Jarak Tempuh Oli Shell Helix HX5 untuk Mobil 2024

Jaldayat.com – Shell Helix HX5 adalah produk oli mesin premium keluaran perusahaan ternama, Shell. Dikenal dengan kemampuannya memberikan perlindungan maksimal terhadap mesin, oli ini tetap membutuhkan penggantian berkala. Lantas, berapa jarak tempuh oli Shell Helix HX5 untuk mobil?

Seperti oli mesin lainnya, produk Shell juga memiliki batas waktu penggunaan. Anda harus benar-benar memperhatikan kapan oli harus diganti demi menjaga performa mesin. Pasalnya, membiarkan oli terlalu lama justru akan membuat performa mesin menurun bahkan memperpendek usia pakai.

Keunggulan Oli Shell Helix HX5

Keunggulan Oli Shell Helix HX5

Anda sedang bingung menentukan apakah Shell Helix HX5 bisa jadi pilihan tepat untuk mobil Anda? Kenali beberapa keunggulan produk tersebut agar Anda dapat menentukan dengan lebih bijak. Berikut ini sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh Shell Helix HX5.

1. Kualitas Oli Terjaga

Salah satu hal menakjubkan yang ditawarkan oleh Shell Helix H5 adalah ketahanan terhadap oksidasi. Produk ini mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap oksidasi sehingga kualitas oli tetap terjaga meskipun telah digunakan dalam jangka waktu lama.

2. Meningkatkan Efisiensi Mesin

Shell Helix HX5 mampu mengurangi gesekan pada mesin saat digunakan berkendara. Berkurangnya gesekan antar permukaan komponen mesin mampu meningkatkan efisiensi dan performa mesin. Selain itu, pelumasan yang baik juga dapat mengurangi panas yang muncul akibat gesekan.

Baca Juga:  Kapasitas Oli Mesin Mobil Kijang Kapsul dan Tips Awet

Berkurangnya gesekan dan panas pada mesin menghasilkan sejumlah manfaat, antara lain mesin tidak cepat rusak, tidak mudah aus, dan lebih tahan lama.

3. Menjaga Komponen Tetap Bersih

Shell Helix HX5 diformulasikan dengan teknologi sintetis yang bermanfaat untuk menjaga mesin tetap bersih. Menjaga kebersihan komponen mesin sangat penting guna menghindari sumbatan. Selain itu, mesin yang bersih akan bekerja lebih optimal dan tidak mudah rusak akibat endapan lumpur atau kotoran.

Berapa Jarak Tempuh Oli Shell Helix HX5 untuk Mobil?

Berapa Jarak Tempuh Oli Shell Helix HX5 untuk Mobil

Anda bisa merasakan sederet keunggulan di atas apabila oli dalam kondisi baik. Salah satu cara untuk memastikan oli selalu dalam kondisi baik adalah dengan melakukan penggantian secara berkala.

Ganti oli Shell mobil berapa km? Jarak tempuh Shell Helix HX5 adalah sekitar 12.000 km atau 6 bulan untuk memberikan perlindungan maksimal. Namun, waktu penggantian bisa lebih cepat atau lama tergantung pemakaian dan kondisi mobil yang Anda miliki.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi jarak tempuh oli mesin, antara lain:

1. Kondisi Jalan

Kondisi jalan yang cukup menantang menjadi salah satu penyebab Anda harus mengganti oli mesin lebih cepat dari yang seharusnya. Apabila Anda sering menghadapi kemacetan di jalan, maka tidak perlu menunggu hingga 12.000 km karena biasanya oli akan lebih cepat berkurang dan menghitam.

2. Temperatur

Suhu mesin juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi jarak tempuh mesin. Semakin lama mesin dibiarkan berada pada suhu yang panas, maka oli akan cepat berkurang sehingga mempercepat jadwal penggantian.

Baca Juga:  Kapasitas Oli Transmisi Xenia 1300cc dan Jadwal Ganti Oli

3. Gaya Mengemudi

Apabila Anda ingin memperpanjang jarak tempuh oli mesin, maka Anda perlu memperhatikan gaya mengemudi. Kendarailah mobil Anda dengan baik. Hindari mengemudi secara ugal-ugalan karena dapat memperpendek jarak tempuh oli.

4.  Jenis Mobil

Terakhir, jenis mobil juga sangat mempengaruhi jarak tempuh oli. Anda mungkin perlu membaca spesifikasi kendaraan untuk mengetahui waktu penggantian oli yang ideal.

Harga Oli Shell Helix HX5

Setelah mengetahui jarak tempuh oli Shell Helix HX5, kini saatnya Anda mengetahui harga produk ini. Tentunya Anda perlu menyiapkan dana khusus apabila jadwal penggantian sudah dekat agar oli bisa segera diganti di waktu yang tepat.

Harga oli Shell Helix HX5 bervariasi tergantung ukuran.

Berikut rinciannya:

  • Shell Helix HX5 4L kurang lebih Rp400.000
  • Shell Helix HX5 1L kurang lebih Rp90.000.

Kapan Harus Ganti Oli Mobil?

Meskipun Anda sudah mengetahui jarak tempuh Shell Helix HX5, Anda tidak bisa sepenuhnya berpatokan pada hal tersebut. Pasalnya, beberapa kondisi mungkin membuat oli harus diganti lebih cepat. Oleh sebab itu, Anda perlu mengenali tanda-tanda oli mobil harus segera diganti.

1. Tersisa Sedikit Oli

Gunakan tongkat pengukur untuk mengukur oli mesin yang terdapat di dalam tangki. Seiring berjalannya waktu, oli akan semakin berkurang sehingga dapat menurunkan performa mesin. Apabila tongkat pengukur mengindikasikan oli tinggal sedikit, maka Anda harus segera mengganti oli.

Sebelum melakukan cara ini, pastikan mobil dalam keadaan mati dan dingin. Buka kap kemudian gunakan tongkat pengukur yang biasanya sudah tersedia.

2. Mesin Terasa Kasar

Ada berbagai faktor yang menyebabkan mesin mobil terasa kasar, salah satunya adalah mobil perlu ganti oli. Apabila Anda merasakan getaran mobil lebih kasar dari biasanya, hal ini mungkin menjadi pertanda bahwa kondisi oli sudah tidak bagus.

Baca Juga:  10 Kelebihan dan Kekurangan Oli Castrol Go 2024

Setelah mengganti oli, biasanya getaran mesin akan berkurang bahkan cenderung terasa halus. Namun jika mesin masih bergetar kasar meskipun oli sudah diganti, Anda mungkin perlu melakukan pengecekan lebih lanjut.

3. Tanda Peringatan Menyala

Bagi Anda yang tidak ingin repot, cukup tunggu hingga indikator oli menyala. Sebagian besar mobil, terutama keluaran terbaru, mempunyai fitur indikator oli yang memberitahukan tekanan oli. Indikator ini biasanya akan menyala apabila tekanan oli sudah cukup rendah.

Dengan menunggu peringatan tersebut muncul, Anda tidak perlu melakukan pengecekan secara manual. Segera setelah indikator menyala, bawa mobil Anda ke bengkel atau Anda bisa mengganti oli sendiri di rumah.

Jarak tempuh oli Shell Helix HX5 untuk mobil cukup panjang yaitu mencapai 12.000 km atau sekitar 6 bulan. Namun Anda tetap perlu memperhatikan beberapa faktor yang mungkin membuat jadwal penggantian menjadi lebih cepat.

Baca Juga:

error: