Tips Membeli Mercy W202 Bekas

Tips Membeli Mercy W202 Bekas – Mercedes-Benz adalah merek yang sangat direspek dunia otomotif. Bukan saja karena pabrikan Jerman ini dianggap sebagai penciptaka mobil pertama di dunia lebih 100 tahun lalu. Namun kualitas buatannya membuat merek ini masuk kategori mobil premium dan dalam kondisi baru hanya bisa dimiliki segelintir orang.

Itu sebabnya Mercy bekas banyak diincar. Salah satu model yang populer adalah C-Class berkode sasis W202. C-Class ini meluncur di Indonesia dari 1995 hingga 2002. Dan inilah sedan kompak Mercy pertama yang masuk resmi ke Indonesia. Generasi sebelumnya hanya masuk melalui jalur importir atau melalui jalur diplomatik.

Baca juga : Review dan Spesifikasi Mercy W202

C-Class W202 cukup populer karena beberapa hal. Dimensinya kompak, kenyamanan cukup baik serta modelnya tak cepat usang dimakan zaman. Perawatannya juga tak merepotkan dibanding rival langsungnya seperti BMW Seri-3 E36 atau Audi A4 2.6.

Di antara varian yang masuk resmi ini, C230 merupakan salah satu yang paling bertenaga. Dan di periode yang sama, ATPM Mercedes-Benz juga memasarkan C230 Kompressor yang dilengkapi supercharger sehingga tenaganya bisa mencapai 190 HP. Membuat tipe ini menjadi favorit di pasar mobkas.

Baca juga : Keunggulan dan Kelemahan Mercy W202

Sejarah Mercy C-Class W202

1995 : Mercedes-Benz resmi meluncurkan C-Class W202 pada 1995, dua tahun setelah mobil ini melakukan debutnya di Eropa. Tipe pertama yang dimasukkan adalah C180 yang kondang dengan sebutan “Cibo” di kalangan anak muda. C180 tersedia dalam 2 trim kemewahan: Classic dan Esprit.

Seketika mobil ini menjadi favorit, dan bulan madu BMW Seri-3 pun terganggu. C-Class disukai karena bentuknya dewasa dan emblem Mercedes-Benz menjadi daya tarik tersendiri. Tapi tak berapa lama setelah dipasarkan, banyak keluhan menyangkut tenaganya yang pas-pasan.

Hal itu coba diatasi dengan memasarkan C200 di tahun yang sama. Namun keluhan itu tetap ada, membuat C-Class W202 sempat memiliki citra kurang baik dalam hal performa.

1997 : Mercy pun membuat gebrakan dengan memasukkan C230 yang memiliki kapasitas mesin lebih besar, sekaligus menjawab tuntutan penggemarnya yang haus kecepatan. Bukan cuma itu, C230 Kompressor juga ikut dilempar ke pasar. Berbekal mesin 190 HP yang disokong supercharger, C230 Kompressor pun menjadi sedan kompak premium paling bertenaga saat itu.

2000 : C240 yang sempat hadir di tahun 2000 pun tenaganya tak sebesar C230 Kompressor. Selain itu, ada beberapa C36 AMG 280 HP yang beredar, tapi kehadirannya hanya sesaat yaitu ketika KTT APEC di 1994.

Tips Membeli Mercy W202 Bekas

Tips Membeli Mercy W202 Bekas : Wiring

Problem di sistem kabel C-Class ditandai dengan tidak stabilnya putaran mesin. Hal ini memang menjadi isu di kalangan pemilik W202. Harga wiring harness baru sekitar Rp 3,5 juta, namun ada beberapa spesialis perkabelan bisa menyediakan wiring set yang lebih awet dengan harga Rp 500 ribu lebih mahal.

Tips Membeli Mercy W202 Bekas : Setir

Mengingat usianya, setir di C-Class ini sudah aus dan pecah-pecah. Untungnya harga setir asli ini tidak mahal, sekitar Rp 1,5 juta. Airbag tinggal dipindah saja ke setir baru.

Tips Membeli Mercy W202 Bekas : Flywheel

Khusus tipe manual, kerap ditemui gejala flywheel alias mengalami keausan tidak merata. Akibatnya ketika kopling dilepas terjadi getaran tidak wajar. Harga flywheel baru sekitar Rp 2,5 juta.

Tips Membeli Mercy W202 Bekas : As kopel

C-Class W202 berpenggerak roda belakang, sehingga menggunakan as kopel. Nah, bila mobil dipakai dengan kasar, poros propeler ini bisa cepat aus sehingga menimbulkan bunyi saat mulai melaju. Barangnya agak jarang di pasaran dan harganya Rp 2 juta.

Tips Membeli Mercy W202 Bekas : Throttle valve

Meski agak jarang terjadi, Anda bisa mengalami kerusakan modul komputer throttle. Akibatnya putaran mesin sering tertahan di putaran 2.000-3.000 rpm. Setelah mesin dimatikan baru normal lagi. Penggantian modul ini cukup mahal, bisa mencapai Rp 5,6 juta.

Tips Memilih Mercy C-Class W202 Bekas

Tak beda dengan mobil Eropa lainnya, Mercedes-Benz W202 juga mesti dirawat sesuai prosedur atau petunjuk dari pabrikan. Namun untungnya, kualitas baik dan sistem kelistrikan tidak terlalu rumit membuat mobil ini lebih mudah dirawat. Bahkan harga suku cadangnya juga tergolong murah dibanding merek premium lainnya.

C-Class ini sangat tangguh dan nikmat dikendarai. Sudah begitu gayanya juga masih diperhitungkan. Apalagi bila kita memodifikasi tampilannya secara benar.

Tersedia banyak sekali bengkel spesialis Mercy yang siap menangani perawatan maupun perbaikan C-Class W202. Itu disebabkan oleh populernya mobil ini di kalangan anak muda, yang pasti mencari alternatif lebih murah ketimbang bengkel resmi. Apalagi mobil ini sudah melewati masa garansi resmi ATPM-nya.

Rekomendasi dari Jaldayat, Mercedes-Benz C230 dan C230 Kompressor merupakan pilihan yang masuk akal. Dengan harga terjangkau, mobil ini memberi eksklusivitas serta performa yang baik. Kehadiran klub pengguna W202 juga makin mempermudah Anda bila hendak bertukar pikiran dengan sesama pemakai. Baca juga :

Rekomendasi Sedan Bekas 70 Jutaan

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!