Mengintip Mesin dan Fitur Toyota Calya

Hai sobat otomotif semua, tentu kalian tidak asing lagi dengan beberapa mobil keluaran Toyota seperti Toyota Avanza dan beberapa jenis mobil keluarga MPV lainnya bukan? Kali ini kita akan membahas adik baru dari Toyota Avanza yaitu Toyota Calya. Soal harga dan macam-macam tipe yang bisa kalian pilih bisa klik auto2000.co.id, namun kali ini kita akan membahas sedikit soal performa mesin dan beberapa spesifikasi Toyota Calya khususnya beberapa fitur menariknya. Langsung saja kita simak pada ulasan berikut ini.

Dimensi Luas dan Suspensi Yang Kokoh

Adik dari Toyota Avanza ini memiliki panjang sekitar 4 meter atau lebih tepatnya 4.070 mm dan lebarnya sekitar 1,6 meter. Sedangkan untuk tinggi dari Toyota Calya ini sekitar 1,6 meter dan jarak sumbu roda 2.525 mm. Jika kita perhatikan bersama, dengan dimensi yang sedemikian lebar, bisa dikatakan bahwa spesifikasi Toyota Calya ini memang dirancang khusus menjadi mobil keluarga yang memiliki space luas dan mampu menampung banyak penumpang.

Mengintip Mesin dan Fitur Toyota Calya
Toyota Calya

Disamping memiliki spesifikasi dimensi yang cukup luas, Toyota Calya ini juga menyuguhkan ukuran ground clearance sekitar 180 mm yang berarti bahwa mobil MPV LCGC ini akan sangat mudah untuk dikemudikan di berbagai medan yang cukup sulit. Kenyamanan berkendara mobil keluarga ini juga semakin bertambah karena pihak pabrikan sendiri telah menerapkan dua jenis suspensi pada mobil ini. Untuk suspensi bagian depan, mobil ini mengusung suspensi jenis Mc Pherson dan untuk suspensi bagian belakang Toyota Calya menggunakan teknologi semi independent Torsion Beam.

Lalu untuk bagian sistem pengereman, spesifikasi Toyota Calya ini telah menerapkan ventilated disc untuk roda bagian depan dan roda bagian belakang menggunakan sistem drum. Dengan velg bawaan berukuran 14 inch dipastikan perjalanan kalian akan semakin nyaman, baik di jalanan perkotaan maupun medan yang berat.

Performa Mesin Toyota Calya

Mesin Toyota Calya
Mesin Toyota Calya

Setelah kita membahas sedikit soal dimensi dari Toyota Calya ini, mari kita sekarang menelisik sedikit bagaimana spesifikasi Toyota Calya dari segi mesinnya. Mobil pabrikan negri sakura Jepang ini telah diberkati dengan mesin 3NR yang memiliki kapasitas hampir 1.200 cc atau lebih tepatnya 1.197 cc. Dengan mesin 4 silinder yang berteknologi Dual VVT-i, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 88 PS setiap 6.000 RPM dan juga mampu mencapai torsi maksimum sampai dengan 11 Kgm pada 4.200 RPM.

Dengan spesifikasi Toyota Calya yang demikian dan juga merupakan salah satu mobil jenis MPV LCGC tentu kalian tidak perlu khawatir soal konsumsi bahan bakarnya. Karena apa? Ya, seperti yang kalian tahu bahwa sebuah mobil LCGC haruslah memenuhi syarat dimana 1 liter bahan bakar harus mampu digunakan setidaknya 20 km perjalanan. Jadi kalian tetap mampu melaju kencang namun juga tidak perlu khawatir soal pembelian bahan bakar harian.

 

Fitur Kenyamanan dan Keselamatan Berkendara

Untuk memanjakan konsumen dan sekaligus membuat setiap perjalanan kalian semakin nyaman, mobil ini dilengkapi dengan Rear AC Circulator. Fitur Rear AC Circulator diklaim sangat mampu untuk menjaga suhu dalam ruangan mobil agar lebih stabil. Kemudian ruang kaki dan jarak antara kepala dan atap mobil sudah didesain sedemikian rupa khusus, sehingga juga nyaman untuk kalian yang memiliki postur tubuh yang cukup tinggi.

Kemudian yang tidak boleh lupa juga adalah fitur entertainment, dimana Toyota Calya ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur audio video system yang terintegrasi dengan Port USB dan koneksi gadget. Dengan 2 speaker bawaan untuk tipe E dan 4 speaker bawaan untuk tipe G tentu sudah sangat cukup untuk memanjakan telinga kalian di dalam perjalanan.

Lalu untuk fitur keselamatan berkendara, Toyota Calya ini sudah dilengkapi dengan 3 seatbelt point, sehingga mampu untuk “mengikat” kalian ketika berada di atas jok, yang mana ini akan sangat berguna saat terjadi pengereman mendadak. Kemudian untuk Toyota Calya tipe E, rem depan sudah dilengkapi dengan disc brake dan rem belakang masih menggunakan sistem tromol, sedangkan untuk tipe G sudah menerapkan ABS system.

Yang tidak kalah penting dari sistem keamanan yang dimiliki mobil ini adalah immobilizer dan alarm remote yang siap kalian genggam. Dengan beberapa fitur yang begitu menarik, tidak salah jika mobil MPV ini patut untuk masuk list favorit mobil keluarga tahun ini bukan? Toyota Calya yang saat ini sudah dijual di berbagai dealer Auto2000 untuk cek harga klik disini

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!