Tips Membeli Mitsubishi Pajero Sport Gen 2 Bekas

Tips Membeli Mitsubishi Pajero Sport Gen 2 Bekas – Tak sedikit penggemar SUV yang setuju bahwa mobil ini punya daya jelajah mumpuni di berbagai medan dengan tetap mengedepankan rasa nyaman. Inilah panduan beli Mitsubishi Pajero Sport Gen 2 bekas di Indonesia.

Bila ada yang berpikir bahwa Mitsubishi Pajero Sport dibangun mengambil basis dari Pajero Exceed, itu salah. Memang ada sedikit DNA kesuksesan Pajero yang tenar di ajang Reli Dakar tersebut.

Pada dasarnya Mitsubishi Pajero Sport merupakan versi mobil penumpang dari pikap Strada Triton. Namun karena ini adalah kendaraan penumpang, maka rasa mewah dan nyaman tentu diperhatikan lebih baik dari mobil pikap.

Awalnya Pajero Sport menggunakan mesin diesel 2.477 cc DI-D DOHC commonrail turbocharged berdaya 135 HP pada 3.500 rpm. Seiring perkembangan, Mitsubishi menyematkan teknologi Variable Geometry Turbo (VGT) yang dapat meningkatkan tenaga tetapi menambah efisiensi konsumsi BBM di semua rentang rpm.

Agar terlihat berbeda dari Strada Triton, desain Pajero Sport dibuat lebih sporti. Lekukan di kanan kiri bodi dibuat menonjol untuk mengeluarkan aura tangguh pada mobil ini. Sementara interiornya hadir lebih modern dengan ornamen kayu sebagai aksen kemewahan.

Kini dengan hadirnya Mitsubishi Pajero Sport terbaru besar kemungkinan semakin banyak mobil bekasnya di pasaran. Dengan usia yang tergolong masih muda dan desain yang tak lekang oleh waktu membuat Pajero Sport Gen 2 bekas layak untuk Anda yang ingin beralih ke SUV.

Sejarah Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia

2009: Pertama kalinya Mitsubishi Pajero Sport hadir di Indonesia. Ada dua pilihan penggerak yakni 4×2 dan 4×4 saat peluncurannya dengan varian Super Exceed dan GLS. Menggunakan mesin kode 4D56 2.500 cc DI-D DOHC commonrail turbocharged & intercooled.

2010: PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) meluncurkan Mitsubishi Pajero Sport GLS bertransmisi manual. Hadirnya varian ini untuk masuk ke segmen kendaraan pertambangan dan perkebunan.

2011: Tepat pada bulan Mei diperkenalkan versi Dakar dari Pajero Sport dan juga muncul teknologi Variable Geometry Turbo (VGT). Adapun fungsi dari teknologi tersebut untuk mengoptimalkan kinerja turbin mencapai torsi tinggi pada kecepatan rendah serta menghasilkan output maksimal di kecepatan tinggi. Hasilnya ada peningkatan tenaga menjadi 176 dk dan torsi sebesar 350 Nm.

2013: Selang 2 tahun, PT KTB meluncurkan varian Limited Edition. Disusul Pajero Sport facelift di akhir tahun dengan perubahan minim pada eksterior dan interior.

2016: Tiga tahun tanpa ada perubahan, Mitsubishi Pajero Sport hadir dengan wajah baru yang lebih modern. Karakter urban lebih menonjol di eksterior. Sementara interiornya terlihat lebih modern dengan aksen krom di dasbor.

Tips Membeli Mitsubishi Pajero Sport Gen 2 Bekas

Tips Membeli Mitsubishi Pajero Sport Gen 2 Bekas : Mesin

Para pemilik SUV biasanya menggunakan mobilnya untuk melalui medan-medan berat. Bahkan tidak sedikit yang menggunakannya untuk mobil operasional perusahaan perkebunan atau pertambangan.

Cek dengan teliti kondisi mesin. Apakah ada rembesan oli dari celah-celah mesin. Pastikan juga perpindahan gigi transmisi masih halus dan tidak ada gejala mengentak yang kasar.

Tips Membeli Mitsubishi Pajero Sport Gen 2 Bekas : Kaki-kaki

Daya jelajahnya yang luas dan mampu melalui medan berat membuat kaki-kakinya bekerja ekstra. Bila terlalu sering, umur pemakaian bisa berkurang. Bawa ke spesialis kaki-kaki untuk meminta pengecekan secara teliti atau lakukan test drive dan pastikan tidak ada gejala bunyi aneh di bagian ini.

Tips Membeli Mitsubishi Pajero Sport Gen 2 Bekas : Catatan Servis

Usia Mitsubishi Pajero Sport di pasaran masih tergolong muda. Lihat catatan perawatan di bengkel resmi apakah pemilik sebelumnya rutin untuk servis berkala. Melalui catatan ini bisa terlihat bagian mana saja dari mobil yang pernah mengalami perbaikan atau perlu diperbaiki segera.

Tips Membeli Mitsubishi Pajero Sport Gen 2 Bekas : Kualitas BBM

Teknologi commonrail turbodiesel yang digunakan Mitsubishi Pajero Sport sudah modern sehingga membutuhkan bahan bakar yang berkualitas setara Pertamina DEX. Memang produsen mengklaim diperbolehkan meminum Solar biasa, tetapi akan memperpendek umur mesin. Khususnya pada komponen injektor dan pompa bahan bakar.

Tips Membeli Mitsubishi Pajero Sport Gen 2 Bekas : Exterior

Bila pemilik sebelumnya diketahui sering melintasi medan berat, perhatikan dengan seksama kondisi eksterior mobil. Dicek apakah ada bekas tabrakan seperti baret atau penyok. Bodi yang tidak selaras juga mengindikasikan bahwa mobil tersebut pernah terjadi kecelakaan hebat.

Tips Membeli Mitsubishi Pajero Sport Gen 2 Bekas : Jok Belakang

Mitubishi Pajero Sport dirancang sebagai SUV yang menampung 7 penumpang dengan tiga baris tempat duduk. Namun perlu diperhatikan bahwa baris ketiga memiliki ruang yang sempit sehingga hanya nyaman diisi oleh anak kecil bukan orang dewasa.

Tips Memilih Mitsubishi Pajero Sport Gen 2 Bekas

Ketika memilih mobil bekas Mitsubishi Pajero Sport Gen 2 bekas, hal pertama perhatikan eksterior dan interior. Ada kemungkinan baret, penyok, kondisi plafon dan jok sudah usang. Tidak lupa cek kondisi mesin seperti tidak ada rembesan oli. Untuk tranmisi otomatis, cek juga apakah ada gejala mengentak berlebih. Bagian kaki-kaki pun tidak luput dari pengamatan karena mobil ini berpotensi sering digunakan pada medan berat.

Dari sekian banyak varian, Jaldayat.com merekomendasikan Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4×2 transmisi otomatis. Tipe ini sudah cukup mewah dengan harga lebih murah dari tipe Dakar. Walaupun hanya penggerak 4×2, tetapi bisa mengakomodir kebutuhan off-road ringan terlebih transmisinya lebih praktis. Konsumsi BBM pun lebih irit untuk perkotaan atau pemakaian sehari-hari.

Itulah sedikit panduan dan Tips Membeli Mitsubishi Pajero Sport Gen 2 Bekas di Indonesia. Semoga bermanfaat. Baca juga :

Pilihan SUV Bekas Mewah Terbaik

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!