Pilihan Mobil 1.500cc Terlaris di Indonesia

Mobil 1.500cc Terlaris di Indonesia – Mobil terlaris tentu menjadi pertanda bahwa produk tersebut menarik bagi publik. Penerimaan pasar cukup luas dan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan mobilitas adalah beberapa syarat menjadi mobil 1.500cc terlaris.

Faktanya dari data Gaikindo, mayoritas dari deret mobil paling populer adalah mobil berkapasitas mesin 1.500 cc. Berdasarkan data tersebut, maka Saya merekomendasikan mobil-mobil bermesin 1.500 cc dari beragam kelas, baik SUV, hatchback, MPV hingga sedan. Manakah mobil bekas pilihan yang pa­ling sesuai dengan kebutuhan Anda?

Pilihan Mobil 1.500cc Terlaris di Indonesia

Toyota Vios

Citra kencang dan irit masih melekat pada Toyota Vios. Yup, mesin 1NZ-FE yang diusung terbilang sukses. Terbukti, mesinnya diadopsi sejak generasi pertama hingga sekarang. Ubahan yang dilakukan hanya pada penerapan throttle by wire dan perbandingan final gear yang diubah menjadi 4,0 dari sebelumnya 3,7.

Fitur yang diadposi pun tergolong lengkap untuk tipe menengah hingga tipe tertingginya . Tombol audio di kemudi, rem ABS sensor parkir hingga smart key telah hadir. Lalu posisi duduk yang lebih tinggi membuat ruang kaki menjadi kian lapang. Apalagi ditambah dengan lantai yang rata.

Tahun : 2008-2011
Mesin : 1.497 cc 4 silinder VVT-i, 109 Hp
Harga : Rp 90 – 110 juta

Keunggulan : Kencang, irit, tangguh, fitur lengkap
Kelemahan :  Image taksi, belum tersedia aux-in

Honda Jazz

Mesin bertenaga 120 Hp milik Honda Jazz ini merupakan yang terbesar di kelasnya. Meski kencang, namun jangan khawatir soal konsumsi bbm karena ia termasuk golongan mobil irit. Apalagi Jazz memiliki pengendalian mumpuni dan posisi mengemudi yang mantap.

Wajar bila resale value Jazz tergolong baik dan membuatnya sebagai mobil 1.500cc terlaris dalam kasta hatchback. Di satu sisi, ia tepat untuk Anda jadikan mobil investasi, tapi di sisi lain, memaksa Anda meningkatkan anggaran untuk menebusnya.

Tahun : 2008-2010
Mesin : 1.497 cc 4 silinder, 120 Hp
Harga : Rp 130 – 160 juta

Keunggulan : Fitur lengkap, kepraktisan, kabin lapang, tenaga mesin
Kelemahan :  Harga bekas masih mahal, warna lampu headunit

Toyota Yaris

Transporter memang pas untuk kaum muda. Hanya saja bukan sekadar untuk transporter anak muda. Ruang belakang saingan terberat dari Honda Jazz ini cukup luas dan sandaran dapat diatur dalam dua pilihan sudut. Sisi kepraktisannya juga ukup tinggi dengan banyaknya laci penyimpan.

Belum lagi, keandalan mesin 1NZ-FE yang bertenaga juga hebat soal kehematan BBM. Pilih­an varian beragam dan layak diajak berlibur buat Anda dan keluarga.

Tahun : 2006 – 2010
Mesin : 1.497 cc 4 silinder, 109 Hp
Harga : Rp 80 – 110 juta

Keunggulan : Laci penyimpanan, mesin efisien dan bertenaga
Kelemahan : Posisi mengemudi, bagasi sempit, model bukan selera semua orang

Toyota Avanza 1.5

Terlaris bukan berarti terbaik. Tapi sebagai keluarga besar Toyota, Avanza mendapat beberapa keistimewaan, terutama citra positifnya sebagai mobil 1.500cc terlaris. Populasinya begitu banyak dan memudahkan Anda memilih di pasar mobkas. Perawatan mudah dan banyak bengkel di luar authorized workshop yang bisa menanganinya.

Meski 1.5 merupakan pilihan termewah yang dimiliki Toyota dari generasi pertamanya, namun tak bisa dipungkiri tampilan Avanza mulai terlihat berumur. Terutama karena modelnya yang relatif tak berubah sejak 2004. Untungnya generasi kedua Avanza mampu merubah image kuno itu kembali segar terutama pada varian Veloz.

Tahun : 2011 – 2013
Mesin : 1.496 cc 4 silinder, 109 Hp
Harga : Rp 135 – 155 juta

Keunggulan : Populasi, perawatan mudah, citra Toyota, resale value
Kekurangan : Limbung, ruang penyimpanan terbatas, suspensi keras

Mitsubishi Xpander

Berstatus sebagai pendatang baru, ternyata Xpander mampu bersaing di kelas low MPV dan menjadi mobil 1.500cc terlaris di tahun 2018 dimana sebelumnya didominasi oleh Avanza dan Mobilio. Kejutan yang tak diduga ini setidaknya mampu mengangkat nama Mitsubishi di Indonesia yang sebelumnya hanya dipertahankan oleh Mitsubishi Strada dan Pajero Sport.

Membawa desain terbaru dengan lampu di bumper membuat mobil ini terlihat unik. Garis desain modern di sekujur tubuhnya yang mirip sebuah hatchback (baca : Honda Jazz) berhasil membuat orang di Indonesia jatuh hati. Maka tak ayal pada semester awal 2018, Mitsubishi kewalahan dalam memproduksi Xpander sebab rekor indent yang sangat panjang di dealer yang tersebar di seluruh pelosok tanah air.

Tahun : 2018
Mesin : 1.499 cc 4 silinder, 103 Hp
Harga : Rp 200 – 235 juta

Keunggulan : Design agresif, harga jual tinggi, bantingan lembut
Kelemahan : harga masih mahal, ground clearance rendah

Nissan Grand Livina 1.5

Untuk ukuran MPV kompak 7 seater, kabin Grand Livina bukanlah yang paling lega. Rendahnya kursi baris ketiga membuatnya ia lebih cocok dihuni anak kecil karena ruang kaki menjadi terbatas. Namun soal performa mesin dan stabilitas Grand Livina nomor satu.

Apalagi mesin HR15DE yang dipakai sangat efisien dalam mengolah BBM. Ground clearance sebesar 185 mm terhitung tinggi sehingga membuatnya leluasa melintasi jalan berlubang. Jadi mobil ini bisa menjadi pilihan tepat bagi yang menginginkan kenyamanan dan daya angkut tanpa me­ngorbankan rasa berkendara bagi sang pengemudi.

Tahun : 2007 – 2012
Mesin : 1.498 cc 4 Silinder CVTC, 109 Hp
Harga : Rp 85 – 130 juta

Keunggulan : Kelembutan suspensi, irit BBM, 7 seater
Kelemahan : Fitur, bangku baris ketiga belum terbagi 50:50, desain mulai membosankan

Toyota Rush

Ini dia SUV yang cocok untuk keluarga kecil berlibur dan menjadi mobil 1.500cc terlaris di kelas low SUV. Toyota Rush mampu mengakomodasi keluarga kecil dan barang. Tidak perlu khawatir, menata bawaan ekstra Anda dan keluarga. Ruang bagasi nan lapang siap menampung hal itu.

Mesin Rush, 3SZ-VE DOHC VVT-i, terbukti performanya. Tidak heran, kalau mesinnya juga diadopsi sejumlah transporter lain seperti Toyota Avanza S, Daihatsu Luxio, dan Terios.

Tahun : 2007 – 2010
Mesin : 1.496 cc 4 silinder, 109 Hp
Harga : Rp 130 – 150 juta

Keunggulan : Image Toyota, harga jual tinggi
Kelemahan : Leg room terbatas, sangat limbung, nafas pendek

Daihatsu Terios

Sebagai SUV tulen, Terios memiliki ground clearence tinggi yang membebaskan pemiliknya berpetualang. Data teknisnya kembar dengan Toyota Rush, namun kemewahannya tidak sebaik saudaranya dari Toyota itu. Tapi yang mengasyikkan, compact SUV ini dijual de­ngan harga yang lebih murah sehingga value for money-nya menjadi lebih baik.

Kabinnya, terutama ruang kaki, terasa agak terbatas karena harus dibagi untuk tujuh penumpang. Mesinnya meski tidak bertenaga besar, namun cukup tangguh dan mudah dalam perawatan.

Tahun : 2007 – 2010
Mesin : 1.496 cc 4 silinder, 109 Hp
Harga : Rp 90 – 125 juta

Keunggulan : Kapasitas 7 penumpang, ground clearence, value for money
Kelemahan : Image kurang mewah, legroom terbatas

Itulah beberapa poin penting mengenai Pilihan Mobil 1.500cc Terlaris di Indonesia yang bisa Saya sampaikan. Jika ada masukan mohon diisi di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung 😁.

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!