Pilihan Mobil 4×4 Bekas dengan Kemampuan Offroad Mumpuni

Pilihan Mobil 4×4 Bekas dengan Kemampuan Offroad Mumpuni – Pasar kendaraan 4WD memang tak terlalu menggiurkan. Namun dalam satu dekade terakhir, permintaanya cukup menjanjikan. Fleksibilitas di segala me­dan serta kepraktisan membuat konsumen Indonesia menyukai kendaraan jenis ini.

Di pasaran mobil-mobil seperti ini banyak diminati. Selain karena kemampuannya, juga lantaran terlahir dengan bodi yang gagah dan macho. Dengan ground clearance tinggi dan kaki-kaki yang tangguh, mobil-mobil penggerak empat roda dipilih oleh konsumen di perkotaan maupun pedesaan.

Pilihan Mobil 4×4 Bekas dengan Kemampuan Offroad Mumpuni

Berikut beberapa rekomendasi kami mengenai Pilihan Mobil 4×4 Bekas dengan Kemampuan Offroad Mumpuni yang bisa Anda beli dalam keadaan bekas.

Toyota Hilux

Tahun : 2009 – 2014
Mesin : 2.494 cc 4-silinder , 144 HP
Harga : Rp 200-2500 juta

Pilihan Mobil 4×4 Bekas dengan Kemampuan Offroad Mumpuni pertama diraih oleh Hilux. Toyota Hilux dikenal sebagai mobil pekerja yang andal. VNT memang belum disematkan pada Hilux tahun 2013 ke bawah. Untuk Hilux 2013 sudah dilengkapi teknologi Variable Nozle Turbocharger (VNT) dan intercooler yang memiliki tenaga lebih besar. Mesin 2.494 cc 4-silinder menghasilkan torsi 345 Nm pada 1.600-2.800 rpm.

Dengan legroom lega, hilux memberikan akomodasi ekstra bagi penumpang belakang. Kabinnya yang luas juga membuatnya terasa nyaman, terutama untuk perjalanan jauh. Tampangnya juga macho terutama berkat airscoop yang menempel di kap mesin.

Hanya saja ketika menaikinya, tak ada kesan spesial karena ia memiliki basis yang sama dengan Innova. Mesinnya enak dipacu kencang dan andal di medan berlumpur.

Keunggulan Toyota Hilux : Tenaga besar, Legroom belakang
Kelemahan Toyota Hilux : Konsumsi BBM, desain dasbor

Toyota Fortuner 2.7 V A/T 4×4

Tahun : 2005 – 2014
Mesin : 2.694 cc 4-silinder, 160 HP
Harga : Rp 160-280 juta

Posisi Pilihan Mobil 4×4 Bekas dengan Kemampuan Offroad Mumpuni selanjutnya diduduki oleh Fortuner. Berbeda dengan saudaranya yang bermesin diesel, Fortuner bensin menawarkan tenaga lebih besar sehingga lebih nikmat dipacu. Pada Fortuner bensin tersedia pula pilihan model 4×4, jadi lebih kapabel bila berhadapan dengan jalanan jelek.

Hanya saja, isu boros BBM sudah melekat padanya. Terutama karena kapasitas mesin yang terhitung besar. Tak hanya itu, meski tampilannya gagah namun ketika mengendarainya hampir tak ada beda dengan menyetir Kijang Innova, yang berbagi platform dengannya. Sehingga kurang istimewa.

Keunggulan Toyota Fortuner 2.7 V A/T 4×4 : Tenaga besar, tampilan gagah, 4L plus locker
KKelemahan Toyota Fortuner 2.7 V A/T 4×4 : Boros BBM, rasa berkendara identik dengan Innova, manuver limbung

BMW X3 xDrive20d

Tahun : 2011 – 2014
Mesin : 1.995 cc 4-silinder turbo diesel, 184 HP
Harga : Rp 390 – 550 juta

Sebagai salah satu barometer teknologi, BMW selalu berinovasi dengan merilis produk tercanggihnya. Twin-scroll turbo yang diaplikasikan pada mobil ini merupakan teknologi andalan untuk menghasilkan tekanan turbo optimal di setiap rentang putaran mesin.

Prinsip kerjanya sama seperti turbo variabel. Kata ‘twin-scroll’ pun bukan menandakan BMW menggunakan dua turbo. Turbo tersebut dirancang agar mencapai titik efisiensi volumetric yang tinggi.

Tak heran BMW X3 xDrive20d memiliki tenaga dan torsi yang terbesar di antara rivalnya. Sentakannya terprediksi dan berakselerasi dengan lembut. Satu kekurangannya, sebagai mobil mewah pajak tahunannya tergolong mahal.

Keunggulan BMW X3 xDrive20d  : Pengendalian presisi, fun to drive, teknologi mesin
Kelemahan BMW X3 xDrive20d : Pajak mahal, butuh BBM berkualitas tinggi

Chevrolet Captiva 2.0 VCDi A/T AWD

Tahun : 2009 – 2014
Mesin : 1.988 cc 4-silinder, 163 HP
Harga : Rp 150 – 250 juta

Mesin Captiva terkenal an­dal dan cukup irit berkat tek­no­logi turbo variabel. Apli­kasi transmisi otomatis 6-speed yang dipadu dengan mode ma­nual menyajikan pengalaman ber­kendara yang seru. Pun begi­tu dengan tek­nologi AWD yang menjaga traksi di level optimal.

Ketika dikendarai, terasa limpahan torsi yang sanggup membenamkan tubuh ke bang­ku. Dengan performa yang baik, wajar bila Captiva membutuhkan BBM berkualitas agar perfor­manya selalu terjaga.

Fitur hill control turut dise­matkan bersama kontrol traksi. Kedua fitur ini dapat diaktifkan via tombol yang bersandingan dengan jam di bawah monitor. Satu lagi fitur ECO mode yang dapat diaktifkan hanya dengan menekan tombol disamping tuas transmisi, membuat Captiva lebih irit BBM.

Keunggulan Chevrolet Captiva 2.0 VCDi A/T AWD : Mesin bertenaga, nyaman, fitur tergolong lengkap
Kelemahan Chevrolet Captiva 2.0 VCDi A/T AWD : Butuh BBM berkualitas, AWD tidak setangguh 4×4, ground clerance

Toyota Land Cruiser VX 100

Tahun : 2001 – 2007
Mesin : 4.163 cc 6-silinder, 196 HP
Harga : Rp 430 – 600 juta

Mobil ini memiliki segudang fitur yang dijamin mampu memanjakan siapapun yang ada di dalamnya. Contohnya, penggunaan suspensi yang nyaman meski belum menggunakan tipe air-suspension. Hadirnya coolbox dan sunroof juga menjadi poin penunjang kenyamanan mobil 4WD ini.

Selain memiliki kenyamanan dan keandalan kelas wahid, ternyata Land Cruiser VX 100 memiliki kelebihan lain. Mesin 4.200 cc 6-silinder intercooler diesel yang diadopsi, masih sanggup menenggak solar bersubsidi. Hal tersebut men­jadikan Land Cruiser VX 100 mampu diajak bertualang ke seluruh pelosok Nusantara yang masih sulit mendapatkan BBM diesel kualitas tinggi.

Keunggulan Toyota Land Cruiser VX 100 : Fitur, daya tahan, suspensi nyaman, kemampuan offroad, tenaga
Kelemahan Toyota Land Cruiser VX 100 : Interior sederhana, harga masih tinggi, biaya perawatan

Nissan Navara

Tahun : 2005 – 2012
Mesin : 2.488 cc 4-silinder, 174 HP
Harga : Rp 160 – 250 juta

Dengan torsi lebih dari 400 Nm, Navara adalah monster bagi sesama pikap kabin ganda. Plus tenaga yang besar, Navara menjadi mobil yang cocok bagi penyuka kecepatan.

Fitur pun tergolong leng­kap untuk ukuran double ca­bin. Termasuk jok kulit dan tuas transfer case yang meng­anut sistem putar untuk memu­dahkan pengoperasian. Catatan justru datang dari kemampuan offroad-nya. Ban standar berprofil halus kurang mumpuni untuk beraksi di me­dan berat.

Bantingan suspensi Nava­ra tergolong empuk. Yang me­­ngesankan, tidak sampai mengorbankan stabilitas. Kom­binasi karakter peredam kejut seperti ini, ditambah dengan performa mesin yang sangat bertenaga, menjadikan Navara sangat menyenangkan dikendarai.

Keunggulan Nissan Navara : Tenaga mesin, tampilan eksterior, kendali presisi
Kelemahan Nissan Navara : Boros BBM, respons pedal gas, ban jalan raya

Mitsubishi Pajero Sport Dakar Hi-Power 4×4

Tahun : 2012 – 2014
Mesin : 2.477 cc 4-silinder, 176 HP
Harga : Rp 260 – 300 juta

Menggunakan unit berteknologi common-rail Direct Injection Diesel (DI-D) berpadu dengan Va­riable Geometry Turbo (VGT), dan dilengkapi intercooler membuat Pajero Sport Dakar 4×4 terasa begitu bertenaga.

Desingan khas mesin turbo masih terdengar menembus kabin. Terasa agak mengganggu, namun bagi beberapa orang karakter dan sensasi seperti ini yang sulit didapatkan dari mobil bensin. Pajero juga menyediakan paddle shift bagi konsumen yang ingin ‘bermain’ dengan mobilnya.

Meski begitu, soal kenyamanan Ia masih harus banyak belajar dari rivalnya. Pengendaliannya yang agresif, harus dibayar dengan setup suspensi yang tergolong keras serta konsumsi BBM yang lebih haus.

Keunggulan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Hi-Power 4×4 : Desain, performa, fun to drive
Kelemahan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Hi-Power 4×4 : Konsumsi BBM tak sebaik rival, kenyamanan

Audi Q5

Tahun : 2011 – 2014
Mesin : 1.984 cc 4-silinder, 225 HP
Harga : Rp 450 – 650 juta

Posisi terakhir pada Pilihan Mobil 4×4 Bekas dengan Kemampuan Offroad Mumpuni kali ini diduduki oleh Audi Q5. Mesin 2.000 cc milik Q5 mampu menghemat bahan bakar hingga 15% dari versi sebelumnya. Hal ini berkat kombinasi mesin standar direct fuel injection dengan turbocharger. Tersedia pula mode berkendara. Salah satunya mode Dynamic yang membuat performa mesin jauh lebih agresif dibanding mode Comfort. Setelan suspensi pun turut berubah mengikuti karakter mesin.

Kecanggihan sistem quattro dapat dirasakan efeknya pada mobil ini. Fitur Hill Descent akan bekerja maksimal untuk menahan laju mobil ketika turunan terjal. Ini membuat Q5 mampu memberikan keamanan dan kemudahan ketika melewati jalanan jelek. Namun, sama halnya dengan BMW X3 dan Chevrolet Captiva AWD, keandalan di medan berlumpur tidak akan sebaik ras 4×4 murni seperti Fortuner dan Pajero Sport.

Keunggulan Audi Q5 : Pengendalian, desain eksterior, performa mesin, kualitas kabin
Kelemahan Audi Q5 : Fitur tak selengkap rivalnya, pengontrol monitor sulit dijangkau, AC kabin belakang kurang dingin

Demikian beberapa rekomendasi kami mengenai Pilihan Mobil 4×4 Bekas dengan Kemampuan Offroad Mumpuni yang bisa Anda beli dalam keadaan bekas. Baca juga:

Pantaskah Membeli Mobil Bekas Tambang?

Pilihan Mobil 4x4 Bekas dengan Kemampuan Offroad Mumpuni

Pilihan Mobil 4x4 Bekas dengan Kemampuan Offroad Mumpuni - Pasar kendaraan 4WD memang tak terlalu menggiurkan. Namun dalam satu dekade terakhir, permintaan

Editor's Rating:
343
Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!