Pilihan Medium SUV Bekas Terbaik di Indonesia

Pilihan Medium SUV Bekas Terbaik di Indonesia – Bisa dibilang SUV semakin merajai rata-rata penjualan mobil di Indonesia. Kini segmen mobil ini telah bertransformasi, tidak hanya tangguh untuk berpetualang di alam bebas, justru karakter SUV yang terlihat macho menjadi salah satu tren yang paling digandrungi dan gaya hidup masyarakat urban.

Pilihan Medium SUV Bekas Terbaik di Indonesia
Pilihan Medium SUV Bekas Terbaik di Indonesia

Pilihan Medium SUV Bekas Terbaik di Indonesia

Berikut beberapa informasi menarik mengenai Pilihan Medium SUV Bekas Terbaik di Indonesia yang bisa Anda jadikan sebagai calon penghuni garasi rumah selanjutnya.

Kia Sportage Platinum

Tahun : 2014
Mesin : 1.998 cc 4 silinder, 158 HP
Konsumsi BBM tol/dalam kota: 7,3/12,7 km/l
Kapasitas Tangki : 55 liter

Di antara ketiga mobil ini, desain Kia Sportage yang Saya anggap terbaik. Pada Sportage kita akan menemukan aspek modern nan dinamis. Pada tipe ini ia sudah menggunakan mesin berkode Nu 2.0 D-CVVT yang memiliki tenaga 158 HP pada 6.000 RPM. Torsi maksimum 196 Nm sudah tersedia pada 4.000 RPM. Sebagai penyalur tenaga, Kia menyematkan transmisi 6 percepatan dengan perpindahan gigi yang halus.

Performanya saat uji sprint 0-100 km/jam dituntaskan dalam 12,6 detik. Urusan tenaga ia memang ketinggalan dari kedua rivalnya di bawah, hal ini disebabkan pergantian mesin yang dilakukan menurunkan tenaganya hingga 6 HP. Tapi Saya prediksi hal ini disebabkan mapping computer yang lebih diperuntukan kehalusan berkendara untuk memberi kenyamanan.

Urusan konsumsi BBM ia mencatatkan hasil 7,3 km/l untuk trip dalam kota dan 12,7 km/l untuk rute tol. Meski kehadiran unitnya di pasar mobkas tidak sebanyak Honda CR-V, tapi Anda juga tidak akan begitu sulit menemukannya.

Keunggulan Kia Sportage Platinum : Desain, fun to drive, kenyamanan
Kelemahan Kia Sportage Platinum : Tenaga mesin, akomodasi

Honda CR-V RM 2.4

Tahun : 2013 – 2014
Mesin : 2.354 cc 4 silinder, 190 HP
Konsumsi BBM tol/dalam kota: 9,1/14,6 km/l
Kapasitas Tangki : 58 liter

Dengan mesin 2.354 cc bertenaga 190 HP, menjadikan CR-V sebagai mobil paling bertenaga dibanding kedua rivalnya. Untuk akselerasi 0-100 km/jam tuntas dalam 10,4 detik. Selain itu, transmisi otomatisnya membuat mesin hanya berputar 1.700 RPM di 100 km/jam. Ini menghasilkan kehalusan impresif di jalan tol. Bila ingin lebih agresif, Anda selalu bisa menggunakan fitur paddle shift di kolom setir.

Mobil ini juga sudah disematkan kontrol kestabilan serta Hill Start Assist. Anda tak perlu kuatir mobil bergerak mundur saat sedang macet di tanjakan.

Urusan akomodasi penumpang juga luar biasa lega. Selain ruang kaki dan kepala berlimpah, ketiga penumpang belakang juga diberi sabuk pengaman tiga titik serta kursi yang bisa sedikit direbahkan. Ketersediaan mobil ini di pasar mobkas plus suku cadangnya tidak perlu diragukan lagi.

Keunggulan Honda CR-V RM 2.4 : Desain, tenaga, fun to drive, layanan purna jual
Kelemahan Honda CR-V RM 2.4 : Harga, suspensi, akomodasi

Suzuki Grand Vitara

Tahun : 2013 – 2015
Mesin: 2.393 cc 4 silinder, 166 HP
Konsumsi BBM tol/dalam kota: 7,9/11,6 km/l
Kapasitas Tangki : 58 liter

Secara bahasa desain Suzuki Grand Vitara memang tidak seagresif Honda CR-V dan Kia Sportage. Namun, urusan performa ia tidak bisa dianggap remeh. Tenaganya sudah tersedia sejak di putaran bawah. Sehingga memudahkan aktivitas menyalip kendaraan lain. Untuk akselerasi 0-100 km/jam, Grand Vitara membutuhkan 11,20 detik.

Performa tersebut disokong mesin J24B 2.393 cc 4 silinder VVT bertenaga 166 HPdan torsi 225 Nm pada 5.000 RPM. Dapur pacu ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis 4 percepatan.

Namun, untuk mendapatkan tenaga sebesar itu tentunya ia tidak bisa diajak kompromi soal konsumsi bahan bakar. Di rute dalam kota pencapaian terbaiknya 7,9 km/l. Sementara di jalan tol mencetak 11,6 km/l.

Namun, urusan akomodasi dan kepraktisan ia cukup andal. Bottle holder, cup holder dan ruang penyimpanan banyak tersebar di interior, amat memudahkan ketika ingin menaruh minuman atau barang-barang kecil seperti dompet dan handphone. Terlebih ruang kaki dan kepala pun lapang, sehingga penumpang leluasa bergerak dan tak cepat merasa lelah.

Dengan ground clearance tinggi dan bantingan suspensi empuk membuat Grand Vitara enak diajak bertualang. Sayangnya kondisi ini dibayar dengan munculnya gejala limbung kala menikung di kecepatan tinggi. Di pasar mobil bekas, Anda harus mengeluarkan perhatian lebih untuk memburunya, karena populasinya sedikit.

Keunggulan Suzuki Grand Vitara : Akomodasi, harga dan kepraktisan
Kelemahan Suzuki Grand Vitara : Desain, tenaga, konsumsi bbm cukup boros

Demikian beberapa informasi menarik mengenai Pilihan Medium SUV Bekas Terbaik di Indonesia. Dari tiga pilihan medium SUV ini, hati Saya jatuh pada Kia Sportage. Sebenarnya, nyaris berpindah hati kepada CR-V. Tapi harga di pasar mobil bekas untuk CR-V menjadi yang tertinggi di antara trio ini. Sedangkan, butuh tenaga ekstra untuk menemukan Grand Vitara di pasar mobkas plus konsumsi BBM-nya yang tak sebaik CR-V. Jadi Sportage dengan desain menawan serta performa yang cukup plus harga jual sepdadan menjadi keungulan lebih dibandingkan dua rival sekelasnya saat ini. Baca juga:

Rekomendasi Mobil dengan Ground Clearance Tinggi

Leave a Reply