Review Singkat Honda Jazz, Tak Lagi Diproduksi Tapi Tetap Jadi Rival Yaris

Kendati sudah berhenti diproduksi, review singkat Honda Jazz masih menjadi topik yang menarik untuk dibahas di kalangan pecinta otomotif. Seperti kita ketahui juga, mobil hatchback satu ini merupakan pesaing abadi Toyota Yaris.

Honda Jazz GK5

Honda Jazz sendiri di Indonesia pertama kali diluncurkan pada tahun 2004. PT Honda Prospect Motor selaku Agen Pemegang Merek Honda di Indonesia meluncurkan Honda Jazz generasi ketiga yang merupakan hasil pengembangan dari beberapa model sebelumnya.

Pada sisi eksteriornya, hatchback pabrikan Jepang ini menghadirkan desain yang terkesan lebih agresif dan sporty dibanding model sebelumnya. Senada dengan bagian eksteriornya, interior mobil ini juga kental dengan nuansa sporty.

Tetapi tentu saja banyak yang bisa kita bahas dari Honda Jazz selain dari segi desainnya. Untuk itu, mari kita simak review singkat mengenai Honda Jazz berikut ini!

Dimensi Bodi Honda Jazz

Membahas bagian dimensinya, Honda Jazz memiliki dimensi panjang 3.955 mm, lebar 1.694 mm, dan tinggi 1.524 mm. Sementara itu, wheelbase atau jarak sumbu rodanya berukuran 2.530 mm.

Honda Jazz GK5

Sebagai mobil hatchback yang memang seharusnya digunakan di perkotaan, ground clearance Honda Jazz ini memang tidak terlalu tinggi, yaitu 150 mm. Sedangkan radius putarnya sendiri berukuran 4.900 mm.

Pada bagian samping Honda Jazz, bisa kita lihat adanya penggunaan pelek Alloy dengan diameter 15 inci. Ban Honda Jazz diketahui berukuran 175/65.

Pengendaraan yang terasa nyaman tentu bukan hanya bergantung pada dimensi bodi saja.

Pada Honda Jazz ini juga sudah disematkan sistem suspensi yang andal.

Untuk suspensi depannya, Jazz mengandalkan suspensi MacPherson Strut. Lalu untuk suspensi belakangnya, mobil ini mengandalkan H-Shape Torsion Beam.

Spesifikasi Mesin dan Konsumsi BBM Honda Jazz

Dilansir dari otoloka.id, Honda Jazz sudah terkenal sebagai mobil yang sering digunakan di lintasan balap atau slalom.

Karena itu, keandalan mesinnya memang tidak perlu diragukan lagi.

Honda Jazz GK5

Mobil hatchback ini diketahui telah dibekali dengan mesin berkode L15A 4 silinder dengan kapasitas 1.497 cc atau sekitar 1.5 liter. Mesin ini dikawinkan dengan dua jenis transmisi, yakni transmisi manual 5 percepatan dan transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology.

Tenaga yang dihasilkan mobil berpenggerak roda depan ini juga cukup baik. Mobil ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 118 HP pada putaran 6.600 rpm dan torsi mencapai 145 Nm pada putaran 4.600 rpm.

Untuk melihat spesifikasi mesin Honda Jazz dengan lebih detail, mari kita lihat pada tabel berikut ini.

Mesin : L15A 4 silinder
Kapasitas : 1.5 L (1.497 cc)
Transmisi : Manual 5 Percepatan / CVT dengan Earth Dreams Technology
Tenaga : 118 HP @ 6.600 rpm
Torsi : 145 Nm @ 4.600 rpm
Konsumsi BBM Dalam Kota : 11,7 km/liter
Konsumsi BBM Luar Kota : 18 km/liter

Fitur Honda Jazz

Review singkat tentang Honda Jazz ini rasanya tidak akan lengkap jika kita tidak bicara soal fiturnya. Jazz sendiri diketahui telah dibekali dengan berbagai fitur yang canggih.

Honda Jazz GK5

Sebagai fitur hiburan utamanya, mobil ini mengandalkan head unit layar sentuh berukuran 6,2 inci. Head unit ini sudah dilengkapi dengan CD/DVD Player, MP3/WMA, AM/FM Radio, USB Port, dan konektivitas untuk iPod/iPhone.

Untuk menjaga keamanan mobil, Honda juga sudah menyematkan Engine Immobilizer dan Alarm System pada Jazz.

Beralih ke fitur keselamatan pasifnya, Jazz juga memiliki fitur yang mumpuni. Sebut saja Dual Front SRS Airbags, Seatbelts dengan Adjuster, Child Safety Locks, serta pengaturan kursi ISOFIX.

Terakhir, untuk fitur keselamatan aktifnya, hatchback pabrikan Honda ini sudah dibekali dengan Anti-lock Braking System, Brake Assist, dan Electronic Brake Distribution. Untuk memudahkan proses parkir, mobil yang satu ini juga dibekali Parking Sensor dan Rearview Camera.

Varian dan Harga Honda Jazz

Pada bagian terakhir dari review singkat ini, kita akan membahas tentang banderol harga Honda Jazz. Di Indonesia sendiri, mobil ini ditawarkan dalam 4 varian dengan kisaran harga mulai dari Rp256,5 juta hingga Rp300 juta.

Honda Jazz GK5

Berikut ini adalah rincian harga untuk masing-masing varian Honda Jazz

Honda Jazz MT : Rp 256.500.000
Honda Jazz CVT : Rp 267.000.000
Honda Jazz RS MT : Rp 289.500.000
Honda Jazz RS CVT : Rp 300.000.00