Tips Membeli BMW F10 Bekas

Tips Membeli BMW F10 Bekas – Sepintas desain dari BMW Seri 5 ini tidak tampak perubahan signifikan dibandingkan generasi sebelumnya. Butuh waktu untuk memperhatikan secara detail dan menemukan ubahan desainnya. Ini berbagai pertimbangan saat hendak meminang BMW Seri 528I (F10).

Meski begitu penampilannya terlihat lebih rupawan khususnya BMW 528i Luxury. Seperti desain gril ‘Double Kidney’ dengan bentuk aliran udara di bumper bagian yang terlihat lebih berkarakter. Lampu belakang yang ramping dan sudah menggunakan LED.

Sentuhan krom pada bumper, lis jendela, gagang pintu, dan ujung pipa knalpot membuat BMW Seri 5 terlihat lebih mewah. Penempatan krom yang pas dan tidak terlalu berlebihan.

Sementara interiornya mendapat sentuhan yang tepat sasaran turut menambah nilai estetika kabin. Meskipun layout dasbor dan bentuk jok masih mirip dengan BMW Seri 5 terdahulu.

Balutan kulit pada setir berwarna hitam dengan ornamen kayu yang menutup beberapa panel memancarkan aura kemewahan. Sedangkan posisi duduknya tidak berbeda dengan BMW Seri 5 sebelumnya.

Walaupun tidak berbeda tapi tetap nyaman dan mampu menopang tubuh pengemudi dengan optimal. Pun soal visibilitasnya masih terasa sama karena BMW tidak mengutak- atik rancang desain dasar Seri 5 ini.

Pada varian BMW 528i ini menggunakan mesin 1.997 cc TwinPower Turbo yang menghasilkan tenaga 245 dk pada 5.000-6.500 rpm. Torsi puncaknya mencapai 350 Nm di 1.250-4.800 rpm.

Soal sistem hiburan, BMW Seri 5 ini cukup banyak perubahan. Contohnya pada BMW 528i Luxury sudah dibekali monitor 10,2 inci yang terpajang di dasbor.

Bahkan untuk penumpang belakang juga sudah tersedia monitor 9,2 inci dengan teknologi BMW Connected Drive. Lebih canggih lagi, sistem hiburan ini juga sudah terkoneksi dengan teknologi iDrive Touch.

Adapun iDrive Touch adalah sebuah teknologi yang mirip dengan touch pad pada laptop. Touch pad ini mampu membaca tulisan tangan yang membentuk huruf tertentu. Ini sangat berguna untuk memudahkan pengemudi memasukan nama seseorang atau nama jalan yang ingin dituju.

Kabarnya, tahun ini BMW Indonesia akan meluncurkan Seri 5 terbaru. Ini menjadi momen untuk Anda yang berencana mengincar mobil bekas dari BMW Seri 5.

Baca juga :

Review BMW F10 Seri-5

Keunggulan dan Kelemahan BMW F10 Seri-5

Sejarah BMW Seri-5

1982: BMW berkode E28 yang merupakan generasi kedua ini secara global diproduksi dari 1981-1988. Di Indonesia ada dua versi yang dipasarkan yakni 520i dan 520iS.

1988: Pada tahun 1996 BMW Seri 5 generasi ketiga diluncurkan dengan kode bodi E34. Masuk ke Indonesia dalam tiga varian yakni 518i, 520i dan 530i.

1996: Setelah lama tidak ada model baru, pada 1996 BMW memperkenalkan generasi keempat Seri 5. Di Indonesia, BMW 528i E39 dijual hingga tahun 1997. Setelahnya produksi diberhentikan seri tersebut datang versi pengganti yakni 530i E39.

2003: Berselang 7 tahun generasi kelima BMW Seri 5 hadir dengan kode bodi E60. Sayangnya mobil ini banyak mendapat kritik karena desain eksteriornya. Meski begitu menariknya BMW E60 menjadi Seri 5 terlaris.

2010: Generasi keenam dari BMW Seri 5 resmi hadir. Berkode F10, BMW mengambil basis Seri 7 F01 untuk meningkatkan kenyamanan dan keasyikan berkendara.

Tips Membeli BMW F10 Bekas

Tips Membeli BMW F10 Bekas : Suspensi

Sebagai mobil yang digunakan sehari-hari, suspensi menjadi salah satu komponen yang harus diperhatikan. Mengingat infrastruktur jalan di kota-kota besar tak semuanya mulus. Terlebih harga sokbreker cukup mahal dan jangan sampai Anda mengeluarkan biaya lebih untuk mengganti spareparts bagian ini.

Tips Membeli BMW F10 Bekas : Mesin

Teknologi mesin TwinPower Turbo rancangan BMW sudah canggih. Pastikan tidak ada rembesan oli di sekitar mesin. Komponen seperti filter pastikan masih dalam kondisi bagus dan masih layak untuk digunakan. Anda bisa mengandalkan bengkel resmi untuk pengecekan komponen-komponen tersebut.

Tips Membeli BMW F10 Bekas : Aki

Sebagai mobil yang banyak menggunakan komponen elektrikal, sebaiknya turut mengecek kondisi aki. Terlebih saat ini usia aki tidak seperti dulu yang panjang. Biasanya 2-3 tahun pemakaian sudah perlu diganti. Paling dasar Anda bisa cek melalui klakson dan sistem elektrik di kabin.

Tips Membeli BMW F10 Bekas : Bahan Bakar

Kecanggihan mesin tentu harus diiringi dengan konsumsi bahan bakar yang berkualitas. Terlebih teknologi TwinPower Turbo yang digunakan berisiko tinggi bila menggunakan bahan bakar dengan RON di bawah 95. Performa mesin lebih optimal dan usia lebih panjang ketika Anda menggunakan bahan bakar RON minimal 95.

Tips Membeli BMW F10 Bekas :  Eksterior

Untuk sebuah mobil sedan rasanya penampilan menjadi hal penting agar tetap tampil keren. Pastikan pada bagian eskterior tidak ada baret apalagi penyok. Khususnya pada sisi bumper depan dan belakang.

Tips Membeli BMW F10 Bekas : Catatan Servis

Sama seperti mobil lainnya, BMW Seri 5 juga harus Anda cek catatan servis dari pemilik sebelumnya. Pastikan melakukan perawatan berkala rutin di bengkel resmi.

Secara keseluruhan, populasi BMW Seri 5 tidak sebanyak Seri 3 tetapi soal kemewahan dan fitur mobil ini jauh lebih unggul. Mesin dan suspensi menjadi bagian yang paling utama dicek sebelum membeli kondisi bekasnya. Jangan sampai ada komponen yang sudah aus atau rusak karena pemakaian. Tidak lupa catatan servis pemilik sebelumnya yang bisa dicek melalui bengkel resmi.

Ada tiga varian khusus untuk BMW 528i F10 yang berada di pasaran, yaitu Executive, Business dan Luxury. Di antara ketiganya Saya memilih Luxury karena harganya yang tidak jauh berbeda dan sudah mempunyai kelengkapan serta tampilan yang mewah. Baca juga:

Rekomendasi Sedan Jerman Mewah Bekas

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!