Tips Membeli Ford Fiesta Bekas

Tips Membeli Ford Fiesta Bekas – Sebelum memutuskan untuk angkat kaki dari Indonesia, Ford menjadi salah satu brand favorit di segmen hatchback melalui Ford Fiesta. Produk yang dijual di seluruh dunia ini memiliki gaya tarik sendiri melalui desainnya yang sangat trendy dan cocok digunakan oleh semua kalangan.

Ada empat jenis pilihan mesin sejak ia muncul di tanah air yaitu mesin berkapasitas 1.600cc, 1.400cc dan 1.500cc sebagai pilihan mesin tunggal untuk varian facelift. Pilihan mesin terakhir adalah 1000cc 3 silinder berturbo yang lebih dikenal sebagai Fiesta Ecoboost dan baru ada pada tahun 2014. Varian ini tergolong sulit ditemukan di pasar mobil bekas karena peredarannya tidak sebanyak tipe lain.

Dari sisi eksterior nyaris tidak ada perbedaan antara model 1.6 dan 1.4. Keduanya memiliki bentuk dan lekuk tubuh yang sama. Namun, jika dilihat dengan seksama ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan.

Baca selengkapnya pada : Perbedaan Ford Fiesta 1.4 dan 1.6

Dari sisi dapur pacu, Ford Fiesta 1.4 dibekali mesin Duratec 1.388 cc 4-silinder DOHC bertenaga 95 HP di rpm 5.750 dengan torsi 128 Nm pada 4.200 rpm, transmisi menggunakan otomatis 4-percepatan dilengkapi mode sequential sport shift.

Untuk Ford Fiesta 1.6 menggunakan mesin Duratec 1.596 cc Ti-VCT DOHC 16 valve bertenaga 120 HP di 6.000 rpm dan torsi 152 Nm di 4.050 rpm. Varian ini mengguna­kan tranmisi otomatis 6-percepatan ‘Powershift’ dual clutch.

Sementara Ford Fiesta 1.5 L facelift yang menjadi pengganti bagi kedua varian di atas hanya dijual melalui 1 pilihan mesin saja. Namun ia dibagi menjadi 3 trim dasar antara lain Style, Trend, dan Sport. Tipe Style hanya dijual dengan transmisi manual dan 2 tipe lainnya hadir dengan 2 transmisi, yakni manual dan otomatis. Catatan konsumsi pada seri ini jauh lebih membaik dari tipe-tipe sebelumnya.

Baca juga : Tips Membeli Ford Fiesta Ecoboost Turbo Bekas

Sejarah Ford Fiesta di Indonesia

2010 : Diluncurkan di Indonesia pada gelaran IIMS 2010 dengan 2 tipe mesin dan 11 pilihan warna. Dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 167 juta, mobil ini menarik perhatian banyak pengunjung IIMS dan masyarakat Indonesia.

2013: Fiesta mengalami Facelift dengan wajah yang lebih sporty. Tak tanggung-tanggung bentuk wajah menganut desain trapezoidal lewat grill-nya. Ajang IIMS 2013 menjadi even untuk memperkenalkan hatchback ini. ia hadir hanya dengan satu pilihan mesin baru yakni 1.5 L Duratec.

2014: PT Ford Motor Indonesia meluncurkan tipe terbaru Fiesta 1.000 cc Ecoboost. Melalui teknologi turbo yang modern, Ford mengklaim mobilnya mempunyai tenaga yang besar seperti 1.500 cc dengan konsumsi yang lebih irit.

Tips Membeli Ford Fiesta Bekas

Tips Membeli Ford Fiesta Bekas : Dual Clutch

Sistem transmisi otomatis dual clutch yang digunakan pada Fiesta Sport 1.6 sejatinya adalah transmisi manual yang diberikan dua kopling agar transmisi mampu berpindah secara otomatis sesuai dengan kebutuhan mesin. Kerusa­kkan rawan timbul karena kebiasaan buruk pengguna mobil matik yang tidak memindahkan posisi transmisi ke posisi N ketika kondisi diam. Saat mobil diam di posisi transmisi D,hal itu membuat kopling tetap bekerja. Efeknya kopling akan panas dan umurnya memendek.

Tips Membeli Ford Fiesta Bekas : Transmission Control Modul

Jika anda berminat membeli Fiesta bertransmisi Otomatis, perhatikan perpindahan gigi yang terjadi ketika anda berakselerasi. Dikhawatirkan modul transmisinya telah mengalami kerusakkan lantaran sempat terendam banjir. Hal tersebut sangat besar kemungkinannya karena lokasi modulnya berada di samping girboks yang terletak sangat rendah.

Tips Membeli Ford Fiesta Bekas : Fitur

Pastikan semua fitur berfungsi dengan semestinya, mulai dari voice command, fitur audio, hill launch assist, maupun sistem kelistrikan lainnya.

Tips Membeli Ford Fiesta Bekas : Buku Servis

Dengan buku servis ini, Anda dapat melakukan pengecekan sejarah servis di bengkel resmi Ford yang tertera pada buku tersebut. Status penggantian komponen atau parts dapat terdeteksi dalam rekaman catatan yang dimiliki bengkel resmi

Tips Memilih Ford Fiesta Bekas

Untuk membeli mobil bekas Ford Fiesta 1.4 atau 1.6, Saya menyarankan untuk memperhatikan jumlah kilometer yang telah ditempuhnya. Kemudian baru berlanjut history servis. kondisi transmisi, ban, dan jangan lupa test drive terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada bunyi-bunyi di kaki-kaki. Untuk mesin, periksa apakah ada kebooran oli. Agar hasil lebih akurat, Anda dapat menyambangi bengkel resmi Ford terdekat untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Komponen yang sering di ganti dalah kampas rem, belt dan filter udara , tapi itu juga terantung pemakaian. Harga kampas rem sekitar Rp 800 ribuan, sedangkan harga van belt Rp 678 ribu, kemudian harga filter udara ukup murah, lantaran masih di bawah Rp 100 ribu. Harga kedua komponen tersebut belum termasuk PPN yang pasti, servislah secara rutin setiap 10 ribu kilometer.

Secara keseluruhan kedua mobil ini fun to drive untuk dikendarai, namun jika Anda menginginkan efisiensi BBM, Fiesta 1.4 lebih cocok untuk aktifitas perkotaan. Namun, jika Anda menginginkan performa dan sensasi yang lebih dahsyat dari mobil jenis hatchback, Fiesta 1.6 mampu menjawabnya. Atau Anda ingin keduanya? Siapkan dana lebih untuk meminang Fiesta 1.5 Trend karena ia menjadi tipe menengah terbaik diantara ketiga jenis mesin dan ketiga tipe yang ada pada Fiesta facelift.

Demikian beberapa panduan mengenai Tips Membeli Ford Fiesta Bekas. Semoga bermanfaat. Baca juga :

Pilihan Hatchback Bekas Murah Terbaik

Incoming search terms:

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!