Tips Membeli Toyota Avanza Gen 1 Bekas

Tips Membeli Toyota Avanza Gen 1 Bekas – Harga jual mobkas Toyota Avanza bisa dikatakan sangat stabil. Dapat dilihat dari perbedaan harga antara Avanza 1.5 S A/T bekas dan baru. Bekas tahun 2007 masih dijual pada kisaran harga Rp 90 jutaan, sedangkan barunya saat ini berada di angka Rp 174,225 juta. Hanya terjadi depresiasi Rp 84,225 juta. Padahal selisih usianya untuk saat ini sudah mencapai 12 tahun.

Kenyataan tersebut yang membuat banyak orang memilih Toyota Avanza. Apalagi ketiadaan model people carrier yang perawatannya segampang Avanza sehingga membuat orang tidak dapat berpaling dari Avanza bekas. Terutama untuk yang tinggal di luar ibukota besar.

Tips Membeli Toyota Avanza Gen 1 Bekas
Tips Membeli Toyota Avanza Gen 1 Bekas

Toyota Avanza 1.5 S sendiri pertama hadir bulan Oktober 2006. Kemunculannya sebagai pengganti tipe 1.3 S yang telah ada sejak tahun 2006. Penambahan kapasitas mesin dari 1.298 cc menjadi 1.495 cc adalah penegas perbedaan kelas dengan model di bawahnya, yaitu G dan E. Selain memberi kesan mewah, kenaikan volume mesin membuat tenaganya naik dari 92 HP menjadi 109 HP. Sedangkan torsinya naik dari 122 Nm menjadi 141 Nm. Untuk transmisi tersedia pilihan 5-speed manual dan 4-speed otomatis.

Tak ayal, akselerasi Avanza turut meningkat. Model 1.5 S A/T menuntaskan 0-100 km/jam dalam waktu 14,1 detik. Sedangkan 1.3 A/T butuh 16,2 detik. Kendati demikian, konsumsi bbm keduanya mirip. Tipe 1.5 otomatis mencetak 14,1 km/l untuk tol dan 10,4 km/l untuk dalam kota. Sementara 1.3 otomatis sedikit lebih irit dengan 14,5 km/l untuk tol dan 10,7 km/l untuk dalam kota.

Daya tarik lain Avanza Gen 1 termahal ini ada pada tampilan luar. Bumper depan dengan lip spoiler menyatu membuatnya tampak sporty. Bentuk lubang udaranya lebih luwes dan modern ketimbang yang lain. Tak luput, foglamp diberi lis krom memikat. Desainnya pun berbeda dari model lain.

Pelek alloy 15 inci menghiasi sisi samping. Satu inci lebih besar dari model lebih murah. Aplikasi lampu sein pada spion samping adalah pembeda berikutnya. Sementara side skirt minimalis dan roof spoiler kian mengentalkan aroma kencang.

Sistem audio Double-DIN dilengkapi pemutar CD dan tweeter di pilar A. Rem ABS serta footrest untuk pengemudi merupakan fitur tambahan berikutnya yang hanya ada di varian termewah ini. Tipe S juga dilengkapi suspensi belakang berbeda sehingga lebih mantap saat dikendalikan.

Akhir tahun 2008 Toyota Avanza kembali melakukan perubahan model. Tipe 1.5 S dilengkapi setir palang empat nan elegan menggantikan setir palang tiga di pendahulunya. Tuas transmisi telah menggunakan profil gate type untuk menambah unsur safety.

Sejarah Toyota Avanza Gen 1 di Indonesia

Toyota Avanza pertama hadir bulan Desember 2003. Ketika itu hanya terdiri dari dua model, yakni 1.3 E seharga Rp 89,5 juta dan 1.3 G seharga Rp 99,5 juta. Transmisi hanya disiapkan 5-speed manual.

Lantaran mendulang sukses besar, medio akhir tahun 2004 Avanza 4-speed otomatis dihadirkan. Tidak hanya otomatis, karena ia merupakan cikal bakal tipe S di klan Avanza. Kala itu ia telah mengusung mesin 1.300 cc VVT-i, menggantikan mesin lawas yang sempat dikeluhkan memiliki gejala tersendat. Tenaganya naik dari 89 HP menjadi 92 HP.

Rem ABS diusung sebagai kelengkapan standar. Perbedaan lain dari model lebih murah adalah penggunaan odometer digital di panel instrumen dan tempat penyimpanan kartu parkir yang diubah menjadi tuas pengatur AC.

Kendati demikian, butuh waktu hingga Juli 2006 sebelum akhirnya seluruh model Avanza dipersenjatai mesin VVT-i. Gejala suspensi mengayun yang kerap dikeluhkan pemilik model sebelumnya diatasi dengan mengubah setting suspensi.

Tampilan luar model facelift pertama ini mengalami penyegaran. Bumper dilengkapi lubang udara lebih besar dan kokoh. Sementara di belakang, revisi dilakukan pada susunan lampu. Sein dan lampu mundur yang sebelumnya persegi diubah menjadi bulat.

Di kabin, perubahan terbesar ada pada warna interior yang diubah dari gelap menjadi ivory dan beige. Warna dasar panel instrumen turut diremajakan dan tersedia jam digital di tengah dasbor. Sedangkan bangku deret kedua dibuat 50:50 untuk memudahkan proses melipat.

Dan akhirnya, bulan Oktober 2006 Toyota Avanza 1.5 S diluncurkan. Mengusung mesin lebih besar 1.495 cc 109 HP, dan dua pilihan transmisi, yakni 5-speed manual dan 4-speed otomatis.

Tahun 2008, facelift kedua diberlakukan pada Avanza. Sentuhan paling kentara terdapat pada atap bergelombang. Tujuannya untuk mengurangi bidang yang terkena air hujan dan mengurangi suara yang masuk ke kabin. Logo VVT-i dipindahkan ke fender kiri dan kanan, serta lis karet terlihat di pintu samping.

Di dalam, warna dasbor dibuat lebih gelap dengan lis kisi AC berbeda warna. Ubahan terlihat pada redesain panel instrumen. Sementara pada tipe S, setir palang tiga berubah menjadi palang empat. Tuas transmisi 1.5 S A/T telah mengadopsi bentuk gate type.

Permintaan Avanza transmisi otomatis terus meningkat. Oleh karena itu, bulan September 2009, Avanza 1.3 G mendapatkan pilihan model transmisi otomatis 4-speed. Bulan Mei 2010 bonus serupa diberikan pada Avanza tipe E.

Tips Membeli Toyota Avanza Gen 1 Bekas

Berikut beberapa panduan singkat mengenai Tips Membeli Toyota Avanza Gen 1 Bekas yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi Anda dengan budget 90 jutaan.

Tips Membeli Toyota Avanza Gen 1 Bekas : Mesin

Toyota dikenal piawai meracik mesin dengan durabilitas tinggi. Oleh karena itu, Avanza 1.5 S jarang mengalami masalah di sektor ini. Kendati demikian, memeriksa buku servis untuk memastikan servis rutin yang dilakukan akan menjamin Anda tidak mengalami masalah di kemudian hari

Tips Membeli Toyota Avanza Gen 1 Bekas : Suspensi

Rata-rata mobil sekelas Avanza memiliki jam terbang tinggi. Risikonya, kaki-kaki lebih cepat rusak ketimbang seharusnya. Apalagi jika pemilik sebelumnya kurang peduli, atau Avanza tersebut bekas disewakan atau mobil operasional kantor

Tips Membeli Toyota Avanza Gen 1 Bekas : Power Window

Jika bermasalah, power window akan sulit menutup rapat dan menimbulkan suara berdecit yang mengganggu. Masalah ini bisa terjadi pada sisi sopir mengingat intensitas pemakaian yang tinggi. Naik turunkan power window untuk menguji kondisinya

Tips Membeli Toyota Avanza Gen 1 Bekas : Sokbreker Depan

Saat mencoba, dengarkan apakah ada bunyi-bunyian keluar dari sistem suspensi depan. Jika benar, bisa jadi sokbrekernya bermasalah dan harus segera diganti. Pastikan untuk memakai sokbreker resmi bergaransi agar tidak kecewa nantinya

Tips Membeli Toyota Avanza Gen 1 Bekas : Spooring

Saat berjalan, rasakan apakah setir menarik ke satu arah. Jika ya, jangan khawatir. Mungkin saja hanya bermasalah pada sudut keselarasan roda. Kalau masalah timbul lagi, cobalah ganti baut penyetel spooring dengan part resmi. Faktor usia bisa saja membuatnya kurang berfungsi maksimal.

Panduan Membeli Toyota Avanza Gen 1 Bekas

Secara keseluruhan, paling enak membeli Avanza dari orang yang sudah kita kenal. Paling tidak bisa mengetahui karakter berkendara pemilik sebelumnya dan paham riwayat perawatan kendaraan. Cobalah perhatikan pula jarak tempuh dan lama pemakaian. Jika dirasa jarak tempuh melebihi lama waktu pemakaian, artinya mobil itu memiliki jam terbang tinggi. Pemeriksaan lebih lengkap wajib dijalani untuk memastikan Avanza berada dalam kodisi terbaik.

Namun bukan berarti Avanza yang jam terbangnya rendah pasti baik. Cek cairan, seperti minyak rem, minyak kopling, dan air radiator. Cairan tersebut kerap terkontaminasi air jika didiamkan dalam jangka waktu lama. Selebihnya Anda dapat memeriksa data servis rutin. Untuk itu, jasa dealer resmi bisa digunakan.

Nah, dari semua varian Avanza Gen 1 yang pernah dijual secara resmi di Indonesia, Toyota Avanza 1.5 S A/T mewakili Avanza termahal. Desain luar berbeda dari yang lain membuatnya tampak lebih berkelas. Apalagi dengan imbuhan mesin lebih besar. Beberapa fitur penting kian menunjukkan derajatnya. Sebut saja audio Double DIN, dan rem ABS yang menambah faktor keselamatan. Harga bekasnya sudah lebih realistis jika dibandingkan saat kemunculan perdananya.

Demikian beberapa panduan singkat mengenai Tips Membeli Toyota Avanza Gen 1 Bekas yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi Anda dengan budget 90 jutaan. Baca juga:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!