Tips Membeli Jaguar X-Type Bekas

Tips Membeli Jaguar X-Type Bekas – Pada era 90-an, merek Jaguar sempat menjadi salah satu barometer strata ekonomi seseorang. Gayanya yang khas dengan logo hewan Jaguar melompat di tengah kap mesin membuat pengemudi dan penumpang terlihat elegan.

Memasuki era milenium (2000-an), Jaguar mulai menyasar eksekutif muda dengan penampilan yang lebih agresif. Salah satunya adalah Jagur X-Type. Di Indonesia, mobil ini terdapat dua pilihan mesin yakni 2.099 cc V6 dan 2.968 cc V6 yang menjadi andalan.

Secara global, Jaguar X-Type pertama ka­li diperkenalkan pada 2001. Pada 2008, Jaguar mela­kukan penyegaran de­ngan perubahan pada 500 komponen. Terlihat pada eksteriornya desain gril baru. Begitu juga dengan bumper depan dan belakang yang tak luput dari perubahan.

Sementara pada saluran udara di moncongnya terrlihat lebih rendah dari generasi sebelumnya. Emblem Jaguar tidak lupa disematkan dengan desain yang juga berbeda. Ubahan ini membuat X-Type facelift tampak lebih gagah dan modern penampilannya.

Nuansa mewah tetap dipertahankan pada interiornya. Desain yang lebih modern dengan opsional aksen krom dan metalik di beberapa bagian. Fitur-fitur terkini turut dihadirkan seperti radio digital, konektivitas bluetooth, serta sensor parkir yang sewarna dengan bodi.

Karena populasinya tidak terlalu banyak, bila Anda ingin berburu mobil ini maka banyak hal yang harus diperhatikan. Selain itu juga butuh ketelitian ekstra karena usianya yang sudah lebih dari 5 tahun.

Sejarah Jaguar X-Type

2001 : Jaguar X-Type pertama kali diluncurkan pada Oktober. Ini menjadi mobil kompak eksekutif pertama sejak kehadiran Jaguar Mark 1 pada 1955 lalu. Produk ini juga menjadi karya terakhir dari pimpinan Jaguar Land Rover saat itu, Geoff Lawson dengan desainer prinsipan Wayne Burgess.

2002 : Pada awal kemunculannya, Jaguar X-Type hanya hadir dengan varian all-wheel drive bermsin 2.500 cc atau 3.000 cc V6. Pada 2002, pabrikan asal Inggris ini menambah varian 2.100 cc V6 front-wheel drive sebagai entry level. Ketiga mesin tersebut dipadu dengan dua pilihan transmisi, 5-speed otomatis atau manual 5-speed.

2008 : Generasi terbaru diluncurkan oleh Jaguar usai lima tahun tidak ada perubahan. Eksterior, interior, penambahan fitur hingga opsi mesin baru yakni 2.200 cc diesel bertransmisi otomatis 6-speed.

2009 : Jaguar Land Rover sebagai prinsipal mengumumkan bahwa akhir tahun akan menghentikan produksi X-Type. Selama perjalanannya telah terjual lebih dari 350.000 unit diseluruh dunia.

Tips Membeli Jaguar X-Type Bekas

Tips Membeli Jaguar X-Type Bekas : Mesin

Cek bagian mesin dengan cara menghidupkannya lalu membiarkan idle beberapa saat. Rasakan apakah ada getaran atau tidak. Bila ada getaran, ada kemungkinan bermasalah pada engine mounting. Jangan lupa juga sistem pendingin (radiator) karena bila menggunakan air radiator yang salah bisa merusak.

Tips Membeli Jaguar X-Type Bekas : Transmisi

Lakukan pengetesan di jalan dan coba berakselerasi dan deselerasi. Rasakan dengan teliti apakah ada perpindahan yang kasar atau terasa mengentak. Bila ada segera periksa ke bengkel resmi.

Tips Membeli Jaguar X-Type Bekas : Kaki-kaki

Cek pada bagian karet pendukung sokbreker apakah sudah pecah atau masih baik kondisinya. Saat pengetesan, coba melintas jalan tidak rata dan dengarkan dengan seksama bila ada suara yang tidak normal. Umumnya lower arm dan bushing stabilizer bermasalah bila terdengar suara aneh.

Tips Membeli Jaguar X-Type Bekas : Interior

Berhubung usia mobilnya yang rata-rata sudah lebih dari 5 tahun, pastikan kondisi interiornya masih baik. Mulai dari jok, dasbor hingga karpet atau alas kaki. Bila ada yang sobek atau rusak, bisa mengurangi harga jual.

Tips Membeli Jaguar X-Type Bekas : BBM

Teknologi mesin yang digunakan Jaguar X-Type sudah modern dan menggunakan bahan bakar minimal RON 95. Pastikan pemilik sebelumnya memakai BBM yang tepat karena bila tidak bisa menyebabkan engine knocking karena kompresi yang tinggi.

Tips Membeli Jaguar X-Type Bekas : Servis rutin

Tidak sembarang montir bisa memperbaiki atau melakukan servis rutin untuk Jaguar X-Type. Melakukan perawatan rutin di bengkel resmi untuk pembersihan ruang bakar yang disebabkan adanya kerak sisa-sisa pembakaran. Minimal setahun sekali dengan menggunakan cairan pembersih yang direkomendasikan prinsipal JLR.

Tips Memilih Jaguar X-Type Bekas

Hal sangat penting sekali ketika membeli Jaguar X-Type adalah cek histori kendaraan. Ini untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut terawat dengan baik atau tidak. Hal ini langsung bisa dicek di diler Jaguar Land Rover (JLR) terdekat.

Seluruh kendaraan yang dirawat di bengkel resmi, ada riwayat servis kendaraannya. Hampir setiap 1 bulan sekali mereka melakukan servis promosi yang namanya “Service Clinic”. Bahkan pihak bengkel resmi juga menawarkan pengecekan gratis, sehingga bagi calon pembeli bisa mengecek calon kendaraan dengan cuma cuma dan mendapatkan saran gratis dari teknisi yang terlatih.

Secara global memang ada banyak varian yang diluncurkan untuk Jaguar X-Type. Tetapi varian 2.099 cc V6 Jaldayat rasa paling cocok untuk kondisi lalu lintas di Indonesia. Kapasitas mesin yang tidak terlalu besar namun tenaga yang cukup bisa mengirit BBM. Baca juga :

Rekomendasi Sedan Jerman Mewah Terbaik

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!