Komparasi Jeep Grand Cherokee Overland vs BMW X5 di Indonesia

Jeep Grand Cherokee Overland vs BMW X5 xDrive35i M Sport di Indonesia – Kami mencoba Jeep Grand Cherokee Overland 3.0 lawan BMW X5 di Indonesia. Ia menantang Anda untuk membawanya ke medan apapun. Dari lalu lintas perkotaan berpermukaan aspal, hingga kondisi terjal dengan batu dan lumpur menghadang.

Rasanya tak sulit untuk memahami bahwa mobil yang satu ini adalah produk Amerika murni, atau Jeep tepatnya. Dimensi bongsor dengan garis tegas memberi kesan macho pada Grand Cherokee. Begitu juga tujuh buah garis vertikal pada gril depan dan headlamp mungil menghasilkan tatapan dingin. Kombinasi sempurna untuk mengintimi dasi kendaraan lain di sekitarnya.

Jeep Grand Cherokee Overland vs BMW X5 di Indonesia

Jeep Grand Cherokee Overland vs BMW X5 di Indonesia
Jeep Grand Cherokee Overland vs BMW X5 di Indonesia

Jeep Grand Cherokee Overland tidak seperti salah satu rivalnya, BMW X5, adalah mobil yang memberi porsi lebih pada kapabilitas off -road. Berikan Grand Cherokee kubangan lumpur atau medan berbatu terjal, maka fitur Selec-Terrain akan dengan senang hati menerimanya.

Itu bisa terjadi berkat kemampuan komputer mengelola traksi roda secara aktual. Dengan mengatur sistem penggerak mulai dari transmisi, transfer case, kontrol traksi, rem hing ga ketinggian mobil, secara otomatis mobil akan menyesuaikan diri dengan medan yang dihadapi.

Totalnya ada 5 pilihan pada Selec-Terrain yakni Snow (salju), Sand (pasir), Mud (lumpur), Rock (batu) dan Auto. Rock misalnya, transfer case akan mengaktifkan rasio low-range untuk mengoptimalkan laju di kecepatan sangat rendah. Pun dengan ground clearance yang diset pada titik ter tinggi (274 mm) agar mudah mengangkangi batu.

Begitu juga saat mode Mud atau lumpur. Tenaga mesin seperti dibatasi dan kontrol traksi beraksi dengan sangat sensitif. Tujuannya? Agar roda tidak mudah overspin di permukaan yang sangat licin. Namun, jikapun itu masih membi ngungkan Anda, maka cukup masuk ke mode Auto maka komputer akan mendeteksi sendiri permukaan apa yang sedang dilalui.

Oke, hasil tes kami membuktikan ia jago di off -road. Lantas bagaimana dengan pengendaraannya di jalan aspal? Harus diakui bahwa ia merupakan transporter multi-talenta. Handling mungkin tidak setajam BMW X5, tapi bukan berarti ia buruk. Tekuk saja setirnya maka ia menikung dengan tenang di kecepatan tinggi. Bukan yang sangat akurat tapi setidaknya ia tidak limbung berlebih.

Peredaman suspensi pun juga terhitung baik. Kalau untuk sekadar melindas speedbump di jalan, ia mampu mengkonversi itu menjadi guncangan lembut di kabin. Terlebih soal kenyamanan, ia termasuk luar biasa karena jok yang empuk itu masih dibalut kulit lembut dengan kelegaan legroom dan headroom khas Big Luxury SUV.

Untuk keselamatan dan kenyamanan, Jeep Grand Cherokee Overland dibekali banyak sekali fitur. Selain Selec-Terrain, sistem AC climate control dual zone itu juga menghadirkan blower pada jok depan. Sangat efektif menangkal teriknya matahari tropis. Pun begitu dengan hiburan audio-visual dengan kualitas Blue-Ray dan speaker 506 watt. Jika ingin lebih personal, tersedia headphones untuk penumpang belakang.

Jeep Grand Cherokee Overland ini adalah generasi penerus yang menggunakan mesin Pentastar V6 2.985 cc. Mesin ini melecut daya 230 HP dengan dorongan torsi 285 Nm. Tidak impresif memang, tapi dipadu girboks 8 percepatan yang eksibel pengendaraan Grand Cherokee jadi terasa sigap.

Di akselerasi 0-100 km/jam diselesaikannya dalam tempo 10,2 detik. Jauh dari kata kencang bahkan untuk ukuran SUV luks sebesar ini. Namun, enaknya di rentang ke cepatan berapa pun ia terasa cekatan untuk bergerak.

Transmisinya sungguh membantu untuk mendahului kendaraan di depan. Termasuk di tanjakan, transmisi cukup luwes untuk segera menurunkan gigi ketika pedal diinjak lebih dalam. Di balik semua kenyamanan dan kemewahannya saat melaju di jalan aspal, yakinlah bahwa Jeep Grand Cherokee Overland adalah mobil yang sangat tangguh di medan off-road. Ketang guhannya bahkan lebih baik dari beberapa rival nya jika berhadapan dengan medan sangat berat. Tinggal pertanyaan berikutnya, apakah sang pemilik tega menceburkan SUV mewah ini ke lumpur dalam?

Spesifikasi BMW X5 xDrive35i M Sport

Mesin : 3.000 cc 6-silinder turbo, 305 HP
0-100 km/jam: 6,7 detik
Harga: Rp 1,499 miliar (off the road)

Keunggulan BMW X5 xDrive35i M Sport : Handling, performa, posisi duduk
Kelemahan BMW X5 xDrive35i M Sport : Harga, kapabilitas offroad, sistem suspensi

Demikian sekilas pandang mengenai Jeep Grand Cherokee Overland vs BMW X5 di Indonesia. Baca juga:

Rekomendasi SUV Mewah Bekas di Indonesia

Komparasi Jeep Grand Cherokee Overland vs BMW X5 di Indonesia

Jeep Grand Cherokee Overland vs BMW X5 xDrive35i M Sport di Indonesia - Kami mencoba Jeep Grand Cherokee Overland 3.0 lawan BMW X5 di Indonesia. Ia menantang Anda untuk membawanya ke medan apapun. Dari lalu lintas perkotaan berpermukaan aspal, hingga kondisi terjal dengan batu dan lumpur menghadang.

Editor's Rating:
354