Perbedaan Shockbreaker Kayaba Premium, Kayaba Ultra, dan Kayaba Excel-G


Perbedaan Shockbreaker Kayaba Premium, Kayaba Ultra, dan Kayaba Excel-G
Perbedaan Shockbreaker Kayaba Premium, Kayaba Ultra, dan Kayaba Excel-G

Perbedaan Shockbreaker Kayaba Premium, Kayaba Ultra, dan Kayaba Excel-G – Shock absorber, juga dikenal sebagai shockbreaker, merupakan komponen penting untuk mengurangi getaran dari jalanan agar tidak langsung terasa dalam kabin, sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara. Tanpa shock absorber, melewati jalanan yang tidak rata akan terasa sangat getarannya.

Beberapa pemilik kendaraan memilih untuk mengganti shock absorber standar dengan produk aftermarket karena alasan seperti ketersediaan sparepart asli, harga, atau karakter suspensi yang diinginkan. Salah satu jenis shock absorber aftermarket yang populer adalah Kayaba. Kayaba terkenal sebagai produk yang murah dan mudah didapat, serta memiliki daya tahan yang baik dan tersedia untuk hampir semua merek mobil.

Beberapa jenis KYB yang beredar di Indonesia adalah Kayaba Premium, Ultra, dan Excel-G. Kayaba Premium dan Ultra diproduksi di dalam negeri, sedangkan Kayaba Excel-G diimpor dan harganya lebih mahal. Apakah Kayaba Excel-G adalah yang terbaik? Belum tentu, tergantung pada kebutuhan masing-masing. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda dan perlu dipikirkan sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, Jaldayat akan memberikan sedikit penjelasan mengenai Perbedaan Shockbreaker Kayaba Premium, Kayaba Ultra, dan Kayaba Excel-G.

Perbedaan Shockbreaker Kayaba Premium, Kayaba Ultra, dan Kayaba Excel-G

Kayaba Premium

Kayaba Premium adalah jenis shockbreaker yang memprioritaskan kenyamanan. Saat melewati jalan berlubang atau non-aspal, suspensi ini akan memberikan pantulan uang empuk. KYB Premium sendiri merupakan tipe shock absorber aksi tunggal (single action), dimana saat ditekan pada kedua ujungnya dengan tangan, terasa ringan namun berat ketika ditarik. Isian dari shock absorber ini adalah oli.

Baca Juga:  7 Perbedaan Ban Bridgestone B250 dengan Ecopia 2024
Kayaba Premium
Kayaba Premium

Meskipun suspensi ini tergolong yang nyaman dan empuk, akan tetapi Kayaba Premium kurang sesuai untuk digunakan pada mobil dengan pegas coil (per) yang lembut seperti sedan kompak atau hatchback kompak terlebih jika mobil sering diisi dengan muatan penuh. Kemungkinan akan gasruk pada fender saat terjadinya rebound ketika melewati jalan berlubang, dan suspensi akan terasa mantul. Kecenderungan suspensi yang lembut juga menyebabkan gejala bodyroll dan membuat penumpang di baris kedua atau ketiga menjadi mual.

Kayaba Ultra

Kayaba Ultra merupakan tipe shockbreaker heavy duty. Perbedaan Shockbreaker Kayaba Ultra ini dibandingkan model lainnya adalah karakter bantingannya yang paling keras. Kayaba Ultra adalah tipe shock absorber aksi ganda (double action), sehingga saat ditekan atau ditarik pada kedua ujungnya dengan tangan akan terasa berat. Isian dari shock absorber ini terdiri dari gas (70-75%) dan oli (25-30%). Oleh karena itu, ketahanan dari Kayaba Ultra lebih kuat dibandingkan KYB Premium dan KYB Excel-G.

Kayaba Ultra
Kayaba Ultra

Sesuai dengan fungsinya sebagai shock absorber heavy duty, Kayaba Ultra kurang sesuai untuk digunakan pada mobil pribadi yang digunakan di dalam kota, terutama mobil berbobot ringan, kecuali Anda sering melakukan perjalanan ke jalan non-aspal. Namun, Kayaba Ultra sangat tahan lama jika digunakan pada kendaraan niaga atau kendaraan yang sering membawa muatan berat. Bisa menjadi pilihan alternatif untuk Innova 2KD, Mitsubishi Triton, Toyota Hilux, hingga Pajero Sport.

Baca Juga:  Tips Membersihkan Jamur pada Kaca Mobil

Kayaba Excel-G

Kayaba Excel-G adalah shock absorber yang mengutamakan performa. Bantingannya keras namun tidak sekeras Kayaba Ultra. Ini merupakan shock absorber double action dengan campuran gas (40-50%) dan oli (50-60%) sebagai komponen utamanya. Kayaba Excel-G dapat meningkatkan handling mobil, namun tetap memberikan kenyamanan. Kayaba termahal ini sering digunakan sebagai shockbreaker OEM yang terkenal nyaman seperti Toyota Harrier, Toyota Camry, hingga beberapa mobil Jepang CBU.

Kayaba Excel-G
Kayaba Excel-G

Kayaba Excel-G sangat sesuai untuk kendaraan yang sering digunakan untuk perjalanan jauh. Suspensinya membuat bodyroll lebih sedikit, meskipun masih cukup nyaman. Namun, jika digunakan pada mobil berbobot ringan seperti LCGC, bantingannya akan terasa sangat keras. Perbedaan Shockbreaker Kayaba Premium, Kayaba Ultra, dan Kayaba Excel-G adalah tipe ini memiliki harga yang lebih mahal daripada Kayaba tipe lainnya dan lebih sulit didapatkan di toko sparepart terlebih di kota-kota kecil.

Itulah sedikit penjelasan singkat mengenai Perbedaan Shockbreaker Kayaba Premium, Kayaba Ultra, dan Kayaba Excel-G. Semoga membantu. Jangan lupa untuk membaca tips menarik lainnya.

error: