Kelebihan dan Kekurangan All New Toyota Corolla Altis

Review Spesifikasi Toyota Corolla Altis Gen 3 – Toyota Corolla selalu menjadi salah satu kenangan indah sejak kecil. Mobil yang telah terjual lebih dari 40 juta unit di seluruh dunia ini, sudah saya kenal sejak generasi ke-4-nya (Corolla DX) baru lahir di Indonesia.

Bahkan beberapa tahun silam, sebuah Toyota Corolla generasi ke-7 dengan kode AE101 yang lebih dikenal dengan sebutan Great Corolla, pernah menemani Saya hingga kurang 7 tahun lamanya sebelum akhirnya memutuskan untuk berpaling ke mobil LCGC, Toyota Agya.

Dan kini, saya mendapatkan kesempatan untuk mencoba generasi Corolla paling baru yang diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor, Toyota Corolla generasi ke-11. Tak seperti sebelumnya, tampilan Corolla Altis terbaru ini sungguh mengagumkan.

Garis-garis lengkung dan membulat yang ada pada generasi-generasi Corolla sebelumnya telah berganti dengan garis-garis tegas bersudut yang menyiratkan agresivitas. Toyota menyebutnya sebagai keen look.

Di Indonesia, Toyota Corolla Altis ini menjadi generasi ketiga dalam keluarga Altis sebagai penerus Altis Gen 2 yang sudah lama beredar di tanah air. Ia dijual melalui Tipe G dan V dimana tipe G menggunakan transmisi manual sementara tipe V sebagai varian termahal bertransmisi matic CVT.

Dalam segmen sedan kompak, Corolla Altis diposisikan di antara market Vios Gen 3 dan Toyota Camry XV50 sekaligus bertugas sebagai penantang serius bagi Honda Civic FB, Mitsubishi Lancer EX, serta Chevrolet Cruze.

Review Spesifikasi Toyota Corolla Altis Gen 3

Berikut beberapa informasi penting mengenai Review Spesifikasi Toyota Corolla Altis Gen 3 di Indonesia yang beredar sejak tahun 2013 hingga 2018.

Review Spesifikasi Toyota Corolla Altis Gen 3 : Exterior

Dari depan, Corolla Altis Gen 3 tipe V tampak lebih modern dibandingkan pendahulunya berkat penggunaan lampu utama model proyektor berteknologi LED berikut dengan Daytime Running Lights (DRL) dan bersambung dengan grill krom yang dipadukan dengan garis kap mesin dari atas berlanjut ke bawah yang diikuti oleh lampu ramping dan sudut rapi dan indah.

Grill tersebut dirancang menonjol dan berbaur dengan desain bumper bawah. Tak lupa pula, pada bagian kiri dan kanan bumper Toyota Altis Gen 3 sudah dilengkapi sepasang lampu kabut dengan aksen hitam di sekelilingnya.

Seperti biasanya, tipe terendah selalu mendapat pemangkasan fitur. Disini, tipe G masih mengadopsi lampu halogen biasa dan absennya beberapa aksen garnish sehingga desainnya tampak biasa saja di mata Saya.

Review Spesifikasi Toyota Corolla Altis Gen 3
Eksterior Toyota Corolla Altis Gen 3 Tampak Depan

Pada bagian samping, tipe V menggunakan 17 inci model jari-jari dengan kombinasi warna hitam dan perak menambah kesan agresif mobil sedangkan tipe G duduk di atas velg aluminium 16 inci dengan desain monoton.

Dimensinya sendiri memang bertambah 80 mm lebih panjang, 15 mm lebih lebar dan 5 mm lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya yang menjadikannya tampak bongsor.

Review Spesifikasi Toyota Corolla Altis Gen 3
Eksterior Toyota Corolla Altis Gen 3 Tampak Samping

Beranjak ke bagian belakang, Corolla Altis terbaru ini mengusung lampu yang hampir menyerupai Camry, namun lebih lancip dengan sudut yang tajam. Di atas dudukan plat nomor diberi sentuhan krom demi menambah kesan mewah. Sepasang reflektor turut ditanamkan pada kedua sudut bumper bawah yang berguna untuk memantulkan cahaya dari sinar mobil lain di belakangnya.

Review Spesifikasi Toyota Corolla Altis Gen 3
Eksterior Toyota Corolla Altis Gen 3 Tampak Belakang

Review Spesifikasi Toyota Corolla Altis Gen 3 : Interior

Bonus besar datang dalam kabinnya. Ruang interior menjadi lebih lapang berkat dimensi luar yang membengkak. Ruang kepala, ruang bahu dan ruang kaki bertambah, dengan begitu siapa saja yang masuk ke kabinnya akan merasa nyaman, khususnya penumpang di baris belakang.

Kabar baiknya, pada edisi kali ini, Corolla Altis telah diproduksi dengan skema interior two-tone, yaitu warna badge pada garis tengah dan selebihnya dikelilingi oleh warna hitam. Jelas, ini adalah sebuah peningkatan dimana edisi sebelumnya hanya hadir dengan interior skema warna tunggal.

Untuk dashboard, Corolla Altis terlihat menggunakan desain dashboard yang juga digunakan pada SUV RAV4 terbaru, termasuk beberapa hiasan serat karbon mewah. Dashboard yang dalam dan rata memberikan keunggulan dalam hal tata panggung sistem audio. Apalagi Corolla Altis ini telah dilengkapi dengan sistem audio canggih yang dikembangkan khusus untuk varian V ini.

Head unit layar sentuh berukuran 6,95 inci memungkinkan penumpang dapat mengakses internet, memutar DVD, serta mendengarkan musik melalui port USB, AUX, micro SD dan koneksi iPod. Sistem navigasi juga telah tersemat di dalam head unit ini.

Sebagai catatan, saat dicoba, layar sentuh head unit ini memberikan respon yang lambat dan cukup sulit untuk dioperasikan segera. Perlu adaptasi dengan respon sentuhnya yang membuat saya berasumsi akan lebih sulit untuk mengoperasikannya dari balik kemudi.

Sayangnya, untuk tipe G mendapat beberapa pemangkasan fitur. Misalnya jok hanya berlapis fabric, bukan kulit seperti pada varian V, head unit tanpa layar sentuh dan tombol AC masih menggunakan tombol putar.

Review Spesifikasi Toyota Corolla Altis Gen 3
Interior Toyota Corolla Altis Gen 3 Tampak Dashboard

Meski begitu, secara keseluruhan kabin Corolla Altis ini terasa lapang. Bentuk dashboard yang rata di bagian muka menjadikan ruang kaki penumpang depan juga lapang. Penambahan jarak sumbu roda sebesar 100 mm menjadikan kabin belakang juga lebih luas.

Belum lagi kemampuan bangku belakang yang dapat diatur kemiringan sandarannya (reclining) menjadikan duduk sebagai penumpang belakang menjadi lebih nyaman.

Review Spesifikasi Toyota Corolla Altis Gen 3
Interior Kabin Penumpang Belakang Toyota Corolla Altis Gen 3

Review Spesifikasi Toyota Corolla Altis Gen 3 : Performa Mesin

Sayangnya, All New Corolla Altis Gen 3 hanya dibekali dengan pilihan mesin tunggal berkapasitas 1.8 liter. Hal ini tentunya akan mengundang rasa kecewa dari para penggemarnya dimana pada Corolla Altis gen 2 telah dilengkapi dengan dua pilihan mesin yang berkapasitas berbeda.

Trend permintaan konsumen dan alasan pilihan efisiensi menjadikan TAM kali ini hanya menyediakan Corolla Altis pilihan mesin 1,8 liter. Efisiensi tersebut di dapat berkat penggunaan transmisi otomatis 7-speed yang berteknologi CVT.

Tekan tombol start, dan suara mesin 2ZR-FE 4-silinder 1,8 liter menyala dengan tenang dan nyaris tak bergetar. Mesin ini serupa dengan mesin yang digunakan Corolla Altis generasi ke-10. Tenaga puncaknya mencapai 150 HP pada 6.400 rpm dan torsi maksimal 190 Nm pada 4.000 rpm.

Review Spesifikasi All New Toyota Corolla Altis Gen 3
Foto Mesin Toyota Corolla Altis Gen 3

Penggunaan CVT ini diklaim dapat menghemat bahan bakar hingga tujuh persen dibandingkan aplikasi mesin 2ZR-FE di Corolla Altis sebelumnya. Kemampuannya berkselerasi juga diklaim meningkat sebesar tiga persen, meski belum dapat dibuktikan, kecepatan 150 kpj dapat dengan mudah dicapai di jalan bebas hambatan.

Selain itu, sesuai dengan karakter CVT yang memang halus dalam hal perpindahan gear, hal tersebut juga dapat saya rasakan dalam pengendaraan Corolla Altis ini. Akselerasi terasa cepat, dan perpindahan gear nyaris tak terasa.

Meski begitu, jujur saja, Saya pribadi masih menyukai karakter transmisi matic konvensional seperti yang ada pada pendahulunya atau bahkan mobil-mobil lain yang diproduksi sebelum tahun 2006. Sensasi kickdown dan mobil langsung melesat rasanya memang sulit untuk Saya lupakan.

Review Spesifikasi Toyota Corolla Altis Gen 3 : Impresi dan Handling

Dari balik kemudi, posisi mengemudi ideal bisa dengan mudah didapat berkat pengaturan kursi secara elektrik. Mobil ini masih memberikan pengalaman berkendara seperti layaknya sebuah Corolla: nyaman, tenang dan seimbang.

Harapan akan sebuah pengendaraan yang menjadi lebih bergairah sebagaimana wajahnya berubah menjadi lebih agresif ternyata tak terwujud. Peredaman suspensinya pun tetap nyaman meski melewati permukaan jalan kurang rata dalam kecepatan menengah.

Salah satu hal yang meningkatkan kualitas pengendaraannya adalah adanya paddle shift di balik kemudi, untuk memindahkan gear. Ini menjadi salah satu fitur yang layak dicoba dalam perjalanan keluar kota seperti saat ini, meskipun, untuk menjadikannya ‘fun to drive’ masih belum maksimal karena respon perpidahan gear-nya terasa kurang cepat.

Tambahan lainnya yang perlu dimaksimalkan oleh Toyota pada Altis baru ini adalah fitur cruise control. Dengan pengendaraannya yang tenang di kecepatan tinggi, mengendarai Corolla Altis dengan cruise control tentunya dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi kelelahan mengemudi.

Pada kecepatan tinggi, pengendalian pada Corolla Altis baru ini sangat terbantu oleh respon kemudi yang sigap dan juga setting suspensi yang (sekali lagi) seimbang. Paduan MacPherson strut di depan dan torsion beam di belakang lebih banyak memberikan kenyamanan optimal dibandingkan sporty untuk bermanuver keras.

Selain itu penggunaan ban lebar untuk mendukung penggunaan velg 17 inci juga turut menunjang pengendalian. Efek negatifnya, di kecepatan tinggi suara gesekan ban dengan aspal terdengar menggangu di dalam kabin.

Seperti yang sudah disinggung di atas, terbukti mengoperasikan head unit dari balik kemudi sangat menyita konsentrasi. Untungnya, Corolla Altis ini telah memiliki tombol kontrol audio di lingkar kemudi yang membuat beberapa fungsi head unit dapat dikendalikan dari setir, terutama pengaturan volume sistem audio. Tapi untuk mengoperasikan browser atau sistem navigasi, Anda harus meminta bantuan penumpang di sebelah Anda atau berhenti terlebih dahulu demi keselamatan berkendara.

Namun, dalam hal pengendaraan, penggunaan transmisi manual 6-speed memberikan kesenangan mengemudi yang berbeda dibandingkan transmisi CVT. Perpindahan transmisi sesuai dengan kebutuhan dapat dilakukan di berbagai putaran mesin dengan lebih responsif.

Hasilnya, akselerasi terasa lebih cepat menggunakan transmisi manual. Selain itu di gear tertinggi (gear 6) pada kecepatan 120 kpj, putaran mesin masih berada di kisaran 2.500 rpm, yang dapat mengindikasikan konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Spesifikasi Toyota Corolla Altis Gen 3

  • Mesin : 2ZR-FE Dual VVT-i.
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup.
  • Tenaga : 150 HP @6.400 RPM.
  • Torsi : 190 Nm @4.000 RPM
  • Bore x Stroke : 80,5 mm x 88,3 mm.
  • Konsumsi bahan bakar: 7-10km / L (dalam kota), 9-13km / L ( luar kota)
  • Transmisi: manual 6-speed dan CVT Triptonic 7 percepatan.
  • Suspensi: Front McPherson strut independen, Belakang torsion beam.
  • Rival : Honda Civic FB, Mitsubishi Lancer, dan Chevrolet Cruze.
  • Penjualan: 2015 – 2018.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Corolla Altis Gen 3

Berikut beberapa informasi penting mengenai Kelebihan dan Kekurangan Toyota Corolla Altis Gen 3 di Indonesia yang dijual dari tahun 2013 hingga 2018.

Keunggulan Toyota Corolla Altis Gen 3

  • Desain modern dan sporty.
  • Nyaman.
  • Interior mewah.
  • Kompartemen banyak.
  • Fitur keselamatan lengkap.

Kelemahan Toyota Corolla Altis Gen 3

  • Harga mahal.
  • BBM tidak terlalu irit.
  • Fitur kabin biasa saja.
  • Limbung ketika bermanuver.

Demikian beberapa informasi penting mengenai Kelebihan dan Kekurangan Toyota Corolla Altis Gen 3 di Indonesia yang dijual dari tahun 2013 hingga 2018. Secara keseluruhan, mobil ini memiliki sisi fungsionalitas yang luar biasa bagi Anda yang telah berkeluarga dan menginginkan kenyamanan lebih dalam sebuah sedan middle class. Beberapa peningkatan yang dilakukan patut Anda jadikan alasan untuk meminang mobil ini. Baca juga:

Rekomendasi Sedan Mewah Bekas Harga Terjangkau