Mobil Bekas Tambang, Layakkah dibeli?

Untung Rugi Beli Mobil Bekas Tambang – Kini sedang marak beredarnya mobil double cabin bekas tambang ex perusahaan. Biasanya perusahaan yang menggunakannya, ialah yang berkecimpung dalam dunia tambang.

Yang menarik perhatian adalah harganya yang murah untuk dimiliki. Dengan memiliki kelebihan mampu melewati berbagian jenis jalan dan kemampuan off-road yang baik, apakah worth it untuk dimiliki?

Mobil Bekas Tambang : Kondisi Buruk

Pada umumnya konsumen enggan membeli double cabin bekas perusahaan tambang, karena memiliki kondisi yang buruk. Untuk memperbaikinya juga membutuhkan biaya yang besar.

Sebagai gambaran untuk Anda perbandingan harga mobkas Mitsubishi Strada Triton atau Toyota Hilux yang pernah digunakan oleh perusahaan tambang dengan milik pribadi, bisa berselisih sampai Rp 30 juta hingga Rp 50 juta. Wow. Sebuah angka yang menakjubkan, bukan?

Namun semua kembali kepada Anda. Kalau ternyata sesuai kebutuhan tidak masalah. Atau Anda ingin menjadikannya sebagai bahan untuk dimodifikasi ala off-roader, bisa jadi harga yang ditawarkan sesuai budget Anda.

Mobil Bekas Tambang : Wajib Restorasi

Nah, jika memang Anda sudah membulatkan tekat untuk membeli mobil bekas tambang, maka Anda harus menyiapkan dana jutaan hingga belasan juta untuk melakukan restorasi. Restorasi disini maksudnya hanya sekedar perbaikan part dan penambahan fitur agar nyaman digunakan sebagai kendaraan operasional harian.

Biasanya, perusahaan tambang hanya memesan mobil double cabin varian basic karena selain ekonomis, varian paling murah ini juga minim fitur kelisitrikan sehingga biaya perawatan juga bisa ditekan. Contoh dari fitur kelistrikan ini misalnya power window dan juga head unit. Bahkan bisa saja bahan jok sudah hancur sehingga membutuhkan pergantian total.

Penyakit mobil tambang paling banyak ada di kaki-kaki, suspensi dan juga kolong. Trek yang dilalui mobil-mobil ini tergolong cukup berat karena digunakan setiap hari untuk melalui medan offroad ringan hingga berat seperti contoh pada foto di atas. Nah, untuk pergantian satu set kaki-kaki saja sudah menghabiskan dana lebih dari 5 juta, belum termasuk 4 buah suspensi.

Selain itu, kolong mobil juga wajib di cek secara teliti karena bisa saja ada muncul karatan. Karatan kecil lama kelamaan akan menggoroti bagian kolong dan pastinya akan meluas. Walaupun di potong dan di las kembali tapi bekas las-lasan akan tampak kasat mata sehingga Anda akan susah ketika mobil dijual kembali. Kalaupun laku, resale value akan terjun bebas.

Itulah beberapa poin penting mengenai Mobil Bekas Tambang yang bisa Saya sampaikan. Jika ada masukan mohon diisi di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung 😁.

Leave a Reply