8 Kelebihan dan Kekurangan Oli Idemitsu 2T 2024

Jaldayat.com – Ingin tahu kelebihan dan kekurangan oli Idemitsu 2t? Oli Idemitsu memang dari dulu terkenal memiliki reputasi baik sebagai pelumas kendaraan dengan mesin 2 tak. Berbeda dengan produk lainnya, pelumas sudah dicampurkan dengan bahan bakar, sehingga proses pembakarannya lebih ramah lingkungan.

Meski memiliki banyak kelebihan sebagai pelumas kendaraan bermotor, ternyata oli Idemitsu memiliki sejumlah kekurangan yang membuat penggunanya kesulitan. Oli Idemitsu memiliki lebih sedikit variasi produk, kemudian jumlah ketersediaannya hanya terbatas pada beberapa titik lokasi tertentu.

Apa Itu Oli Idemitsu 2 Tak?

Tak merupakan istilah yang biasa digunakan untuk mengetahui jumlah langkah mesin kendaraan. Dalam mesin 2 tak hanya akan melalui proses hisap dan kompresi, sehingga terkadang hasil pembakaran oli atau pelumas tidak berjalan sempurna. Lalu apa itu oli Idemitsu 2 tak?

Berdasarkan penjelasan sebelumnya dapat disimpulkan, oli samping Idemitsu 2 tak adalah pelumas yang dirancang untuk kendaraan dengan sistem mesin 2 tak. Anda tidak bisa menggunakannya pada kendaraan mesin 4 tak karena akan menimbulkan aus dan kerusakan komponen lebih cepat.

Oli Idemitsu 2 tak termasuk merek pelumas berasal dari Negara Jepang, oleh sebab itu cukup banyak diminati oleh para pengendara di Indonesia. Oli Idemitsu memiliki kandungan bahan kimia aktif yang bisa membantu mengurangi gesekan antar mesin serta efisiensi penggunaan bahan bakar.

Baca Juga:  4 Kelebihan dan Kekurangan Oli Adnoc dan Harga

Kelebihan Oli Idemitsu 2T

Kelebihan Oli Idemitsu 2T

Oli Idemitsu bisa dijadikan pelumas kendaraan apa saja? Pelumas banyak digunakan pada kendaraan Suzuki RGR 150, Kawasaki Ninja 150 RR, Yamaha F1Z-R, Yamaha RX King, dan lainnya. Bagi Anda yang berminat menggunakan oli Idemitsu 2 tak, ketahui berbagai kelebihan produk pelumas tersebut.

1. Dirancang Teknologi Khusus

Sebagai pelumas non lokal, oli Idemitsu dirancang menggunakan teknologi khusus dari pabrikan agar bisa digunakan oleh kendaraan mesin 2 tak. Teknologi tergolong semi-sintetik, sehingga bisa diformulasi dari gabungan dua bahan dasar sintetis dengan mineral yang aman digunakan.

Gabungan dua bahan sintetis dan mineral membuat kualitas pelumas jauh lebih baik dibandingkan produk oli samping lainnya. Menggabungkan bahan sintetis dan mineral tentu bukanlah hal yang mudah, proses produksinya sudah menggunakan teknologi canggih terbarukan.

2. Lebih Ramah Lingkungan

Berdasarkan ulasan oli Idemitsu sebelumnya, Anda mungkin mengira bahwa oli Idemitsu sifatnya tidak ramah lingkungan. Apalagi pelumas dikhususkan bagi kendaraan dengan mesin 2 tak, oleh sebab itu proses pembakaran dalam kendaraan bisa menimbulkan pencemaran lingkungan.

Untuk mencegah hal itu terjadi, oli Idemitsu 2 tak diformulasi khusus guna mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan mesin. Saat digunakan sebagai pelumas kendaraan, oli Idemitsu 2 tak akan membuat mesin menghasilkan emisi gas buang lebih sedikit dibandingkan jenis oli lainnya.

3. Mampu Melindungi Mesin Lebih Optimal

Bagaimana pelumas bisa melindungi mesin kendaraan? Oli Idemitsu 2t mampu melindungi mesin kendaraan secara optimal karena kandungan bahan kimia aktif didalamnya. Bahan kimia terbukti mencegah mesin mengalami aus, sehingga mesin kendaraan lebih awet dalam jangka waktu lama.

Tidak hanya itu, kandungan bahan kimia aktif dalam oli Idemitsu 2t juga mampu membersihkan residu dalam silinder mesin. Jika mesin kendaraan dalam keadaan bersih dari kotoran, performa power stear saat dikendarai akan lebih terasa nyaman dan ringan tarikannya.

Baca Juga:  10 Kelebihan dan Kekurangan Oli Shell Advance Ultra Scooter 5W40

4. Cocok Berbagai Jenis Kendaraan

Apa kelebihan dan kekurangan oli Idemitsu 2t? Anda bisa menggunakan oli Idemitsu 2t pada berbagai jenis kendaraan bermotor matic maupun manual. Oli sudah diformulasi khusus berguna pada berbagai jenis kendaraan, sehingga para pengendara bisa pilih varian produk paling sesuai.

Banyak rider profesional menggunakan oli Idemitsu 2 tak karena membuat bunyi kendaraan tidak berisik serta tarikannya lebih nyaman. Wajar oli Idemitsu di Indonesia dibandrol dengan harga lebih mahal dibandingkan produk oli samping 2 tak lainnya. Bagaimana tertarik menggunakannya?

5. Viskositas Tinggi

Viskositas merupakan ukuran kekentalan fluida atau cairan yang bisa digunakan sebagai acuan kualitas produk pelumas kendaraan. Bagaimana viskositas oli Idemitsu 2t? Oli memiliki kestabilan viskositas tinggi, sehingga efektif digunakan dalam kondisi suhu rendah sampai tinggi.

Pelumas dengan kondisi viskositas seimbang, nantinya akan membantu memberikan perlindungan ekstra khususnya bagi kendaraan operasional berat. Kestabilan viskositas juga akan membantu merawat mesin kendaraan lebih awet, sehingga perlu rutin melakukan pergantian oli mesin.

Kekurangan Oli Idemitsu 2T

Kekurangan Oli Idemitsu 2T

Selain menawarkan sejumlah kelebihan, ternyata oli Idemitsu 2t memiliki kekurangan dari segi harga jual, ketersediaan produk, dan pilihan jenisnya. Sebelum memutuskan untuk menggunakan produk, ketahui kekurangan produk pelumas selengkapnya sesuai penjelasan berikut ini.

1. Variasi Produk Masih Terbatas

Apa kelebihan dan kekurangan oli Idemitsu 2t? Ditinjau dari segi kekurangannya, oli Idemitsu menawarkan variasi produk cukup terbatas. Anda hanya bisa menemukan beberapa tipe produk, tentu lebih lengkap merek pelumas mesin 2 tak lainnya.

Baca Juga:  5 Kelebihan dan Kekurangan Oli Rotary R30 2024

2. Harga Relatif Tinggi

Keberadaan produk oli Idemitsu di Indonesia cukup langka, sehingga banyak bengkel besar bisa menjualnya dengan harga tinggi. Beberapa bengkel bisa membandrolnya seharga Rp125.000 per botolnya, padahal sebenarnya pasaran oli lebih terjangkau setidaknya Rp50.000-69.000.

3. Ketersediannya Cukup Terbatas

Biasanya oli Idemitsu 2t hanya sering ditemukan di toko otomotif besar, namun ketersediaannya masih sangat terbatas pada beberapa titik lokasi. Bagi Anda yang memiliki tempat tinggal di area pedalaman mungkin akan sangat susah menemukan produk oli Idemitsu 2 tak.

Kelebihan dan kekurangan oli Idemitsu 2t bisa menjadi pertimbangan para pengendara saat akan memilih pelumas paling cocok dengan kendaraan. Oli Idemitsu 2 tak memang memiliki kualitas bagus untuk merawat mesin kendaraan, namun sayangnya variasi produk masih sangat terbatas.

Harga oli Idemitsu 2T

Harga oli Idemitsu 2T di Indonesia tergantung pada jenis, ukuran serta lokasi tempat Anda tinggal. Berikut kisaran harganya per hari ini dari yang termurah sampai termahal:

  • Oli Idemitsu 2T kemasan 0.8 liter: Rp 53.000 – Rp 82.000
  • Oli Idemitsu 2T FC-Semi Synthetic kemasan 0.8 liter: Rp 61.000 – Rp 155.000

Baca Juga:

error: