Tips Membeli Toyota Fortuner Diesel Bekas

Tips Membeli Toyota Fortuner Diesel Bekas – Toyota Fortuner merupakan salah satu SUV ladder frame paling sukses di Indonesia sebelum akhirnya ia mendapatkan perlawanan yang juga mulai masuk ke segmen ini. Seperti Mitsubishi Pajero Sport, Isuzu MU-X, hingga Chevrolet Trailblazer. Varian dieselnya lebih populer dibandingkan varian bermesin bensin. Untuk itulah pada kali ini Saya akan membahas mengenai Tips Membeli Toyota Fortuner Diesel Bekas khususnya tipe VNT yang mendapatkan update terbesar di sektor mesin sejak generasi pertamanya muncul pada tahun 2007 silam.

Toyota Fortuner diesel mulai tahun 2013 sudah pakai teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT). Prinsip kerja teknologi ini sederhana saja. Di dalam rumah turbo terdapat 12 bilah nozzle yang mengelilingi turbin yang diputar oleh gas buang. Saat putaran mesin rendah, putaran turbin masih lemah. Sudut antar nozzle dipersempit.

Udara yang mengalir naik kecepatannya dan turbo berputar lebih kencang. Positifnya, isapan udara segar ke intake semakin banyak. Analoginya seperti Anda menekan ujung selang agar air dapat menyembur lebih jauh.

Turbo lag yang biasa terjadi di putaran mesin rendah dapat dihilangkan karena mesin tidak pernah kehabisan napas. Intercooler yang mendinginkan suhu udara dan memperbesar densitasnya di saluran masuk memaksimalkan hasilnya.

Fortuner diesel ini mengandalkan mesin berkode 2KD-FTV dengan kapasitas 2.500 cc 4 silinder bertenaga 144 HP di 3.400 rpm dan torsi maksimum 350 Nm di 1.600-2.800 rpm. Sayang transmisinya masih 4-speed konvensional untuk yang otomatis dan 5-speed manual.

Namun, performanya terbilang lebih dari memadai. Saat pertama dirilis Jaldayat mengujinya. Ia mencatat sprint 0-100 km/jam hanya dalam 12,4 detik. Sementara konsumsi BBM-nya tercatat 14,6 km/l di tol dan 11,8 km/l di dalam kota.

Anda bisa pilih tipe G TRD Sportivo jika ingintampilan luar lebih keren dan gagah. Model ini mendapatkan balutan body kit TRD Sportivo. Aplikasi panel sporti TRD Sportivo terlihat di front bumper spoiler, front fender mirror, rear bumper spoiler, roof spoiler dan muffler cutter. Imbuhan logo VNT berkelir merah di sisi kanan bagasi sebagai penegas eksistensinya.

Tidak hanya itu, suspensinya juga sudah menggunakan versi TRD Sportivo yang lebih keras dari versi standar. Memang risikonya bantingan suspensi terasa lebuh keras, tapi ia lebih stabil saat manuver cepat.

Di dalam, karena mengambil basis tipe G, jok masih dibalut fabric. Desain dasbor kalah keren dari versi saat ini. Fitur cukup lumayan walau bukan yang terbaik di kelasnya. Ia sudah punya AC climate control, head unit double DIN, kontrol audio di setir, dan monitor atap untuk penumpang belakang.

Tips Membeli Toyota Fortuner Diesel Bekas

Memanfaatkan mesin diesel, Anda mesti memastikan bahwa pemilik sebelumnya menggunakan BBM yang sesuai. Jika ragu, silakan bawa ke bengkel resmi guna memastikan. Sekalian Anda juga bisa memeriksa track record-nya dan komponen lain yang dikhawatirkan bermasalah.

Risiko bahan bakar yang tidak sesuai dapat merusak pompa dan filter BBM serta injektor. Komponen ini tidak ada yang murah harganya. Jadi Anda pastikan itu sebelum membelinya.

Periksa juga kondisi suspensi depan dan belakang. Apalagi bila pemilik sebelumnya gemar modifikasi pelek atau bermain light off-road. Atau bisa karena pemilik lama merasa suspensinya terlalu keras dan mengganti dengan produk aftermarket.

Demikian beberapa panduan mengenai Tips Membeli Toyota Fortuner Diesel Bekas. Semoga membantu, baca juga :

Pilihan Mobil SUV Bekas 7 Seater Terbaik