Kia Sportage vs Hyundai Tucson vs Mitsubishi Outlander Bekas

Kia Sportage vs Hyundai Tucson vs Mitsubishi Outlander – Akhir-akhir ini, segmentasi mobil SUV kompak atau dikenal dengan sebutan crossover mulai populer di kalangan masyarakat. Dimensi kompak, ground clearance tinggi, dan handling yang baik menjadi alasan mengapa crossover kian diminati.

Nah, sebelum Honda HRV yang digadang-gadang sebagai crossover terbaik masuk ke Indonesia, ada beberapa pemain lama yang terlebih dahulu dikenalkan di tanah air. Diantaranya dua jagoan asal Korea yakni Kia Sportage dan Hyundai Tucson serta Mitsubishi Outlander yang lahir dari sebuah brand ternama asal Jepang.

Dari ketiga pilihan di atas, manakah yang terbaik? Berikut penjabaran mengenai Perbandingan Kia Sportage vs Hyundai Tucson vs Mitsubishi Outlander.

Kia Sportage vs Hyundai Tucson vs Mitsubishi Outlander Bekas
Kia Sportage vs Hyundai Tucson vs Mitsubishi Outlander Bekas

Kia Sportage vs Hyundai Tucson vs Mitsubishi Outlander

Kia Sportage

Tahun : 2010 – 2013
Mesin : 1.998 cc 4 silinder, 163 HP
Konsumsi BBM : 12.3 km/L (tol); 9.5 km/l (dalam kota)
Kapasitas Tangki : 55 liter

Pada Sportage generasi ketiga, Kia berhasil membuat tampilanya lebih menarik dan memikat dibanding model pendahulunya. Bodi membulat serta tarikan garis tegas nan simpel di sisi samping bodi mobil yang diikuti lengkungan manis untuk bagian belakang, menjadi daya tariknya.

Selain soal desain eksterior, yang menarik dari SUV Korea ini adalah fitur yang memadai. Sebut saja sunroof, Hill/Down Assist, dan traction control, namun fitur itu hanya hadir di versi CBU.

Sementara sektor mesin yang telah direvisi memberi performa lebih baik. Mesin yang menghasilkan tenaga 163 HP dengan torsi 196 Nm, lebih bertenaga pada putaran atas.

Keunggulan Kia Sportage : Desain, ground clearance, fitur
Kelemahan Kia Sportage : Kabin sempit, citra merek Harga: Rp 160 juta – 220 juta

Hyundai Tucson

Tahun : 2010 – 2013
Mesin : 1.988 cc 4 silinder, 166 HP
Konsumsi BBM: 14.6 (tol); 8.8 km/l (dalam kota)
Kapasitas Tangki : 55 liter

Tidak mau kalah, di 2010 Hyundai menggelontorkan Tucson dengan tampilan baru. Tampilan Tucson lebih modern dan cende­rung mengarah ke desain Eropa. Sosok atletis nan dinamis mendominasi pada Tucson.

Model ini lebih panjang 85 mm dengan 4.410 mm dan lebih lebar 20 mm dengan 1.820 mm dibanding model sebelumnya. Namun sosoknya jauh lebih modern dengan lampu depan sipit serta gril dan airdam heksagonal.

Sementara untuk mesin, Hyundai Tucson mengusung 1.988 cc dual CVVT. Tenaganya mencapai 166 HP dengan torsi maksimum 196 Nm. Dengan output itu, akselerasi 0-100 km/jam dapat diselesaikan dalam 11,1 detik. Sementara konsumsi BBM dalam kota 8,8 km/liter. Tak terpaut jauh dari rivalnya.

Keunggulan Hyundai Tucson : Desain, kesenyapan kabin, tenaga
Kelemahan Hyundai Tucson : Pengendalian, citra merek

Mitsubishi Outlander

Tahun : 2012-2013
Mesin : 1.998 cc 4 silinder, 155 HP
Konsumsi BBM : 14.8 (tol); 9.2 km/l (dalam kota)
Kapasitas Tangki : 63 liter

Mitsubishi mencoba peruntungan di segmen SUV kompak dengan mengha­dirkan Pabrikan Outlander. Desain produk pabrikan Jepang ini pun tampak memikat.

Tampilan luarnya, dihias dengan gril trapezoidal berlapis krom yang menginvasi bumper. Mereka menyebutnya Jet Fighter Nose. Selain itu Outlander telah dilengkapi dengan lampu HID dan bumper kokoh.

Outlander Sport dipersenjatai mesin serupa Lan­cer. Kapasitas 1.998 cc 4 si­linder mampu menyemburkan tenaga 155 HP dan torsi 198 Nm. Teknologi Mivec II membuatnya responsif. Sementara penerus daya menggunakan CVT 6-speed Invecs III. Dibanding dua rivalya ini, Outlander memiliki kelebihan dalam hal fun to drive dan pengendalian.

Keunggulan Mitsubishi Outlander : Desain, ground clearance
Kelemahan Mitsubishi Outlander : Fitur, suspensi, kabin sempit

Kesimpulan Kia Sportage vs Hyundai Tucson vs Mitsubishi Outlander Bekas

Produk asal Korea, Sportage dan Tucson memang memiliki keunggulan untuk memanjakan penumpang. Namun di pasar mobkas, citra merek dan populasi produk sangat berpengaruh pada harga jual. Sehingga, meski harga sedikit lebih mahal, Outlander menjadi pilihan yang untuk saat ini.

Demikian sedikit penjabaran mengenai Perbandingan Kia Sportage vs Hyundai Tucson vs Mitsubishi Outlander Bekas yang bisa dapat Anda temui dengan mudah di pasar mobil bekas. Baca juga:

Rekomendasi Crossover 200 Jutaan Terbaik

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!