Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan

Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan – Pangsa Otomotif roda empat Indonesia merupakan salah satu hal yang cukup unik dalam industri otomotif. Keunikannya terletak pada daya minat konsumen yang cenderung memilih mobil keluarga meskipun sang calon konsumen masih berkeluarga kecil alias anggota keluarganya masih sedikit. Alasan utama mengapa mobil keluarga menjadi buruan utama adalah daya angkutnya yang sangat fleksibel sekaligus mampu menampung anggota keluarga lain untuk sekedar liburan atau mudik.

Mobil keluarga tidak selalu nyaman dan irit apalagi untuk kandidat yang ada pada kategori Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan kali ini. Seperti yang kita tahu, mobil irit (khusus MPV) yang laku keras di pasaran biasanya tidak nyaman. Ada yang nyaman namun tidak irit bahkan perawatannya tergolong susah. Pemilihan disini tergantung calon pemilik. Ingin memilih irit atau nyaman. Jika ingin dua-duanya, pasti hanya akan mendapatkan setengah-setengah. Dalam artian pas-pasan antara irit dan kenyamanan yang ditawarkan. Semuanya dipengaruhi oleh jenis sasis dan suspensi yang digunakan.

Untuk itu, Saya telah memilih beberapa kandidat Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan untuk pembaca setia blog Jaldayat. Kriteria utama pilihan disini adalah perawatan yang mudah, bukan irit atau nyamannya. Dikarenakan banyak calon pengguna mobil pertama yang lebih memilih mobil bekas berkat harganya terjangkau namun tidak ingin dipusingkan oleh biaya perawatan yang terlalu besar. Beberapa kandidatnya antara lain :

Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan

Toyota Avanza Gen1 G 2010 ( 90 juta – 100 jutaan)

Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan

Toyota Avanza. Mobil kaleng yang sama sekali tidak nyaman namun telah mendarah daging di Indonesia. Semua kalangan mampu membelinya, mulai dari tukang sayur, PNS hingga mahasiswa. Mobil ini laku keras karena nama Toyota yang terkenal akan jaringan 3S yang tersebar. Harga jual kembalinya cukup bertahan hingga saat ini.

Itulah mengapa ia Saya pilih untuk menempati posisi pertama dari Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan. Jadi bagi Anda yang ingin upgrade mobil dalam jangka 3 tahun atau lebih tapi takut harga jual mobil pilihan sementaranya jatuh, Avanza keluaran tahun 2010 seperti yang tertera pada gambar di atas masih cukup layak dipinang.

Daihatsu Xenia Gen1 Deluxe 2011 ( 85 juta – 95 jutaan )

Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan

Posisi berikutnya untuk Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan diisi oleh Daihatsu Xenia yang merupakan kembaran dari Avanza di atas. Mobil yang juga disebut kaleng berjalan ini merupakan alternatif terbaik dari Avanza karena dengan harga setara, Anda dapat memilikinya dengan tahun produksi yang lebih tinggi. Untuk handling dan kenyamanannya sama sekali tidak berbeda dengan Avanza. Hanya saja banyak fitur yang dipangkas. Oleh karena itu, pilihlah tipe Deluxe karena fiturnya sudah cukup memadai.

Datsun GO + T Option 2015 (90-100 juta)

Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan

Nama Datsun tiba-tiba beranjak naik akhir-akhir ini setelah sekian lama vakum dari dunia Otomotif. Pabrik anakan dari Nissan ini kembali terkenal berkat produknya yang diberi nama Datsun Go dan masuk dalam penjualan LCGC. Hadir dalam dua varian yakni Datsun Go Hatchback dan Datsun Go + yang menyasar segmentasi low MPV.

Varian MPV ini banyak menyita perhatian publik dikarenakan harganya yang sangat murah serta mampu mengangkut hingga 7 orang penumpang. Bantingan suspensinya pun terbilang bagus karena tidak menggunakan per daun melainkan torsion beam rigid axle. Terlebih lagi konsumsi BBM yang mampu ditorehkan sangat-sangat irit. Sehingga cocok bagi kaum pemula yang baru ingin menggunakan mobil. Maka ia juga layak masuk untuk menjadi salah satu kandidat Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan.

Toyota Innova G 2006 ( 80 juta – 95 jutaan )

Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan

Toyota Innova. MPV bongsor ini bisa dikatakan sebagai salah satu generasi terbaik dari keluarga Toyota Kijang sepanjang masa. Hal ini dapat dilihat dari panjangnya tahun produksi yang dilakukan Toyota dengan hanya bermodalkan facelift dan penambahan fitur saja. Kehadiran generasi selanjutnya mau tidak mau memaksa varian tahun rendah menjadi lebih terjangkau sehingga ia pun masuk ke kategori Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan.

Dengan budget kurang dari 100 juta, Anda dapat meminang Toyota Innova tipe G tahun 2006 alias keluaran pertama sebelum facelift dilakukan di tahun selanjutnya. Hanya saja, ia belum dibekali mesin Euro 2 sehingga konsumsi bahan bakarnya sangat boros. Tidak lebih dari 1:7 untuk penggunaan dalam kota. Mesin dengan kategori Euro 2 baru hadir pada tahun 2007, bersamaan dengan dikenalkannya pertama kali Innova varian Diesel yang jauh lebih irit dari varian Innova bensin hingga generasi terbaru sekarang.

Nissan Grand Livina 1.8 Ultimate 2008 (85 – 95juta)

Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan

Selanjutnya ada Nissan Grand Livina. Mobil ini merupakan kompetitor terbesar bagi duo kaleng di segmen low MPV. Mengusung body monokok dengan suspensi hampir menyerupai sedan, kenyamanan yang ditawarkannya pun terbilang sangat bagus. Ia juga kerap digadang-gadang sebagai alternatif dari Honda Stream yang berada di kasta medium MPV.

Untuk itu, pilihlah Nissan Grand Livina tipe 1.8 Ultimate karena kelengkapan fitur kabin dan mesinnya jauh lebih bertenaga daripada varian mesin 1.5 yang cenderung underpower. Di beberapa forum otomotif banyak disimpulkan bahwa mobil ini membutuhkan bensin dengan angka oktan 92 alias setara dengan pertamax guna menghindari gejala knocking.

Daihatsu Luxio X 2012 (90 – 100 jutaan )

Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan

Daihatsu Luxio merupakan MPV boxy yang cukup identik dengan Daihatsu Grand Max karena basis keduanya sama. Meski berada dalam basis yang sama, tapi Luxio jauh dari kesan mobil pekerja keras berkat modelnya yang jauh lebih bagus serta kelengkapan fitur dalam kabin. Mengusung body berbentuk kotak, menjadikannya unggul dalam hal akomodasi. Akses ke keluar masuk penumpang juga cukup mudah sebab adanya pintu geser.

Nissan Evalia XV 2012 ( 80 – 95 jutaan )

Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan

Posisi selanjutnya diamankan oleh Nissan Evalia. Ia merupakan kompetitor dari Luxio di atas. Sama-sama mengusung body boxy, untuk urusan akomodasi tak perlu diragukan lagi. Harga di pasar mobil bekas untuk tipe XV yakni tipe tertinggi dari seluruh jajaran Evalia juga cukup terjangkau. Ia cukup layak dijadikan sebagai people carrier bahkan banyak travel yang mengandalkan Nissan Evalia sebagai armadanya. Selain kabin luas, nyaman dan irit BBM, sparepart mesin Evalia dapat saling substitusi dengan Grand Livina 1.5 karena mesinnya sama persis.

Proton Exora Supreme 2010 (80 – 90jutaan )

Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan

Proton pun ikut melebarkan sayapnya disini. Sebagai pemain baru dalam industri MPV Indonesia, nama Proton Exora sempat memuncak di antara tahun 2010 hingga 2012. Namun sayang, citra merk asal Malaysia ini sempat jatuh karena adanya ketegangan politik bilateral antara tanah air dan negara jiran sehingga citra Proton tergerus hingga sekarang.

Beberapa tahun lalu, Proton pernah memangkas harga Exora baru tipe tertinggi hingga 80 jutaan. Pemangkasan harga yang cukup fantastis mengingat pabrikan lain hanya memberikan diskon maksimal di angka 40 jutaan. Itupun berlaku bagi SUV atau MPV di atas harga 400 juta di akhir tahun. Dibalik semua itu, Proton membekali Exora dengan fitur yang cukup menggiurkan di kelasnya.

Nissan Serena C24 Highway Star 2004 ( 80 juta – 90 jutaan )

Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan

Nama Nissan Serena C24 juga sering terdengar akhir-akhir ini karena harga jualnya yang semakin terjangkau. Berbekal mesin 2.0 liter seperti halnya Nissan X-Trail gen1, tenaga yang dihasikan cukup untuk membuat bodynya yang berat dan bongsor untuk melesat. Di pasaran mobil bekas, Serena dapat dipinang mulai harga 70 juta saja. Tapi disini, kami lebih merekomendasikan Anda untuk memilih tipe Highway Star karena telah dilengkapi dengan fitur pintu geser elektrik sebelah kiri dan kamera mundur.

Honda Stream RN3 2006 (80 – 90 jutaan )

Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan

Honda Stream yang kami tampilkan pada artikel ini merupakan versi facelift dan berbeda dengan Stream yang kami sajikan di artikel MPV 60 Jutaan. Honda Stream facelift memiliki tampilan luar yang jauh lebih baik. Dapat ditandai dengan mudah dari lampu depan berdesain multireflektor. Fitur multimedia yang tersedia di dalamnya pun cukup menarik.

Kekuatan lainnya dari Honda Stream ini adalah handlingnya yang presisi dan kualitas mengemudi di atas rata-rata. Mobil ini hadir dengan tipe varian 1.7 liter dan 2.0 liter. Jika tenaga mesin 1.7 liter dirasa kurang cukup, Anda dapat memilih varian 2.0 liter dengan konsekuensi konsumsi BBM lebih boros.

Honda Odyssey RA6 2003 (85 juta – 100 jutaan )

Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan

Honda Odyssey memiliki kiprah yang cukup mentereng dalam penjualan MPV kelas atas. Meski dijual di bawah posisi Honda Elysion yang merupakan rival dari Toyota Alphard Gen1, namun fitur kabin yang hadir di dalamnya sudah tergolong wah untuk seukuran MPV produksi tahun millenium.

Sama halnya dengan Honda Stream, Honda Odyssey juga turut dibekali dengan 2 jenis mesin. Mesin pertama berkapasitas 2.3 liter dan lainnya berkapasitas 3.5 liter V6. Pilihan mesin pertama lebih terjangkau dan sparepartnya lebih terjamin.

Toyota Wish 1.8 L 2003 (80-95 juta)

Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan

Berstatus CBU, nama Toyota Wish memang kurang dikenal bagi sebagian masyarakat. Dengan harga barunya yang sangat mahal saat pertama kali dijual, membuat banyak orang enggan untuk membeli Toyota Wish. Namun hal tersebut berubah drastis seiring berjalannya waktu. Harga Toyota Wish kini menjadi lebih bersahabat bagi yang mengidamkan MPV mewah bercitarasa sedan.

Untuk masalah sparepart, beberapa komponennya saling berbagi dengan Toyota Altis Gen1 karena ia juga menggunakan mesin  1ZZ-FE berkapasitas 1.8 liter. Sedangkan model 2.0 liter mengadopsi mesin yang digunakan oleh Toyota Camry 2.0.

Mitsubishi Grandis MIVEC 2005 ( 90 juta – 100jutaan )

Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan

Mitsubishi Grandis menduduki posisi terakhir. Jika dibandingkan kedua mobil di diatas, Grandis memiliki desain aerodinamis yang jauh lebih futuristis dan modern bahkan jika dibandingkan MPV masa kini. Tampilan luarnya juga turut diimbangi oleh bentuk dashboard yang sangat sarat akan kemewahan. Untuk fitur entertainment di dalam kabin, tak usah diragukan lagi, karena Grandis telah dilengkapi dengan DVD Player bawaan pabrik dan perlengkapan kelistrikan lainnya.

Namun dibalik semua itu, Grandis terkenal akan harga sparepart yang cukup mahal dan ketersediaannya minim. Maka dari itu, Saya memilih untuk memposisikan mobil ini sebagai kandidat terakhir untuk kategori Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan.

Demikian beberapa kandidat yang masuk dalam kategori Pilihan Mobil Keluarga 80-100 Jutaan. Jika dilihat dari berbagai segi, Nissan Grand Livina adalah satu-satunya MPV yang paling ideal untuk dipilih untuk memenuhi semua kriteria. Selain statusnya yang banyak di pasaran, kenyamanan dan kelengkapan fiturnya juga cocok diacungi jempol. Semoga membantu.

Incoming search terms:

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!