring berjalannya waktu, segmen sedan kompak kian diminati karena harganya yang terjangkau, konsumsi BBM irit, dan juga memiliki kenyamanan khas sedan meski beberapa fitur dipangkas dari kakak-kakaknya.

Dalam kasus ini, Toyota Vios Gen 1 vs Honda City iDSI sering menjadi bahan pertanyaan. Sama-sama nyaman, irit, serta kian terjangkau setiap tahunnya. Depresiasi harga keduanya disebabkan oleh gempuran mobil LCGC yang sudah memenuhi pasar mobil bekas. Lantas, mana yang paling bagus? Berikut penjabarannya.

Toyota Vios Gen 1 vs Honda City iDSI

Toyota Vios generasi pertama menggunakan kode XP40 sebagai penerus dari Toyota Soluna. Sementara Honda City i-DSI merupakan generasi kedua (GD8) yang menggantikan City Type-Z. Keduanya sama-sama hadir di tahun 2003 dan memiliki penerus hingga saat ini.

Vios memakai mesin 1NZ-FE VVTi. Mesin berkapasitas 1.497 cc 4 silinder segaris dengan 16 katup ini sudah mengadopsi teknologi VVTi yang membuatnya mampu menyesuaikan timing pembukaan klep sehingga pembakaran mesin dapat lebih maksimal di berbagai situasi kerja mesin.

Baca juga :

Spesifikasi Toyota Vios Gen 1

Panduan Beli Vios Gen 1 Bekas

Kalau City i-DSI memiliki mesin 4 silinder 1.500 cc dengan 2 busi di setiap silinder yang waktu pembakaran dikontrol secara elektronik. Hasilnya pembakaran menjadi lebih efisien. Singkatnya, ini varian City yang mengutamakan kehematan BBM.

Menurut Saya pribadi, kelebihan Vios generasi ini adalah mobilnya lebih bertenaga, mesinnya tergolong bandel, dan memiliki fitur yang lengkap. Cuma saja posisi duduknya kurang begitu nyaman dan panel instrumen di tengah membuat desainnya kurang menarik. Plus imej taksi.

Untuk Honda City i-DSI, ia memiliki pengendalian yang stabil. Mesin dan teknologi i-DSI yang dipakai membuatnya sangat efisien dalam mengolah BBM. Cuma memang konsekunsinya tenaga yang dihasilkan minim. Plus tampilannya kurang begitu menarik dan kurang proporsional untuk sebuah sedan.

Baca juga :

Spesifikasi Honda City Gen 2

Panduan Beli City Gen 2 Bekas

Konsekuensi bagi Anda yang ingin membeli salah satu kandidat dari Komparasi Vios Gen 1 vs Honda City iDSI di atas adalah harus ekstra cermat dan bersiap akan biaya perawatan. Pasalnya, potensi komponen yang sudah aus atau rusak termakan usia sangat besar.

Solusinya adalah pe­ngecekan secara menye­luruh. Periksa bagian mesin, suspensi, transmisi, interior, dan bodi. Jangan sampai begitu mobil dibeli Anda mesti keluar uang lebih besar untuk memperbaiki mobil.

Itulah beberapa poin penting yang wajib Anda ketahui mengenai perbadingan Vios Gen 1 vs Honda City iDSI. Untuk Anda yang mengutamakan biaya perawatan murah dan ketersediaan sparepart melimpah, bisa memilih Vios karena mesinnya terbukti tahan banting. Sedangkan City cocok bagi Anda yang tak suka dengan imej taksi yang disandang oleh Toyota Vios dan menyukai mobil dengan handling mantap. Baca juga:

Rekomendasi LCGC Terbaik Alternatif Mobil Bekas