Pilihan Mobil 3 Silinder Bekas Terbaik di Indonesia

Pilihan Mobil 3 Silinder Bekas – Masih ingat dengan Daihatsu Charade di tahun 1980-an? Hatchback mungil ini mengadopsi mesin 3-silinder. Bahkan ada salah satu variannya dilengkapi turbo agar lebih bertenaga. Namun getaran mesin menjadi momok dari konfigurasi mesin ini.

Efek lainnya adalah durability atau daya tahan. Dengan getaran mesin yang besar, berimbas pada komponen lainnya seperti engine mounting hingga cooling system. Alhasil, image mobil 3 silinder kian memburuk.

Tapi teknologi terus berkembang. Vibrasi mesin dapat diminimalkan dengan balancer atau menerapkan engine mounting hidroulis. Gesekan berlebih di internal mesin pun direduksi dengan material mesin modern. Pun begitu dengan engine cooling system yang jauh lebih baik dengan mengadopsi material aluminium.

Wajar bila produsen mulai mengembangkan mesin mobil 3 silinder untuk memperoleh efisiensi terbaiknya. Tenaga kuat diputaran rendah meski berkapasitas mungil menjadi daya tariknya. Daihatsu Xenia pun menjadi produk pertama yang menerapkan mesin modern di Tanah Air.

Pilihan Mobil 3 Silinder Bekas

Mitsubishi Mirage Exceed

Di balik perawakannya yang mungil, Mitsubishi Mirage dibekali sederet fitur canggih didalamnya. Sebut saja seperti AC climate control, tombol start/stop, keyless operating system (KOS), dan rem ABS. Desain kabinnya pun terlihat tidak membosankan.

Meskipun handling-nya bukan yang terbaik di kelasnya, Mirage mampu mengolah konsumsi BBM dengan efisien. Berkat teknologi mesin CVT INVECS III, transmisinya terasa halus saat mengendarainya. Small Hatchback Mitsubishi ini juga mempunyai resale value yang baik dipasaran.

Tahun : 2013
Mesin : 1.193 cc 3 silinder, 75 Hp
Harga : Rp 110 – 120 juta

Keunggulan : Konsumsi BBM, fitur, value for money
Kelemahan : Handling, kenyamanan, model eksterior

Daihatsu Xenia 1.0 M Family

Mempunyai dimensi paling besar diantara mobil 3 silinder lainnya adalah keunggulan mobil ini. Ia mampu menampung penumpang hingga 7 orang. Banyak konsumen yang meminangnya untuk dijadikan mobil keluarga.

Biarpun bantingannya agak keras, dengan perawatan yang mudah serta jaringan servis yang luas membuat Xenia banyak diminati konsumen. Oleh karena itu harga jualnya pun stabil. Dengan populasinya yang mudah ditemukan, tentu untuk mendapatkanya tidaklah sulit.

Tahun : 2012
Mesin : 989 cc 3 silinder, 63 Hp
Harga : Rp 110 jutaan

Keunggulan : Perawatan mudah, harga jual stabil, kapasitas penumpang
Kelemahan : Bantingan suspensi, legroom baris ke-3

Nissan March 1.2 A/T

Di balik ukurannya sebagai Small Hatchback, Nissan March memiliki kabin yang lapang. Legroom-nya juga lega hingga bangku belakang. Mengendarainya membuat tidak cepat lelah saat melakukan perjalanan jauh.

Sayang, headrest bangku belakangnya menyatu dengan kursi. Kenyamanan bersandar kepala pun agak berukurang karena ketinggianya tidak bisa diatur. Bantingan suspensinya juga empuk. Untuk akselerasi, March versi otomatis lebih lamban ketimbang model manualnya.

Tahun : 2010 – 2012
Mesin : 1.198 cc 3 silinder, 79 Hp
Harga : Rp 80 – 120 juta

Keunggulan : Bantingan suspensi, kabin lega, model eksterior
Kelemahan : Headrest kursi belakang, akselerasi

Peugeot 107

City car asal Prancis ini memiliki model yang menarik baik eksterior maupun interiornya. Terlihat dari deretan Lampu DRL dan panel dasbor pada kabinnya. Teknologi transmisi 2-Tronic-nya juga turut menyumbang dalam efisiensi mengolah BBM.

Bagasinya memang agak kurang luas, tapi Peugeot 107 mampu menampung penumpang hingga 5 orang. 2 orang penumpang dewasa dan 3 anak kecil. Selain itu, mobil ini juga memiliki bantingan suspensi yang empuk.

Tahun : 2013
Mesin : 998 cc 3 silinder, 68 Hp
Harga : Rp 150 jutaan

Keunggulan : Model menarik, akomodasi penumpang, bantingan empuk
Kelemahan : Bagasi sempit, torsi mesin lemah

Suzuki Karimun Estilo 1.0 M/T

Selain modelnya yang berubah, Suzuki Karimun generasi kedua ini memiliki peningkatan performa. Torsi mesinnya sudah bisa dirasakan pada putaran rendah.

Sayang, kabinnya termasuk sempit. Namun, dilihat dari tahun produksinya yang masih tergolong muda, kondisinya kebanyakan masih baik. Mesin 3-silindernya juga andal dalam mengolah konsumsi BBM. Bersahabat dengan kantong.

Tahun : 2010 – 2012
Mesin : 988 cc 3 silinder, 68 Hp
Harga : Rp 70 – 85  juta

Keunggulan : Torsi mesin, tahun produksi, konsumsi BBM
Kelemahan : Kabin sempit, belum ada versi matik

Daihatsu Ceria

Mesinnya yang masih menggunakan teknologi karburator menjadi salah satu faktor perawatannya mudah. Bobot yang ringan dan kapasitas mesin 850 cc 3-silinder memberikan kontribusi terhadap efesiensi bahan bakar. Dengan dimensinya yang mungil membuat ia lincah di ruas jalan yang padat.

Absennya fitur power steering pada kemudi setir Ceria memang membuat kenyamanan berkendara menjadi berkurang. Meskipun seperti itu dengan tawaran harga di rentan Rp 40-60 jutaan menjadi sebuah tawaran menarik.

Tahun : 2003 – 2005
Mesin : 847 cc 3 silinder, 37 Hp
Harga : Rp 30 – 40 juta

Keunggulan : Perawatan mudah, lincah, harga murah
Kelemahan : Kabin sempit, belum power steering

smart ForTwo

smart adalah mobil berdimensi kecil yang lincah. Tidak hanya sanggup meliuk-liuk dijalanan perkotaan yang padat, Ia juga praktis dalam hal parkir, mudah. Dan hadirnya atap panoramic membuat smart terlihat kian mewah.

Akomodasi bukanlah keunggulannya, hanya bisa dimasuki dua orang penumpang. Tapi yang paling menarik di balik tubuh mungilnya adalah kelengkapan fitur yang dimilikinya. Sebut saja seperti kontrol traksi, eco mode, dan keyless entry.

Tahun : 2010 – 2012
Mesin : 999 cc 3 silinder, 71 Hp
Harga : Rp 170 – 200 juta

Keunggulan : Lincah, fitur lengkap, atap panoramic
Kelemahan : Bantingan suspensi keras, akomodasi terbatas

Itulah beberapa poin penting mengenai Pilihan Mobil 3 Silinder Bekas Terbaik di Indonesia yang bisa Saya sampaikan. Jika ada masukan mohon diisi di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung 😁.

Leave a Reply