Pilihan Mobil Bekas Murah di Bawah 30 Jutaan

Rekomendasi Mobil Bekas Murah di Bawah 30 Jutaan – Kenyamanan keluarga adalah hal yang paling penting. Sebagai pendongkrak mobilitas, sering kali Anda yang sudah berkeluarga dituntut untuk memiliki sebuah mobil. Bukan sebagai hobi, namun disini lebih dititikberatkan sebagai sebuah barang wajib dimiliki.

Apalagi jika telah memiliki anak, pastinya Anda akan memikirkan yang terbaik bagi sang buah hati. Fungsi utamanya adalah sebagai pengganti payung atau mantel ketika Anda berkendara menggunakan motor, bukan hanya sekedar sebagai penghalang debu atau pelindung dari sengatan matahari. Bayangkan saja dengan menyediakan uang 30 juta, Anda dapat memiliki sebuah mobil.

Sebelum melangkah lebih jauh, tim Jaldayat akan sedikit menjelaskan mengenai perihal sebelum memilih mobil. Mungkin dirasa kurang penting, tapi hal ini sangat berguna bagi Anda yang belum pernah memiliki mobil pribadi. Khususnya bagi yang sering menggunakan motor. Mobil 30 jutaan memang terbilang masih terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

Namun harap diingat, biaya perbaikan mobil jauh lebih besar daripada motor, belum lagi biaya operasionalnya seperti konsumsi bensin yang biasanya hanya mentok paling hemat berkisar 8 km/L untuk dalam kota dan 10 hingga 12 km/L untuk penggunaan luar kota dengan catatan kondisi jalan lengang atau bebas hambatan.

Bisa dikatakan, biaya servis serta hal-hal penunjang lainnya bisa mencapai 5 kali lipat atau lebih dibandingkan menggunakan motor. Selain itu, Anda juga wajib menyediakan uang cadangan minmal 5 juta karena biasanya unit yang akan dipinang harus mendapatkan pembenahan agar kenyamanannya kembali seperti semula, terutama untuk power steering dan juga komponen kaki-kaki.

Jika hal di atas dapat Anda maklumi, maka berikut ini adalah beberapa pilihan mobil terbaik di bawah harga 30 jutaan yang telah Saya rangkum. Beberapa pilihan mobil 30 jutaan ini sengaja Saya pilih berdasarkan biaya perawatan paling murah dan yang paling tepat untuk dipilih. Budget minimal berkisar antara 20 hingga 25 jutaan.

Jika Anda berharap bisa mendapatkan mobil dengan harga di bawah 20 jutaan, lebih baik mengurungkan niat untuk membeli mobil. Sebab, perbaikannya dapat dipastikan akan merogoh kantong Anda dalam-dalam, terutama jika komponen slow moving bagian mesin membutuhkan pergantian. Bisa saja biayanya tembus hingga 10 jutaan lebih.

Jadi langsung saja, berikut beberapa informasi penting mengenai rekomendasi Pilihan Mobil Bekas Murah di Bawah 30 Jutaan terbaik yang ada di Indonesia.

Rekomendasi Mobil Bekas Murah di Bawah 30 Jutaan Terbaik

Honda Civic LX 1989 (21 juta – 29 juta)

Nama Honda Civic sudah terlalu melekat di berbagai kalangan di Indonesia. Tak hanya anak muda, mobil ini juga cukup digemari oleh bapak-bapak karena modelnya yang long lasting, tidak termakan zaman dan juga mudah dimodifikasi. Dengan bermodalkan mengganti velg, tampilannya berubah drastis.

Sebagai catatan, mungkin uang 30 juta tidak cukup membantu untuk meminang unit ini dengan kondisi sempurna karena ada beberapa yang menjualnya dengan angka 40 juta lebih. Untuk itu, Honda Civic LX tahun 1988 atau 1988 menjadi alternatif utama dan tentunya wajib menyediakan uang lebih sebagai biaya servis cadangan.

Baca selengkapnya : Ulasan Honda Civic LX.

Keunggulan : Model long lasting, perawatan mesin mudah, harga jual kembali cukup bertahan.
Kelemahan : Mudah keropos, struktur kaki-kaki ringkih, part slow moving relatif mahal dibandingkan mobil lain dengan tahun yang sama.

Toyota Corolla DX 1981 (20 juta – 24 juta)

Tampangnya mengkotak, jadul dan juga tampak tua. Namun jangan nilai dari bagian luarnya. Karena Toyota Corolla DX dengan kode KE70 akan menjadi aset masa depan. Selain tampangnya yang retro, mobil ini juga menjadi generasi terakhir yang masih mengandalkan roda penggerak belakang. Antusiasme para pencinta mobil klasik dan para drifter pemula pun lantas mempengaruhi harga jualnya yang kembali terdongkrak.

Baca selengkapnya : Ulasan Corolla DX Lengkap.

Keunggulan : Desain retro, banyak peminat, perawatan sangat-sangat mudah dan murah.
Kelemahan : Part body mulai langka, bantingan keras, tanpa power steering dan power window kecuali hasil modifikasi.

Suzuki Esteem 1992 (25 juta -29 juta)

Dibandingkan para kompetitor lain di atas, mungkin mobil ini adalah yang paling jelek desainnya. Tak hanya di Indonesia saja, di beberapa negara lainnya juga mobil ini mendapatkan cibiran. Tapi lupakan hal ini, karena mesinnya yang juga tergolong tahan banting maka ia turut Saya rekomendasikan sebagai salah satu kandidat Mobil Bekas Murah di Bawah 30 Jutaan Terbaik. Sedan ini memiliki kabin lapang, bagasi luas, perawatan mudah dan yang paling penting adalah hemat BBM.

Baca selengkapnya : Ulasan Suzuki Esteem.

Keunggulan : Mesin bandel, irit BBM, kelengkapan fitur.
Kelemahan : Tampang jelek, kaki-kaki ringkih, performa mesin.

Daihatsu Espass 1.3 1997 (25 juta – 30 juta)

Daihatsu Espass menjadi satu-satunya minivan yang masuk ke dalam kategori mobil 30 jutaan terbaik kali ini. Image Espass yang melekat dengan unit angkot membuktikan akan kehandalan mesinnya yang tahan banting dan dapat digunakan terus-terusan tanpa henti. Alasan utama mengapa Espass dapat dijadikan sebagai pilihan utama adalah karena daya angkutnya yang besar. Selain itu, sparepart yang mudah didapat di bengkel biasa membuat perawatannya menjadi mudah dan juga cocok bagi pemula yang ingin memasuki ranah dunia roda empat.

Baca selengkapnya : Ulasan Daihatsu Espass.

Keunggulan : Tahun muda dan harga terjangkau, kapasitas dan daya angkut, ketersediaan sparepart tersebar hingga pelosok nusantara.
Kelemahan : Bobot setir berat, bunyi dan panas mesin, rawan mogok karena overheat.

Toyota Starlet Kotak 1.3 1988 (25 juta – 30 juta)

Posisi terakhir diisi oleh Toyota Starlet Kotak. Hampir sama seperti Corolla DX di atas, hatchback andalan Toyota di era 80-an ini menjadi salah satu item yang menjadi koleksi bagi pecinta modifikasi. Dimensinya yang sangat ringkas membuatnya mudah digunakan di kemacetan dan mencari tempat parkir. Sensasi mengemudi yang ditawarkan juga tergolong masih sangat fun dibandingkan rivalnya di era yang sama.

Baca selengkapnya : Ulasan Toyota Starlet Kotak.

Keunggulan : Irit BBM, dimensi kompak cocok untuk perkotaan, handling mumpuni.
Kelemahan : Kabin sempit, akselerasi boyo, minim fitur.

Demikian beberapa informasi penting mengenai rekomendasi Pilihan Mobil Bekas Murah di Bawah 30 Jutaan terbaik yang ada di Indonesia. Kesimpulannya, mobil di atas dipilih berdasarkan perawatan, ketersediaan sparepart dan konsumsi BBM irit dimana poin tersebut menjadi kunci utama bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan mobil. Baca juga:

Rekomendasi Sedan 30 Jutaan Terbaik

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!