Tips dan Cara Memilih Kaca Film Gelap Berkualitas

Panduan Memilih Kaca Film Gelap Berkualitas – Bisa dimengerti mengapa tren penggunaan window film semakin meningkat. Lembaran film pelapis kaca ini memiliki sejumlah kelebihan yang menarik untuk ditimang. Sebut saja sebagai penolak panas, perlindungan kaca antipecah, dan warna gelap untuk keleluasaan pribadi.

Semakin tinggi kapabilitas yang dimiliki, terutama yang berkaitan dengan kemampuan menolak panas, dan antipecah, harga yang ditawarkan semakin mahal. Artinya faktor banderol umumnya berbanding lurus dengan kualitas kaca film.

Hanya saja, alasan biaya yang ingin lebih hemat –atau malah terbatas membuat calon pengguna kaca film mengalokasikan budget rendah untuk membeli window film. Yang penting gelapnya dapet, dengan kaca yang gelap, maka keamanan akan lebih baik karena bagian interior dan barang-barang di dalam gak bisa dilihat orang, salah satu pengguna kaca film dengan tingkat kegelapan 80%.

Tips dan Cara Memilih Kaca Film Gelap Berkualitas
Tips dan Cara Memilih Kaca Film Gelap Berkualitas

Dengan tingkat kegelapan 80% atau setara dengan Visible Light Transmission sekitar 20%, maka secara alami kaca menjadi lebih susah untuk dilihat ke arah dalam. Namun perkara baru muncul ketika produk kaca film tersebut merupakan jenis one way.

Kaca film jenis one way membuat kaca terlihat sama gelapnya baik dari luar maupun dalam, sehingga mengganggu visibilitas pengemudi atau penumpang melihat ke luar. Masalah ini semakin menjadi saat mengemudi di jalan dengan intensitas cahaya rendah, seperti perjalanan malam hari atau ketika memarkir di garasi, basement mall, atau ruangan indoor lainnya.

Tak hanya itu, visibilitas yang buruk sampai taraf tertentu tak hanya mengganggu namun potensial mengancam keselamatan jiwa. Misalnya ketika di persimpangan jalan, pengemudi tak mampu melihat dengan jelas kendaraan dari arah lawan atau yang ingin menyeberang, maka insiden bisa saja terjadi.

Solusinya adalah memadukan tingkat kegelapan window film di kendaraan. Usahakan untuk menggunakan clear window film di kaca depan. Lalu gunakan tingkat kegelapan sekitar 40% untuk kaca di pintu depan. Untuk memperoleh privasi, silahkan gunakan tingkat kegelapan 80% dikaca belakang.

Dengan perpaduan ini, maka visibilitas pengemudi tetap optimal, namun privasi bagi penumpang belakang tetap diperoleh. Usahakan untuk memakai kaca film berspesifikasi two way. Dengan jenis two way, yang terlihat gelap hanya dari luar saja, sedangkan dari dalam pengemudi akan tetap mudah melihat.

Atau setidaknya kegelapan yang ditimbulkan kaca film tersebut masih dalam batas kemampuan Anda untuk melihat dengan jelas dari dalam ke luar. Jangan sampai Anda harus membuka kaca dulu untuk melihat atau memarkir. Membuka kaca memang tak jadi soal saat cuaca cerah, namun tentu menjadi masalah ketika turun hujan.

Tips dan Panduan Memilih Kaca Film Gelap Berkualitas

Berikut beberapa poin penting yang wajib Anda ketahui mengenai Tips dan Cara Memilih Kaca Film Gelap Berkualitas.

Memilih Kaca Film Gelap : Pahami spesifikasi

Cerdas dalam memilih itu perlu dilakukan untuk memilih window film. Selain harga, spesifikasi pun patut diperhatikan. Bila tujuan utama untuk menolak panas, maka angka Total Solar Energy rejected wajib diperhatikan. Semakin besar angka ini, maka semakin baik performa window film dalam menolak panas.

Lalu untuk mendapatkan kenyamanan berkendara, Visible light Transmission sangat mempengaruhi daya pandang pengemudi dan penumpang ke arah luar. Semakin besar, maka window film akan semakin tembus pandang. Nah yang terakhir, adalah Visible light reflectance. ini merupakan kemampuan kaca film untuk memantulkan benda layaknya sebuah cermin.

Untuk yang ini, ada baiknya untuk memilih window film yang berangka seminim mungkin. Dari sisi luar, film tidak akan menggangu pengemudi, namun bila pantulan yang terjadi di interior, maka mata pengemudi akan cepat lelah.

Memilih Kaca Film Gelap : Deteksi one way atau two way

Untuk melihat apakah window film itu one way atau tidak sebenarnya mudah. Anda cukup membandingkan lembaran kaca film yang menempel di kaca. Jika dari luar dan dalam sama gelapnya berarti one way, namun jika dari luar jauh lebih gelap dibanding dari dalam maka kaca itu berjenis two way.

Memilih Kaca Film Gelap : Terperangkap dengan cara rangkap

Ada cara alternatif yang kerap digunakan oleh masyarakat demi mendapatkan kaca gelap. Yakni dengan merangkap lapisan kaca film. Biasanya, mobil baru telah dibekali kaca film dengan kegelapan 40%-60% oleh dealer-nya.

Agar semakin gelap, pemilik mobil bukannya mengganti dengan window film berkegelapan 80% namun melapisnya dengan kaca film lagi. Cara rangkap ini memang efektif membuat kaca sulit ditembus oleh mata manusia, namun bukannya tanpa masalah bagi mobil.

Yang jelas, buka tutup kaca akan lebih sulit (seret) karena dengan kaca yang lebih tebal maka motor power window seperti dapat beban tambahan. Tak hanya itu, umumnya window film memiliki ketebalan 0,15 mm, dengan dirangkap, maka ketebalannya jadi 0,3 mm. Jika dibiarkan terus-menerus maka akumulasinya dapat mengundang kerusakan pada power window itu.

Demikian beberapa informasi penting yang wajib Anda ketahui mengenai Tips, Panduan, dan Cara Memilih Kaca Film Gelap Berkualitas. Baca juga:

Kekurangan Kaca Film Gelap, Jangan Asal Pasang!