Pilihan Mobil Langka Bekas di Indonesia

Pilihan Mobil Langka Bekas di Indonesia – Mungkin dari judulnya sedikit nyeleneh dan jujur saja sebenarnya Saya juga bingung memilih judul apa. Yang pasti, mobil-mobil yang Saya masukkan dalam artikel kali ini bukanlah mobil CBU langka akan tetapi lebih mengarah pada mobil yang dijual resmi oleh ATPM namun peredarannya tidak sebanyak tipe lain.

Beberapa APM pernah menjual beberapa mobil dengan mesin yang lebih besar dibandingkan varian lainnya. Hal itu merupakan salah satu strategi pemasaran dari berbagai APM tersebut. Tapi terkadang, karena varian dengan mesin paling besar dan paling mewah mempunyai harga jual yang cukup mahal, hal itu membuat varian tersebut jadi kurang laku dibanding varian lainnya.

Karena hal tersebut, beberapa APM memutuskan untuk tidak menjual lagi mobil-mobil tersebut, sehingga populasinya bekasnya pun jadi jarang. Untuk sebagian orang yang menyukai mobil performa dengan dana terbatas, mobil-mobil tersebut layak untuk kembali diburu dalam keadaan bekas.

Pilihan Mobil Langka Bekas di Indonesia
Pilihan Mobil Langka Bekas di Indonesia

Berikut beberapa informasi penting mengenai berbagai Pilihan Mobil Langka Bekas di Indonesia yang pernah dijual resmi oleh ATPM.

Pilihan Mobil Langka Bekas di Indonesia

VW Golf GTi MkVI

Tahun : 2009-2010
Mesin : 1.984 cc, turbocharger, 210 Hp
Torsi : 280 Nm @1.800 rpm

Pilihan Mobil Langka Bekas di Indonesia pertama diraih oleh Golf GTi Mk6. VW Golf generasi ke enam ini hadir lebih manis dari pada versi sebelumnya. VW meningkatkan kecanggihan fiturnya, supaya konsumen tetap mendapat nilai tambah. Dan untuk pasar Indonesia, PT Garuda Mataram Motor hanya memasukkan tipe GTI yang memang mendapat sambutan sangat baik di sini.

Dari sektor dapur pacu, VW membubuhi formula racikan turbo dan sistem ECU baru. Dan tenaga kini naik 10 Hp dari sebelumnya menjadi 210 Hp dengan torsi puncak 280 Nm. Pabrikannya mengklaim mobil ini mampu melaju 0-100 km/jam dalam 6,9 detik. Dan angka ini cukup fantastis untuk sebuah hot-hatch.

Transmisi DSG kebanggaan VW tetap hadir di generasi keenam ini. Artinya Anda bisa yakin perpindahan gigi bisa dilakukan secepat kilat dan presisi. Dan jenis transmisi ini terbukti mampu membuat mobil berakselerasi lebih cepat ketimbang versi manual.

Kedinamisan dan kenyamanan Golf bertambah dengan hadirnya Dynamic Chassis Control yang menyediakan tiga opsi tingkat kekerasan suspensi. Yaitu Comfort, Normal dan Sport. karakter pun bisa disesuaikan kemauan kita.

Keunggulan VW Golf GTi MkVI : Tenaga besar, Fun to drive, Desain eksterior bagus
Kelemahan VW Golf GTi MkVI : Biaya perawatan, Unit terbatas, Harga

Nissan Grand Livina 1.8

Tahun : 2007 – 2011
Mesin : 1.798 cc, 4 inline, 126 HP
Torsi : 168 Nm @4.800 rpm

Inilah mobil yang membuat Nissan melejit dalam hal penjualan di Indo­nesia. Sebagai Compact MPV, Nissan Grand Livina menjadi jawab­an kebutuhan konsumen terhadap mobil keluarga 7-seater berukuran kompak.

Muncul pertama di April 2007, Nissan Grand Livina pun langsung diserap pasar dengan sangat baik. Varian yang disediakan pun ba­nyak. Termasuk varian termewah di kala itu yakni Ultimate bermesin 1.800 cc dengan pilihan transmisi manual 6-speed dan otomatis 4-speed.

Meski tubuhnya panjang, tapi berkat kelincahannya, Grand Livina menjadi salah satu pilihan mobil berkategori all rounder. Selain itu daya tampung penumpang dan barang juga menjadi salah satu keunggulan Grand Livina.

Namun berbekal mesin 1.800 cc tentu menghasilkan tenaga lebih besar dibanding varian 1.500 cc. Hal inilah yang menjadi pertimbangan konsumen yang cende­rung menyukai performa ketimbang efisiensi. Selain itu, fitur lengkap dan penampil­an lebih elegan menjadi faktor penentu berikutnya.

Keunggulan Nissan Grand Livina 1.8 : Akselerasi kuat, fitur lengkap, transmisi manual 6-speed
Kelemahan Nissan Grand Livina 1.8 : Bangku baris ketiga terbatas, unit tidak sebanyak 1.5

Ford Escape 3.0 4×4

Tahun : 2002-2004
Mesin : 2.998 cc, 6 silinder, 201 HP
Torsi : 196 Nm @4.700 rpm

Pada tahun 2002, Ford menjual 40 unit pertama Ford Escape dengan mesin 3.000 cc dan mempunyai penggerak roda 4×4 dengan harga baru mencapai Rp 350 juta. Fitur seperti sunroof, dual airbag, jok kulit, dan lain-lain sudah menjadi pelengkap standar mobil ini. Saat ini mobil Ford Escape 3.0 diburu oleh para fans Ford di Indonesia.

Desain eksterior nya yang gagah, membuat mobil ini masih diminati oleh sebagian orang. Memang konsumsi bahan bakarnya cukup boros. Biaya perawatannya juga cukup mahal. Tapi semua itu terbayar dengan kenikmatan berkendara dari SUV keluaran Amerika ini.

Untuk Anda yang hobi mobil jip berpenggerak 4×4 dengan fitur lengkap dan harga bekasnya terjangkau, mobil ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Keunggulan Ford Escape 3.0 4×4 : Sunroof, tenaga besar, penggerak 4×4
Kelemahan Ford Escape 3.0 4×4 : Boros BBM, biaya pera­wat­an

Toyota Kijang Innova 2.7 V

Tahun : 2004-2006
Mesin : 2.700 cc, 4 inline, 160 Hp

Pada tahun 2005 PT Toyota Astra Motor mengeluarkan Innova seri termewah dengan edisi sangat terbatas (cuma ratusan unit), dengan kemewahan yang jauh diatas Innova biasa waktu itu, Harganya pada saat itu setara dengan Fortuner (sekitar Rp 285 juta atau 2x lipat dibandingkan Innova type E Rp 140 jutaan).

Dengan tenaga yang jauh di atas Innova 2.0 dan 2.5 Diesel, Innova 2.7 terkenal dengan tarikannya yang mantap dibandingkan Fortuner sekalipun karena bodinya yang lebih ringan dibanding Fortuner namun mengusung mesin serupa, dan interior yang sangat mewah dengan Full Leather Interior, Captain Seat, Dual Airbag, Multi Information Display dan Steering wheel control, yang tidak tersedia pada Innova lainnya saat itu.

Namun harganya yang 2 kali lipat dari tipe 2.0E, membuat mobil ini sangat jarang dijumpai dan beredar di pasar. Buat Anda yang menyukai kepraktisan Innova namun ingin merasakan kemewahan dan ketangguhan mesin Fortuner, Innova 2.7 jawabannya!

Keunggulan Toyota Kijang Innova 2.7 V : Tenaga besar, fitur lengkap, Mewah
Kelemahan Toyota Kijang Innova 2.7 V : Boros BBM, varian terbatas

BMW 330i E90

Tahun : 2005-2006
Mesin : 2.996 cc, 6 silinder, 258 HP
Torsi : 221 Nm @2500-4000 rpm

Pada tahun 2005, BMW Seri 3 E90 hadir dengan 3 model yaitu: BMW 330i, BMW 325i dan BMW 320i dengan mengusung 3 mesin baru. Semua mesin baru tersebut mampu meningkatkan output dan performa, kerja mesin lebih halus serta pemakaian bahan bakar yang lebih irit.

Untuk BMW 330i, konsumen dapat memilih berbagai opsi fitur yang sesuai dengan selera individunya. BMW 330i ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 800 jutaan saat dalam kondisi baru. Semua model ditawarkan dalam bentuk completely built up (CBU).

Tentunya mobil ini sangat langka karena variannya yang hanya dijual beberapa unit saja di Indonesia. Mobil ini mempunyai tenaga besar dan deruman suara kenalpotnya khas BMW 6 silinder, kita jadi selalu ingin terus mengendarai mobil ini.

Karena populasinya yang langka dan menjadi salah satu collector item, maka harga mobil ini pun menjadi gelap dan tidak ada harga pasarannya.

Keunggulan BMW 330i E90 : Fun to drive, tenaga besar, fitur paling lengkap
Kelemahan BMW 330i E90 :Boros, unit terbatas, harga gelap.

Hyundai i20 CRDi

Tahun : 2009-2010
Mesin : 1.396 cc turbodiesel, 90 Hp
Torsi : 220 Nm @2.750 rpm

Hyundai i20 diesel seakan menjadi proyek edukasi bagi masyarakat Tanah Air bahwa orde diesel modern bukan hanya sedang menjelang, namun telah be­nar-benar mendarat di depan mata kita.

Diesel kini tak lagi dimonopoli oleh mobil besar dengan kapasitas mesin yang besar, namun juga cocok dipakai oleh mobil hatchback kompak – yang identik dengan dinamisme anak muda – dan dengan kapasitas silinder yang kompak pula.

Dapur pacunya diimbuh Variable Geometric Turbocharger + intercooler dan penggunaan common-rail bertekanan hingga 1.350 bar. Jadilah ia sebuah mesin yang mungkin ‘cuma’ mengeluarkan 90 Hp, namun lecutan torsi 225 Nm sejak 1.750 rpm membuatnya begitu perkasa mengikuti nafsu liar sang pengemudi.

Untuk menemani beraktivitas sehari-hari, mobil ini dirasa sangat cocok. Selain desain eksteriornya yang bagus, mobil ini mesin diesel juga dirasa lebih efisien.

Keunggulan Hyundai i20 CRDi : Desain eksterior bagus, Torsi besar, Fun to drive.
Kelemahan Hyundai i20 CRDi : Steering Rack suka bermasalah, Sistem Rem suka bunyi-bunyi, Unit jarang.

Demikian beberapa informasi penting mengenai berbagai Pilihan Mobil Langka Bekas di Indonesia yang pernah dijual resmi oleh ATPM. Baca juga:

Rekomendasi Mobil Langka Collector Item

Leave a Reply