Tips Panduan Memilih Kabel Jumper Aki Mobil

Tips dan Panduan Memilih Kabel Jumper Aki Mobil – Aki merupakan perangkat vital di mobil. Jika aki tak mampu lagi menyimpan arus listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin, maka kabel jumper kerap jadi solusinya.

Berbagai merek kabel jumper aki dengan berbagai jenis bahan dan fitur dijual di pasar. Ada yang menawarkan harga terjangkau, ada pula ragam bahan penjepit. Untuk memudahkan Anda, sebaiknya kualitas bahan kabel jumper aki mulai dari penjepit, kabel, hingga fiturnya diketahui.

Tips Panduan Memilih Kabel Jumper Aki Mobil

Nah, untuk itu, kami kumpulkan 5 produk kabel jumper yang dipasarkan di beberapa toko aksesori. Berikut beberapa Tips Panduan Memilih Kabel Jumper Aki Mobil yang beredar di pasaran. Manakah yang terbaik?

Arsuma Booster Cable

Rating : * *
Harga : Rp 105.000
Panjang : 2,5 Meter

Kabel jumper aki ini merupakan kabel yang paling murah dalam pengetesan kali ini. Sayangnya, material penyusun kabelnya pun ternyata sesuai dengan harganya. Bahkan kabel berwarna hitam-merahnya yang tipis mengingatkan kita pada kabel audio.

Memang cukup mudah menggunakan kabel ini lantaran 2 kabelnya menyatu sehingga tidak terbelit satu-sama lain. Tapi gagang penjepitnya kecil dan grip licin ketika digenggam. Selain itu gerigi rahang pen­jepitnya terlampau renggang.

Nankai Booster Cable

Rating : * * *
Harga : Rp 140.000
Panjang : 2,5 meter

Material kabel lansiran Nankai ini memang biasa saja. Balutan warna hitam dan merah pada masing-masing kabel tampak seperti kabel jumper aki pada umumnya. Namun, material rahang penjepitnya sudah menggunakan tembaga dengan ketebalan yang memadai. Pemasangannya pun cukup mudah karena rahangnya cukup ringan untuk dibuka.

Sayangnya, desain geriginya tak terlalu baik untuk mencengkeram terminal aki. Karet pada gagang penjepitnya pun sangat kecil sehingga cukup memerlukan kehati-hatian untuk memegangnya.

Fire Eagle Jumper Leads

Rating : * * *
Harga: Rp 150.000
Panjang kabel: 2,5 meter

Bahan penjepitnya menggunakan bahan yang umum yakni plat galvanis. Per pada penjepit ringan ditekan dan memudahkan. Tapi dengan gerigi penjepit yang besar, ternyata cukup menyulitkan dalam pemasangan karena harus presisi dalam memposisikannya di terminal aki.

Bahan pembungkus kabel menggunakan superior PVC yang tampak meyakinkan dan tidak mudah panas. Fitur uniknya adalah menyatunya kedua kabel sehingga kabel tak mudah terbelit, berbeda dengan jenis kabel jumper terpisah yang cukup menyita waktu untuk menggunakannya.

Di lain sisi, bahan karet pada gagang penjepit agak licin dan finishing-nya kurang rapi. Sementara kabel berwarna kuning cukup membantu ketika sedang melakukan jump start di daerah yang gelap. Dengan harganya, ia masih sulit bersaing dengan kontestan lainnya.

Ace Booster Cable

Rating : * * * * [RECOMENDED]
Harga : Rp 325.000
Panjang : Rp 4,9 meter

Ace memang memberikan kualitas terbaik untuk material kabel jumper ini. Material pembungkus kabelnya bagus, dengan warna kuning menyala sehingga memudahkan penggunaan dalam kondisi minim cahaya.

Material rahang penjepitnya menggunakan tembaga yang cukup tebal dan terbungkus karet dengan rapi. Sehingga aman bagi tangan. Desain penjepitnya pun ergonomis ketika digunakan, meski agak keras ketika membukanya tapi dapat menjepit terminal aki dengan baik berkat gerigi yang rapat.

Tersedia pula stiker yang bersinar dalam gelapsebagai penunjuk kutub positif/negatif. Dengan panjang kabel nyaris 5 meter, sehingga memudahkan pemasangan lantaran tak perlu mempertemukan kedua muka mobil. Namun semua itu mesti ditebus dengan harga tertinggi di tes ini.

Vitatools BoosterCable

Rating: * * * * * [BEST BUY]
Harga: Rp 175.000
Panjang: 2,5 meter

Memang tampilan fisiknya biasa saja, dengan kabel merah dan hitam seperti kabel jumper pada umumnya. Namun gerigi pada penjepitnya berukuran kecil sehingga dapat menjepit dengan mudah terminal aki. Meski cukup keras untuk membuka rahang penjepitnya, tapi ia menyediakan grip yang cukup panjang agar mudah digenggam. Material penjepit menggunakan stainless steel sehingga tak akan mudah berkarat.

Material kabelnya pun cukup baik, terlihat dengan banyaknya tembaga yang dihubungkan ke penjepit. Bahan pembungkus kabel pun tebal dengan finishing yang rapi pada kabel dan penjepit.

Demikian beberapa Tips Panduan Memilih Kabel Jumper Aki Mobil yang beredar di pasaran baik online maupun offline. Secara keseluruhan, Kami tentukan beberapa parameter untuk pengetesan ini. Seperti fisiknya berupa bahan penjepit dan ketebalan kabel yang akan mempengaruhi umur serta ketahanan kabel jumper aki ini. Lalu kepraktisan penggunaan, yakni kemudahan aplikasi yang mencakup tingkat kekerasan untuk membuka penjepit dan kemudahan menjepit terminal aki. Terakhir adalah faktor harga.  Baca juga:

Cara Aman Ganti Aki Mobil

Incoming search terms:

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!