Komparasi BMW X1 vs VW Tiguan vs Audi Q3

Komparasi BMW X1 vs VW Tiguan vs Audi Q3 – Perkembangan segmentasi SUV kompak atau lebih dikenal dengan sebutan crossover akhirnya memasuki babak baru. Mobil crossover begitu diminati oleh para calon konsumen karena selain lihai di perkotaan berkat dimensinya yang kompak, ia juga nyaman diajak bepergian jauh ke luar kota.

Beberapa pemain dalam segmen crossover ini memang didominasi oleh brand Jepang sekelas Honda HRV atau Mazda CX3. Namun beberapa brand Eropa turut ikut serta meramaikan pasar crossover tanah air. Diantaranya BMW X1,VW Tiguan, dan Audi Q3. Lantas diantara ketiganya, manakah yang terbaik?

Berikut beberapa informasi penting mengenai Perbandingan BMW X1 vs VW Tiguan vs Audi Q3 di Indonesia yang wajib Anda jadikan sebagai patokan sebelum membeli salah satunya.

Komparasi BMW X1 vs VW Tiguan vs Audi Q3
Komparasi BMW X1 vs VW Tiguan vs Audi Q3

Komparasi BMW X1 vs VW Tiguan vs Audi Q3

BMW X1

Tahun : 2012 – 2013
Mesin : 1.995 cc 4 silinder, 177 HP

Di tahun 2012, BMW menghadirkan X1 versi CKD. Dengan dimensi yang lebih kom­­pak dari X5 maupun X3, itu jadi sa­lah satu keunggulan yang paling digemari karena kelincahannya di jalan.

Pada varian X1 Executive memiliki tampilan berbeda, yaitu tersedia lampu bi-xenon, jok pengemudi dengan peng­aturan elektrik serta memori, sistem audio BMW HiFi, serta koneksi Bluetooth dengan smartphone.

Fitur lainnya ada cruise control, Start/Stop otomatis dan mode Sport. X1 memiliki tenaga 177 HP pada putaran 6.400 rpm dan torsi 200 Nm pada putaran mesin 3.600 rpm yang dipadu transmisi 6-speed Tiptronic. Tenaga yang dimiliki memang lebih kecil dibandingkan rival sekelasnya.

Keunggulan BMW X1 : Ada pilihan diesel, desain klasik
Kelemahan BMW X1 : : Performa, suspensi keras

Audi Q3 2.0 TFSI Quatro

Tahun : 2013
Mesin : 1.984 cc 4 silinder, 211 HP

Mesin 1.984 cc 4-silinder milik Q3 menerapkan teknologi injeksi BBM langsung dan suntikan turbo. Tak heran jika tenaga dan torsinya mencapai 211 HP dan 300 Nm. Sodoran transmisi otomatis 7-speed DSG dan penggerak 4 roda quattro menjanjikan pengalaman berkendara tanpa cela.

Hal lain yang mendukung agresifnya performa adalah mode berkendara Audi Drive Select. Terdapat pilihan mode Comfort, Dynamic, dan Auto yang memberikan ubahan pada karakter mesin, transmisi S-Tronic, dan bobot setir.

Dasbor minimalis merupakan ciri Audi. Tapi kabinnya dilengkapi panoramic roof, Juke Box dan koneksi Bluetooth ke gadget mampu memanjakan penghuni kabin. Meski tanpa koneksi USB dan peta digital, suguhan sistem audio dari BOSE menjamin kualitas suara prima.

Keunggulan Audi Q3 : Teknologi mesin, akomodasi, mode berkendara
Kelemahan Audi Q3 : Citra merek, aftersales

VW Tiguan 2.0 TSI

Tahun : 2013
Mesin : 1.984 cc 4 silinder, 210 HP

Tiguan tampil dengan desain yang sederhana, dihisasi dengan lampu modern agar terlihat futuristik. Meski begitu, tampilan minimalis itu tetap mampu membuat ba­nyak orang mengaguminya. Terlebih ia menggunakan mesin yang sama dengan VW Golf.

Pada bagian interior, ia memiliki ruang kabin tengah yang memadai dan cukup nyaman. Dengan perbandingan bangku baris kedua 60:40 yang bisa dimaju-mundurkan dan dilipat rata ke depan.

Sama seperti Audi Q3, transmisinya juga menggunakan DSG. Selain itu, ada fitur lampu xenon, Start/Stop dan panoramic roof. Bicara fitur keselamatan, sangat ditonjolkan. Terbukti, Tiguan memiliki 6 airbags dan Electronic Stability Program (ESP) mendampingi rem ABS+EBD+BA.

Keunggulan VW Tiguan : Performa, desain eksterior, fitur
Kelemahan VW Tiguan : Konsumsi BBM

Demikian beberapa informasi penting mengenai Perbandingan BMW X1 vs VW Tiguan vs Audi Q3 di Indonesia. Secara keseluruhan, Tiguan dan Q3 hadir dengan desain modern ditambah dengan tenaga mesin yang mumpuni. Audi juga menyajikan ragam fitur dan teknologi mesin yang canggih untuk Q3. Lain halnya dengan BMW X1 yang tampil klasik dan mirip desain saudara kandungnya. Namun pilihan pun jatuh pada BMW X1 dengan harga yang terjangkau dan populasinya cukup memadai di pasar. Baca juga :

Rekomendasi Hatchback Eropa Mewah Terbaik

Leave a Reply